Pages

Categories

IBX5B48708796EE3

Rabu, 12 Desember 2018

Wajah Baru Portal Indonesia dot Go dot Id

Selama ini, kalau mau cari berita, carinya ke mana guys? Sumber data kalian dari mana? Sumber beritanya dari mana?

Pernah berpikir ga sih kalo berita tentang Indonesia harusmya hanya melalui satu pintu?

Akhirnya, pada 10 Desember 2018, lalu kementerian Komunikasi dan Informasi melakukan launching kembali (relaunching) portal resmi milih Sekretariat Negara. Tadinya website resmi yang mewakili wajah Indonesia ini hanya dikelola oleh Kementrian Sekretariat Negara.

Saat ini, untuk maintenance dan pengembangan websitte Indonesia.go.id diserahterimakan ke Kominfo. Kenapa diserahterimakan? Karena Kominfo lebih paham tentang hal-hal teknissnya. Toh secara keseluruhan hampir sama, walau ada pengembangan disana sini yang dilakukan

Portal Indonesia.Go,Id diharapkan menjadi portal rujukan utama dalam berita. Bisa untuk pengambilan data juga, plus sebagai rujukan resmi jika ada berita-berita hoax.

Portal Indonesia.go.id juga merupakan portal yang menjadi agregator bagi portal-portal resmi lainnya. Misalnya portal pemerintah daerah, portal kementrian, atau portal instansi pemerintah lainnya.



Dengan jadi satunya semua ini, diharapkan semua berita, info menjadi satu pintu. Siapa piun yang akan mencari berita teentang Indonesia, cukup search aja Indonesia.go.id.

Nantinya, di Indonesia.Go.Id juga akan dilengkapi dengan layanan masyarakat. Menurut Menkominfo, Pak Rudiantara, dengan adanya portal Indonesia.go.id ini masyarakat bisa mengakses semua info yang benar tentang Indonesia, mulai budaya, pariwisata, berita, tokoh, ekonomi, investasi, dsb.

Jendral TNI Moeldoko, staff khusus kepresidenan menyebutkan pentingnya memasukkan unsur ipoleksosbudhankam ke dalam portal Indonesia.Go.Id. Dengan memasukkan unsur ini, ada banyak keuntungan bagi Indonesia. Dengan berita pertumbuhan ekonomi, orang yang ingin berinvestasi di Indonesia akan makin tertarik. Dengan berita sosial budaya dan pariwisata, banyak yang tertarik untuk berkunjung ke Indonesia.



Nah ini dia idola saya, Prof. Rhenald Khasali, beliau menjelaskan bedanya Kampanye dan branding. Jika hanya kita yang sibuk menyiarkan berita, informasi, ini namanya kampanye. Tapi jika kita sampai dibicarakaan tanpa diminta, ini yang namanya branding.

Prof Rhenald mencontohkan Indonesia yaang sekarang ini jadi perbincangan hangat karena suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018. Mendadak seluruh dunia membicarakan hal positif dan prestasi Indonesia. Ini yang disebut branding. Tanpa kita minta, orang lain akan sibuk membicarakan daya tarik kita, kelebihan kita. Sibuk menggunjingkan hal positif tentang Indonesia.

Ini lah yang perlu dikejar Indonesia. Portal Indonesia.Go.Id ini sangat bagus untuk menjadi sarana Branding Indonesia di mata internasional. Dan memang, salah satuu tujuan diadakannya peluncuran ini adalah untuk memperkenalkan kembali, Indonesia punya lho portal resmi yang bagus untuk diakses. Portal resmi untuk mencari berita yang benar.

Oh ya, sebagai salah satu portal resmi pemerintah, yang dikelola bersama dan jadi satu pintu, kominfo hanya sebagai dapur pengolah, semua materi berasal dari kementrian dan instansi pemerintah. Portal Indonesia.go.id hanya bantu menginfokan saja. Ke depannya mudah-mudahan blogger juga bisa jadi kontributor ya *ehh

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com