Cara Menggunakan Lampu BARDI Smart Light Bulb

Yuhuuu, pernah berasa ga sih, sejak pandemi melanda, rasa mager jadi meningkat? Bawaannya males atau tepatnya berpikir banget mau ke mana-mana? Akhirnya apa-apa dikerjain dari rumah. Mulai dari belanja sampai kerja. Belanja, udah aja dari rumah pun bisa. Jadinya ya mager gitu ke mana-mana 🤣🤣.

Entah kenapa, ini jadi berimbas juga ke perilaku kami yang lain. Saya dan suami juga jadi aja kebawa mager. Males bangun pagi, males mandi *upps jangan ditiru, males nyuci-nyuci, males ganti baju *bau dong, males juga beranjak dari kasur 🤣. Luar biasa kan magernya 😂.

Tak jarang, kemalasan ini juga yang bikin kami jadi ribut-ribut kecil. Nah lho? Perkaranya sih sepele, cuma ribut urusan siapa yang matiin lampu 🤣.

Saya lebih suka tidur dengan lampu redup, while suami lebih suka terang. Biasanya suami mengalah, mau tidur dengan kamar yang lebih gelap, asal jangan mati sama sekali, ya dengan lampu redup gitu lah minimal. Saya memang agak susah tidur jika lampu terang benderang.

Belakangan, suami mulai ketularan, suka tidur dalam suasana redup. Biasanya kami bergantian mematikan lampu kamar dan mengandalkan lampu ruang tengah sebagai sumber cahaya lain, agar kamar tak terlalu gelap. Tapi, sejak suami sibuk cek handphone dan menjawab pertanyaan customer sebelum beranjak tidur, kami mulai lempar-lemparan tanggung jawab mematikan lampu 🤣. 

Kalau saya sudah ngantuk banget dan suami masih belum selesai dengan kerjaannya, saya pun berpesan "mas, ntar tolong matiin lampu ya"

Tapi sebaliknya, giliran saya yang masih sibuk menulis dan mau membuat laporan, suami yang ganti berpesan "bund, nanti kalau udah selesai, matiin lampunya ya"

Perkaranya memang sepele, cuma matiin lampu. Tapi, kalau udah pewe banget di kasur dan udah dalam kondisi ngantuk berat, harus bangkit, berdiri, dan berjalan menuju saklar hanya untuk mematikan lampu itu rasanya berat banget 😭😭. Mager asli 🤣.

Lampu Pintar

Kemalasan itu membawa kami pada pemikiran, "ah, andai ga harus bangun dari tempat tidur cuma buat matiin saklar"

Rupanya, hal seperti ini bukan cuma masalah saya dan suami. Sepertinya ada banyak orang yang punya masalah seperti kami. Apa teman-teman punya masalah seperti kami juga? Ada pula yang punya masalah mematihidupkan lampu ketika tidak sedang berada di rumah. Sayang kan kalau lampu hidup seharian.

Dan voila, sekarang ada solusi buat masalah seperti kami itu.

Ada lampu pintar yang bisa dimatihidupkan dengan mudah menggunakan aplikasi yang ada di smartphone.


Nyobain lampu BARDI di studio kerjanya suami, mau tes warna warni
Nyobain lampu BARDI di studio kerjanya suami, mau tes warna warni


Dengan menggunakan lampu pintar, alias Smart Light Bulb, bisa memudahkan hidup. Kalau lagi nginep di luar kota, kita bisa mematihidupkan lampu teras. Lampu teras ga perlu lagi hidup terus menerus tanpa bisa dimatikan karena ga ada orang di rumah. Kita bisa mengontrolnya dari jauh atau mengaturnya agar hidup dan mati pada jam tertentu.

BARDI Smart Light Bulb


Beberapa perangkat smart home BARDI, Smart Light & Smart Remote
Beberapa perangkat smart home BARDI, Smart Light & Smart Remote

Saya menemukan sebuah lampu pintar, alias Smart Light yang bisa membantu memecahkan masalah kemageran kami 😄.

Beberapa minggu belakangan timeline saya dipenuhi info tentang BARDI Smart Light yang memudahkan hidup. 

