Pages

Categories

HIN

HIN
Hijab Influencer Network
IBX5B48708796EE3

Jumat, 26 Juli 2019

Seru! Festival Bunda Generasi Maju 2019.

Yuhuuu, siapa yang minggu pagi suka main ke GBK? CFDan mungkin? Nah, minggu pagi lalu, 21 Juli 2019, saya dan beberapa teman blogger begitu antusias menyambangi area GBK, Gelora Bung Karno. Kami masuk melalui pintu 5, seberang pintu FX Mall. Rupanya sedang ada keseruan berbagai Festival yang diadakan oleh SGM. Kali ini saya menghadiri Festival Bunda Generasi Maju.

Ada keseruan apa sih di Festival ini?

Rangkaian acara pagi itu padat banget, acara sudah dimulai sejak pagi, pukul 08.00. 


Talkshow Ibu Sehat

Pagi-pagi, para peserta sudah diberi "makanan bergizi" oleh dr. Andri Handir, Sp.OG.


Menurut dr. Andri, selama hamil, ibu hamil sebaiknya selalu rutin melakukan pemeriksaan kehamilan, untuk memastikan kondisi ibu maupun calon bayinya tetap aman sepanjang kehamilan hingga melahirkan. Masalah-masalah kehamilan itu bisa macam-macam, entah pre-eklampsia, plasenta previa, sungsang, pregnancy diabetes, dsb. Nah, masalah-masalah kehamilan ini lah yang harus selalu diwaspadai. Itu sebabnya harus rutin memeriksakan kehamilan. Terutama ibu hamil yang masuk resiko tinggi, hamil di atas usia 35 tahun, pernah melahirkan caesar, punya riwayat tekanan darah tinggi, diabetes, dsb *cmiiw.

Ibu juga perlu memperhatikan asupan nutrisinya. Jangan hanya memperhatikan asupan makro semacam karbohidrat, protein dan lemak saja, tapi asupan nutrisi mikronya juga perlu diperhatikan, seperti zat besi dan asam folat. Bukan apa-apa, sering kali bumil, terutama yang trimester pertama kan kadang males makan tuh, atau kadang suka mual muntah. Kondisi ini kadang bisa menyebabkan ibu kekurangan mineral dan zat besi.

Kekurangan zat besi dan asam folat dapat menyebabkan anemia dan kekurangan nutrisi mikro. Kondisi ini bisa berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Bayi bisa lahir prematur, BBLR (berat bayi lahir rendah), hingga terjadinya kematian dalam kandungan. Huiii, serem kan ya?

So, selama kehamilan, wajib banget nih memperhatikan asupan nutrisi. Perhatikan kandungan makanan, penuhi kebutuhan gizinya. 

Salah satu cara memenuhi asupan gizi selama hamil adalah dengan menambahkan asupan dengan suplemen penambah nutrisi mikro, biasanya dokter atau bidan memberikan beberapa tambahan suplemen yang dibutuhkan bumil. 

Bisa juga dengan asupan tambahan lain yang terkandung di dalam susu khusus ibu hamil, misalnya SGM Bunda. SGM bunda kini dilengkapi formula COMPLINUTRI yang mengandung minyak ikan, untuk mendukung perkembangan saraf dan otak janin, mengandung zat besi, asam folat, kalsium, dan vitamin D.

Cuma, kadang-kadang, bumil suka malas minum susu nih, hahaha. Entah dipicu rasa mual, eneg, atau ga suka dengan rasa susu hamil yang biasanya suka "ajaib" *eh, ini sih saya, jaman dulu susu hamil tuh suka ajaib rasanya, atau sayanya yang ajaib ya? Nyobain susu hamil sekarang rasanya kog enak, ga kayak susu hamil saya jaman dulu, hehehe.

Padahal, kalau bosan dengan suguhan susu yang itu-itu saja, bisa banget lho disajikan dalam bentuk yang lebih bervariasi dan menggugah selera. Dibuat milkshake misalnya. Caranya diajarkan juga pada Festival kali ini melalui Cooking Demo.

Di akhir sesi Talkshow, peserta mendapat kesempatan untuk tanya jawab dengan dokter Andri dan mba Riris, Marketing Manager SGM Bunda. Usai tanya jawab, Sesi pertama ini ditutup dengan minum susu bersama.





Couple Yoga

Setelah acara talkshow bersama dokter kandungan, acara dilanjutkan dengan acara Couple Yoga. Yoga untuk ibu hamil bersama pasangan, alias suami.

Ruangan yang awalnya terdiri dari banyak kursi seketika disulap menjadi area yang dipenuhi matras yoga panjang yang muat untuk 2 orang. Peserta acara hari itu begitu antusias mengikuti Couple Yoga ini. 

