Kalau Susah Buang Air Kecil

 Pernah ngalamin ga sih susah buang air kecil? Mudah-mudahan sih ga pernah ngalamin ya. Ga enak banget kan rasanya. Pengen buang air kecil, "pipis", tapi ga bisa dikeluarkan. Airnya susah keluar. Atau kalau pun keluar, jumlahnya sedikit. Padahal yang harus dikeluarkan harusnya lebih banyak, cuma ga bisa dikeluarkan semua, kayak masih ada sisa gitu lho. Ini menyiksa banget. Kadang rasanya juga bisa jadi sakit.

 Pada beberapa orang malah bisa jadi mengalami demam juga. Keliatannya sepele, tapi ya ga bisa dianggap enteng juga, ya ga sih. Nah, kalau mengalami susah buang air kecil gitu, enaknya diapain ya? Penyebabnya apa?






Ternyata ada banyak penyebab seseorang bisa mengalami susah buang air kecil. Saya sempet bahas juga di blog ini. Salah satu penyebab seseorang sampai mengalami masalah seperti susah buang air kecil, salah satunya ya karena ISK, alias infeksi saluran kemih.

Selain karena ISK, ternyata ada banyak lho penyebab susah buang air kecil. Saya sempat baca di Halodoc soal beberapa penyebab kenapa seseorang sampai mengalami susah Buang Air Kecil . Halodoc? Iya, ini referensi saya kalau lagi bingung dengan masalah-masalah kesehatan yang sedang saya atau keluarga alami. Halodoc emang platform dan aplikasi kesehatan yang paling enak buat dijadiin referensi masalah kesehatan. Info-infonya bisa lebih saya percaya karena penulis dan editornya juga para dokter. InsyaAllah lebih terpercaya.

Nah, dari Halodoc juga saya tahu beberapa penyebab susah buang air kecil yang mengganggu ini. Selain karena Infeksi Saluran Kemih yang sudah saya ceritain di atas, susah buang air kecil juga bisa disebabkan karena diabetes, gangguan ginjal, gangguan pada prostat, dsb. Dibaca aja langsung di Halodoc ya, biar saya ga salah tulis 😂🤣 .

Suami saya pernah mengeluh susah buang air kecil, rasanya ga nyaman, kencing sedikit dan bolak balik ke toilet untuk buang air kecil. Ya kayak beseran gitu sih. Malah pernah saking ga tahannya jadi kayak ngompol *upsss. Ya itu memang efek lainnya sih, karena susah buang air kecil, kencingnya jadi cuma sedikit-sedikit, atau jadi ada gangguan di saluran kencing yang membuat seseorang jadi sulit menahan urine.

Setelah konsultasi ke puskesmas, ada kemungkinan kalo penyebabnya adalah gangguan pada prostat dan disuruh periksa ke RS rujukan yang lebih besar.

Memang sih keliatannya sepele ya soal buang air kecil gini. Tapi kalau didiamkan, bisa bahaya juga lho. Pengaruhnya bisa ke gangguan ginjal.

So, kalau kalian merasa ada masalah dengan buang air kecil, coba di baca lagi deh referensi saya di Halodoc. Jika memang sangat mengganggu, segera ke dokter atau Rumah Sakit ya.

1 komentar

  1. duh, bikin nggak nyaman ya bun kalo udah ada masalah "ke belakang", rasanya nggak enak di perut. Makasih infonya bunda, salam kenal :)

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Kirim email ke siswadi.maya@gmail.com