Beberapa Cara Mudah Meredakan Stress

Siapa di dunia ini yang gak pernah mengalami stress? Cung!

Hahahaha, rasanya mustahil ya ada orang yang tidak stress sama sekali. Anak-anak, bahkan bayi pun bisa stress dan frustasi, apalagi orang dewasa.

Stress terjadi biasanya karena ketidakseimbangan antara harapan dan kenyataan. Berharapnya apa, dapatnya apa. 

Pengen bisa kuliah di luar negeri, apa daya, baru bisa kuliah kalau kerja dulu. Pengen liburan ke sana-sini, apa daya, lagi pandemi dan duit ga mencukupi.

Pikiran butek dikejar banyak deadline, terpaksa ga bisa ke mana-mana karena harus menyelesaikan kerjaan. Mau liburan, banyak pembatasan.

Hidup ini butuh keseimbangan supaya bisa tetap waras. Jangan sampai juga jadi gila karena sibuk kerja, sibuk belajar 🤣. Jadi inget drama Sky Castle, anaknya "stress" karena kebanyakan tuntutan belajar dari ibunya *cmiiw.

Cara orang meredakan stress itu bermacam-macam. Coba kita bahas yuuk


1. Jalan-jalan

Hayoo, siapa yang kalau stress, bawaannya pengen jalan-jalan? Ga penting jalan-jalannya ke mana, yang penting ke luar dulu dari rutinitas. Mau cuma jalan-jalan ke mall, atau sekedar jalan ke pasar juga bisa jadi pelepas stress


2. Makan-makan

Ada juga yang cara meredakan stressnya dengan cara makan-makan. Entah makan-makan di rumah, atau makan-makan di luar, yang penting makan-makan. Ga penting juga mau di kali lima atau resto bintang lima, yang penting makan-makan.


3. Jajan 

Makan-makan sama jajan beda kah? Serupa tapi tak sama. Kalau makan-makan ini biasanya makan rame-rame dengan banyak teman. Sementara jajan, bisa aja semacam jajan sesuatu buat memanjakan diri sendiri, misalnya beli makanan yang disukai, dimakan sendiri, dinikmati sendiri, puas memanjakan diri sendiri, reda deh stressnya


4. Hangout sama teman

Nah ini apa bedanya sama makan-makan? Serupa tapi tak sama. Kalau hangout sama teman ini kadang ga selalu berakhir makan-makan. Kadang segelas kopi atau sepiring gorengan aja sudah lebih dari cukup untuk menemani ngobrol ngalor ngidul. Yang penting ketemu temen-temen, ketawa ketiwi, ngakak bareng, hilang deh stress.


5. Belanja

Emang belanja bisa meredakan stress? Hoo, jangan salah, banyak sekali orang yang melakukan impulsif buying untuk meredakan stress. Begitu stress melanda, bawaannya pengen belanja apa gitu, akhirnya jadi belanja yang ga sesuai kebutuhan 😂. Tapi yaemang stressnya mereda. Walau mungkin setelahnya pusing tagihan *Ehhh


6. Liburan

Lah liburan sama jalan-jalan beda ya? Ya beda lah. Jalan-jalan ini bisa jadi bukan dalam rangka liburan. Tapi liburan memang bisa jadi ada jalan-jalannya. Walaupun bisa jadi liburan ga selalu juga jalan-jalan. Contohnya? 

Ada yang memilih liburannya di rumah aja, masak makanan kesukaan, atau mencoba atau bereksperimen dengan resep baru. 

Nyoba resep baru


Ada yang liburannya baca buku, nonton film, dan berbagai previledge lain yang ga bisa didapatnya kalau ga libur. Liburan biasanya dilakukan buat meredakan stress, ya ngga?


7. Main Game

Hayoo, siapa yang kalau udah stress banget, hiburannya main game? Sayaaah ☝️. Yess, main game buat saya itu hiburan yang memberi keseimbangan dan mampu meredakan stress. Kayak ini nih, saya main game receh  Super Spice Dash di plays.org


Main games di plays.org
Main games di plays.org


Game sederhana aja, cuma ngejar-ngejar koin emas, ngindarin halangan, dsb. Main game bisa memberikan keseimbangan dan meredakan stress buat saya. 


8. Main atau mendengarkan Musik

Ada yang cara meredakan stressnya main atau mendengarkan musik? Banyaaak. Suami saya yang musisi, akan main musik saat hatinya sedang galau. Ada beberapa orang lain akan mendengarkan musik untuk meredakan stress, stress release. 


9. Menulis

Hayoo, siapa yang meredakan stressnya dengan menulis? Rata-rata blogger ngakunya menulis merupakan salah satu cara mereka dalam self healing. 


10. Menekuni Hobi

Ada beberapa orang yang meredakan stressnya dengan menekuni hobi. Misalnya menanam tanaman, mencoba resep baru, membaca buku, olahraga, nonton film/drama, dsb.


Dan masih banyak lagi cara-cara lainnya dalam meredakan stress. Kalian biasa gunakan yang mana gaess? Share dong di komen.

Atau ada yang mau menambahkan cara kalian meredakan stress yang belum saya sebut di atas? Tolong tulis di komen dong, siapa tahu ada yang saya gak tahu 😂

Cara mana pun yang kamu pilih dan gunakan ga masalah, yang penting bisa menjaga kita tetap seimbang, balance, ga gampang stress dan frustasi.

Hidup ini tentang menjaga keseimbangan, kita ga akan pernah benar-benar bisa menemukan apa yang kita mau, jangan sampai stress mengendalikan kita, right?

1 komentar

  1. Nah pastinya banyak yang mengalami stress apalagi tentang pekerjaan, hemmm sudah ada cara mengatasinya nih mantap.

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Kirim email ke siswadi.maya@gmail.com