Saya pun ga mau mati penasaran, jadi lah nyobain juga si Lampu Pintar ini. Nyobain lampu BARDI Smart Light Bulb 9W-RGBWW.

Isi pack BARDI Smart Light Bulb  9W - RGBWW
Isi pack BARDI Smart Light Bulb 
9W - RGBWW

Harga lampu BARDI Smart Light Bulb ini cukup terjangkau di e-commerce kesayangan. Hahaha, iya, saya menemukan lampu BARDI yang harganya cuma 85ribuan di Toped. Kebetulan pas diskon kayaknya 🤣.  Make sense dan worth to buy lah harga segitu untuk sebuah lampu pintar berkualitas. Lampu non smart light aja harganya hampir sama, kan mending beli yang smart light sekalian 🤣 *emak-emak perhitungan emang.

Cara Menggunakan Lampu BARDI


Kenapa pula saya pakai acara menjelaskan cara menggunakan lampu BARDI? Karena saya sendiri awalnya sempat bingung cara menggunakan lampu BARDI ini. Entah petunjuknya yang kurang jelas, atau saya yang gaptek 🤣. Sampai bolak balik baca buku petunjuk saking bingung ga bisa instal si lampu ke smartphone.

Setelah beberapa kali percobaan, akhirnya berhasil menginstalnya. Supaya teman-teman ga mengalami kebingungan juga, coba ikuti petunjuk cara menggunakan lampu BARDI berikut ya.

1. Pasang lampu BARDI Smart Light ke soketnya
2. Hidupkan saklarnya. Btw, pastikan saklar ini selalu dalam keadaan menyala agar bisa dimatihidupkan dari smartphone ya. Kalau saklar dalam posisi mati, lampu ga akan bisa dikontrol dari smartphone 😂
3. Instal aplikasi Smart Life
4. Login dan pilih tambahkan perangkat (klik tanda + di pojok kanan atas aplikasi)
5. Pilih kategori lighting. Kemudian pilih kategori light source with WiFi untuk mensinergikan antara lampu dan smartphone.


6. Saat masuk ke pilihan WiFi, pilih WiFi yang tersedia dan masukkan password
7. Sampai pada tampilan singkronisasi antara lampu dan aplikasi Smart Life, pastikan saklar dalam posisi on dan tunggu hingga lampu BARDI berkedip-kedip cepat/ blink-blink. 

Jika lampu tidak berkedip-kedip cepat, sinkronisasi agak sulit dilakukan. Jadi pastikan upaya sinkronisasi dilakukan saat lampu BARDI berkedip cepat ya. Jika perlu matikan dulu dari saklar, coba hidupkan kembali, ulangi beberapa kali sampai lampu Smart Light BARDI berkedip-kedip dengan cepat.


8. Setelah sinkronisasi terjadi, perangkat lampu BARDI smart light bulb 9w - RGBWW akan terpasang di aplikasi seperti foto ini.


9. Setelah terpasang, tinggal klik perangkatnya, trus pilih-pilih deh mau diatur seperti apa cahayanya. Bisa pilih tema white, colour, scene, atau music. 

Kalau pengen tidur, bisa pilih mode night. Atau kalau mau kerja di komputer seperti Ferdi di atas, tinggal pilih mode working.



10. Kalau mau mainan warna, bisa pilih colour dan merasakan sensasi aneka warna seperti ini. 

Anaknya sibuk ngerjain tugas, emaknya asyik mainan lampu BARDI Smart Light Bulb 9W - RGBWW
Anaknya sibuk ngerjain tugas, emaknya asyik mainan lampu BARDI Smart Light Bulb 9W - RGBWW


Gimana, seru kan lampu BARDI Smart Light ini?

Bisa Didapat Di mana?


Ngomongin serunya lampu BARDI udah, trus gimana cara dapatnya ya? 

