Penanganan Saraf Kejepit Tanpa Operasi di RS Premier Bintaro

Saraf kejepit? Duuh, bagi yang sudah pernah mengalami ga enak banget ya rasanya. Beberapa teman saya yang pernah mengalami tuh bahkan sampai ga bisa ngapa-ngapain lho saking nyerinya. Mau gerakin bagian tubuh aja rasanya nyeri banget. 

Saraf kejepit juga dikenal dengan istilah HNP (Hernia Nucleous Pulposus) atau low back pain. Biasanya saraf kejepit terjadi karena bergesernya bantalan ruas tulang belakang yang kemudian menekan saraf tulang belakang. Duh kebayang ya kalau saraf tertekan, nyerinya pasti aduhai ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚.

Umumnya, saraf kejepit bisa sembuh sendiri dengan treatment tertentu, tapi ada juga yang harus melalui perawatan intensif dan penanganan dokter jika rasa nyeri tak kunjung hilang.

Penanganan saraf kejepit?

Selasa, 19 Juli 2022 lalu, saya beruntung bisa menghadiri health talk bersama dr. Ajiantoro, Sp.OT tentang "Penanganan Saraf Kejepit Terkini" di ruang Krakatau RS Premier Bintaro.

Sebelum menghadiri health talk, saya juga dapat kesempatan istimewa mengikuti hospital tour. Kebetulan banget selama ini cuma bisa mondar mandir lewat RSnya dan pernah mampir jenguk adik saya yang dirawat di RS ini, tapi belum pernah tahu fasilitas lainnya di RS ini.

So, sebelum bahas penanganan saraf kejepit, saya bahas dulu fasilitas RS Premier Bintaro ya. Baca terus tulisan saya sampai habis.


Spine Center



Berkat hospital tour, saya jadi tahu kalau RS Premier Bintaro punya Spine center yang khusus menangani kasus-kasus yang berhubungan dengan tulang.

Spine center ini mengintegrasikan beberapa bagian yang dibutuhkan dalam penanganan cedera tulang, termasuk saraf kejepit. Termasuk dalam spine center ini ada ruang diagnosis, CT-scan, X-ray, MRI, ruang fisioterapi, rehab medik, dsb.

Ruang terapi Rehab Medik RS Premier Bintaro

Terapi di ruang Rehab medik, fisioterapi di RS Premier Bintaro ini dipandu oleh fisioterapis terlatih dan penanganan ini dilakukan atas saran dan rujukan dokter, jadi ga bisa ujug-ujug main datang dan minta diterapi, nanti malah salah treatment๐Ÿ˜‚.


Klinik Olahraga

Oh ya, yang ga kalah keren, RS Premier Bintaro ini juga ternyata punya klinik olahraga yang bekerjasama dengan beberapa klub olahraga. Klinik olahraga ini menangani atlet-atlet yang cedera ketika berolahraga. 

Ruang klinik olahraga


Rupanya, ga cuma atlet yang pernah dirawat di klinik olahraga ini, tapi ada juga penari balet, pemain drum, dsb. 

Memang sih atlet, penari, atau pemain musik juga bisa rentan cedera. Nah klinik olahraga RS Premier Bintaro yang membantu memulihkan cedera ini. Sebelum diberikan terapi, biasanya dokter akan memeriksa dan menganalisa masalahnya. 

Apa dan bagaimana cederanya akan didiagnosa melalui beberapa pemeriksaan. Setelah diagnosa ditegakkan, baru lah treatment diberikan, sesuai kasusnya. Ada yang cukup dengan fisioterapi saja, rehab medik, ada juga yang dengan operasi untuk mempercepat pemulihan dan menghindari kerusakan jaringan.

Health Talk

Nah akhirnya sampai pada pembahasan saraf kejepit di RS Premier Bintaro.

Seperti yang sudah saya sebut di atas, saraf kejepit itu biasanya disebabkan bergesernya ruas tulang yang kemudian menekan saraf tulang belakang. 

Pada health talk kali ini, saya dapat tambahan pengetahuan dari dr. Ajiantoro, Sp.OT tentang low back pain.

Health Talk "Penanganan Terkini Saraf Kejepit" by dr. Ajiantoro, Sp.OT

Low back pain ini lumayan banyak diderita penderitanya, ga tua ga muda setidaknya pernah mengalami nyeri tulang belakang ini. Ini salah satu penyebab absensi dan menurunnya produktivitas.

Low back pain, alias nyeri tulang belakang ini ada macam-macam bentuknya dan ada macam-macam juga penyebabnya.  Ada yang penyebabnya karena masalah otot, ligamen, tulang, bantalan yang menipis, ada juga yang karena saraf kejepit yang menyebabkan nyeri di bagian saraf belakang.


Kapan Harus Waspada?

Kalau mengalami nyeri bagian belakang, kapan sih kita harus waspada dan perlu segera memeriksakan diri ke dokter?