Sambil menunggu acara disiapkan, kami bebas berkeliling di 4 arena yang disediakan untuk memanjakan bumil. Berhubung mulai lapar, saya melipir ke area Bunda Jajan buat menebus snack yang disediakan. Lumayan, mengganjal perut.



Ga cukup jajan, saya lanjut meluncur ke area Bunda Santai. Kami bisa menikmati pijat gratis yang disediakan oleh Mom n Jo. Seneng bisa merasakan santai sejenak, dipijat-pijat tangannya dengan minyak pijat yang wanginya bikin rileks. 




Ada juga area Bunda Pintar dan area Bunda Sehat yang memberikan fasilitas konsultasi dan USG bersama dokter kandungan *cmiiw. Asyik ya. Seru-seruan sambil periksa kehamilan.




Tak lama acara Couple Yoga pun dimulai. Ramai sekali suasana Yoga kali ini, benar-benar ditujukan buat bumil. Bagaimana membuat punggung rileks, pinggang nyaman. Peserta acara ini hingga 20 pasang lebih. Yang bersama pasangan ga terlalu banyak sih, mungkin hanya 10-15 pasang saja, sisanya teman-teman berpasangan dengan teman sesama perempuan.

Cooking Demo

Walau judul acaranya cooking demo, sama sekali ga ada peran kompor disini ya bu ibu. Ini bukan acara masak memasak, hahaha.

Chef Kevin, salah satu finalis Masterchef Indonesia, kali ini hanya ingin menunjukkan kepada para bumil maupun pasangannya, cara menyajikan susu hamil yang menggugah selera.



Kali itu kami disuguhkan Jus Choco Alpukat dan Milkshake Sirsak Strawberry.

Kalau chef yang menyajikan, rasanya memang beda ya, hahaha. Semua terasa mudah dan menggugah selera. Selain menyaksikan, kami semua bisa merasakan hasil karya chef saat itu juga.

Membuat jus choco alpukat ini mudah sekali. Blender alpukat dan susu SGM Bunda coklat secara terpisah, lalu sajikan di gelas secara berlapis, terakhir, berikan topping choco crunch.




Milkshake Strawberry Sirsak ini rasanya lebih enak lagi, proses membuatnya pun sedikit lebih rumit. Ambil buah sirsak, blend bersama es, susu SGM Bunda strawberry, heavy cream, dan sedikit air. Tuang ke gelas, tambahkan whip cream sebagai topping. 

Ahhh, enyaaaak.

Beauty Demo

Loh..loh..kog ada beauty demo segala? Eh...eh, jangan salah buibu. Ibu hamil kan juga perlu tetap merasa cantik toh? Ga pengen kan kelihatan kucel, gendut, dan kayak buntelan karung *ehhh. 

Perempuan hamil itu kadang bawaannya sensitif, jadi kadang suka baper sama diri sendiri. Nah, salah satu cara supaya ga mudah baper, perempuan itu bisanya suka merawat dan menghias diri. Bukan untuk siapa-siapa sebenarnya. Perempuan berdandan itu ya buat dirinya sendiri, demi rasa percaya diri dan perasaan nyaman dengan dirinya sendiri.

Hanya saja, ibu hamil itu harus hati-hati memilih kosmetik dan produk perawatan. Tak semua produk perawatan dan kecantikan itu cocok untuk ibu hamil. Namanya mengandung bahan kimia, ada kandungan zat tertentu yang bisa mempengaruhi kehamilan. So, ibu hamil memang harus benar-benar selektif memilih produk selama kehamilan. 9 bulan kan lumayan lama, so harus benar-benar jeli memilih bahan dasar kosmetik. Sebisa mungkin pilih kosmetik yang berbahan dasar alami dan bebas merkuri.

Salah satu kosmetik aman yang jadi rekomendasi SGM Bunda adalah Wardah. Oleh sebab itu, team Wardah juga diundang untuk memberikan teknik make up sederhana bagi ibu hamil. Kali ini yang beruntung didandani Wardah adalah bumil Inka Amalia yang sedang menunggu masa-masa lahiran, alias menunggu hari H.


Ahhh, acara yang seru dan padat manfaat. Bener-bener pagi yang berfaedaah buat saya dan teman-teman. Rasanya pengen ikutan lagi, hahaha.

Festival Bunda Generasi Maju ini sudah diadakan di beberapa kota, Jakarta merupakan kota ketiga, setelah Surabaya dan Jogjakarta. Minggu ini, 28 Juli 2019, Festival Bunda Generasi Maju akan diadakan di kota Bandung, di Taman Tegallega. Kota Bandung jadi kota terakhir roadshow ini. Teman-teman yang di Bandung bisa banget lho datang ke sini. Acaranya seru! Pokoknya ga rugi lah meluangkan waktu datang ke Festival ini.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com