Teman-teman ga usah pusing kog cara mendapatkannya. Lampu BARDI ini bisa didapat dengan mudah di berbagai e-commerce. Mulai dari Tokopedia, Lazada, Blibli, Shopee, Bukalapak, dsb, atau bisa langsung meluncur ke https://bardi.co.id/shop-online

BARDI Smart IR Remote


Paket lengkap Smart IR Remote BARDI
Paket lengkap Smart IR Remote BARDI 


Kalau tadi saya bahas soal lampu BARDI smart light, saya mau tambahkan sedikit review saya tentang remote pintarnya BARDI.

Loh remote? Iya, di rumah kan kita biasa tuh pakai remote buat TV, Home Theater, atau AC. Nah, BARDI sekarang ini punya lho remote yang bisa mengendalikan itu semua dari smartphone. 

Apa bedanya dengan remote biasa? Beda dong, smart IR Remote dari BARDI, yang teknologinya didukung oleh Tuya, perusahaan Artificial Intelligence &  Internet Of Think terkenal dunia, bisa dikendalikan dari jauh, selagi tetap terhubung dengan WiFi/hotspot.

Misalnya teman-teman pakai AC nih, pengen pas sampai rumah si AC sudah cukup dingin, dengan Smart IR Remote bisa dihidupkan saat dalam perjalanan pulang. Seru kan?

Cara instal atau pasangnya ga beda jauh kog dengan pemasangan Smart Light, harus disinkronkan dan dipastikan Remote berhasil terpasang di aplikasi.

1. Pasang kabel Smart Remote BARDI dan colokkan ke listrik. Btw, kabel ini harus selalu terpasang ya. Kalau kabel tidak terhubung ke sumber listrik, smart remote ga akan bisa dikontrol dari smartphone 😂
2. Hidupkan tombol remotenya, perhatikan cahaya biru sebagai tanda remote berfungsi. 
3. Instal aplikasi Smart Life
4. Login dan pilih tambahkan perangkat (klik tanda + di pojok kanan atas aplikasi)
5. Pilih kategori others, kemudian pilih kategori universal remote control untuk menyinergikan antara remote dan smartphone.


6. Pilih WiFi yang tersedia,  masukkan password
7. Sampai pada tampilan singkronisasi antara smart remote dan aplikasi Smart Life, pastikan remote dalam posisi on dan tunggu hingga lampu remote berkedip-kedip / blink-blink. 

Jika remote tidak berkedip-kedip, sinkronisasi sulit dilakukan. Jadi better upaya sinkronisasi dilakukan saat smart remote BARDI berkedip-kedip cepat ya. Jika remote tidak berkedip juga, coba pencet ulang tombol on di remote, pencet agak lama dan beberapa kali sampai bisa berkedip-kedip cepat.


8. Setelah sinkronisasi terjadi, perangkat smart IR remote  BARDI akan muncul di aplikasi



9. Setelah terpasang, tinggal pilih-pilih perangkat yang mau disingkronkan dengan remote, TV, AC, dsb. Karena saya punyanya TV, jadi TV yang saya pilih 😄


10. Masukkan merk TV yang mau disinkronkan, dan voila, semua TV yang ada di rumah sudah ada di aplikasi 🤣 


Saat upaya sinkronisasi antara perangkat dengan aplikasi, pastikan remote berkedip-kedip/blink-blink dulu ya.

Kalau remote sudah terinstal di aplikasi smart Life, udah deh, tinggal dioperasikan. Bisa matihidupin TV atau AC dari jauh berkat BARDI.

Nonton TV dari kamar, masih cinta sama TV jadul 🤣🤣


Enak ya kalau di jaman serba digital ini hidup serba dimudahkan, jadi tambah pewe dan mager 🤣. Mari nikmati hidup and be happy with what we get 😄. Semangat teman-teman 😍

1 komentar

  1. Aku udh lama pake lampu Bardi ini, gara2 pak suami memang selalu suka nyobain hal2 baru gini. Pas dia tau ada lampu yg bisa diatur lwt hp, lgs deh beli, dan pasang buat di kamar :D.

    Tp aku sebelnya kadang2 suka diisengin anak2. Kalo aku LG di kamar, mulai deh tuh mereka main2in lampunya diganti ke warna2 beda :D

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Kirim email ke siswadi.maya@gmail.com