Menurut dr. Ajiantoro, kita perlu waspada tentang nyeri tulang belakang ketika 

* Nyeri terjadi mendadak dan tak tertahankan
* Nyeri yang sifatnya progresif, alias meningkat, ga hilang walau sudah beristirahat
* Nyeri yang menjalar ke kedua tungkai kaki
* Nyeri yang berhubungan dengan perubahan posisi
* Nyeri dengan kelemahan tungkai kaki
* Waspadai kesemutan, baal, atau kebas pada tungkai kaki
* Juga waspada ketika kedua tungkai kaki melemah saat berdiri atau berjalan

Ketika gejala-gejala ini muncul, jangan ditunda-tunda lagi, segera ke dokter untuk dilakukan diagnosis.

Agar bisa dilakukan diagnosis, dokter perlu tahu hasil pemeriksaan dari lab radiologi, yang terdiri dari USG, X-ray, CT-scan, MRI, BMD maupun rehabilitasi fisioterapi.

Setelah diagnosis ditegakkan, baru lah treatment bisa ditentukan, apakah dengan cara Konvensional alias non operasi atau dengan operasi.

Penanganan saraf kejepit tanpa operasi


Penanganan Saraf Kejepit ini ga selalu harus berakhir operasi kog, dengan konsultasi ke dokter, ada opsi-opsi yang bisa dilakukan tanpa operasi. 

Jika tanpa operasi, ada beberapa hal yang akan disarankan dokter

* Perbaikan pola makan/diet
* Penurunan berat badan, menjaga berat badan ideal
* Istirahat saat timbul nyeri
* Perbaikan pola hidup dan aktifitas harian
* Menghindari gerakan-gerakan yang dapat mencetuskan nyeri
* Konsumsi obat anti nyeri, radang, vitamin (atas rekomendasi dokter tentunya)
* Rehabilitasi Medik (modalitas nyeri, latihan fisik dan penguatan otot, alat bantu & korset)

Oh ya, posisi duduk, berdiri, mengangkat barang, mengetik yang salah juga bisa menimbulkan rasa nyeri loh, dalam beberapa hal juga bisa jadi pemicu terjadinya saraf kejepit. 

So, dr. Ajiantoro menyarankan kepada teman-teman yang kerjanya banyak duduk untuk melakukan posisi duduk yang benar untuk menghindari terjadinya saraf kejepit atau low back pain 

Posisi duduk yang disarankan untuk menghindari saraf kejepit


Punggung tegak lurus, tangan lurus dan posisi mata sebaiknya sejajar dengan layar. Hindari posisi membungkuk atau mendongak, karena jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan nyeri. Nah silahkan deh diatur ya bagaimana posisi meja dan kursi yang enak saat mengetik.

Penanganan saraf kejepit tanpa operasi di RS Premier Bintaro juga bisa dilakukan dengan teknik IPM (Interventional Pain Management) jika dengan metode konvensional ternyata belum membantu mengurangi rasa nyeri. 
"Dok, masih nyeri nih, tapi saya tetep ga mau operasi!"

Ada 3 teknik yang bisa dilakukan :
* Injeksi (blok saraf tulang belakang) >> disuntik maksudnya gaess ๐Ÿ˜
* RFA Spine
* PLDD


Penanganan saraf kejepit dengan operasi

Penanganan saraf kejepit dengan operasi




Penanganan saraf kejepit bisa saja dilakukan dengan tindakan operasi. Tapi, dengan teknologi terkini dan tindakan dari RS Premier Bintaro, operasi saraf kejepit ini tidak lagi momok yang menakutkan. 

Operasi dilakukan dengan alat endoskopi yang langsung menuju ke penyebab saraf kejepit. Dengan tindakan ini, pembedahan yang dilakukan sangat minor, sedikit jahitan. Pemulihannya pun menjadi jauh lebih cepat. Pasien bahkan sudah bisa langsung beraktifitas 6-12 jam pasca operasi. Istilahnya one day care. Cukup satu hari perawatan sudah bisa beraktifitas kembali. 

Pembedahan dilakukan untuk mengurangi resiko kerusakan jaringan dan stress jaringan tubuh.

Apakah perlu pasang pen? Tergantung, ga semua tindakan operasi perlu dilakukan dengan pemasangan pen.

Intinya semua penanganan saraf kejepit memang tergantung sekali pada diagnosis dokter. So, kalau teman-teman punya keluhan #SarafKejepit segera aja konsultasi ke dokter ya untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Jangan coba-coba deh ya.

Buat dapat info lebih lanjut tentang penanganan saraf kejepit di RS Premier Bintaro, teman-teman bisa deh follow akun sosial media @RSPremierBintaro


1 komentar

  1. Enggak kebayang sakitnya saraf kejepit, dah, belum pernah ngalamin sih cuma lihat orang lain yang mengalami sedikit ngilu lihatnya. Alhamdulillah kalau sudah ada penangannya, terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Kirim email ke siswadi.maya@gmail.com