Pages

Categories

IBX5B48708796EE3

Kamis, 20 Desember 2018

Idealisme Victor Wirawan, Elon Musk Indonesia

Senja yang syahdu sore itu menghiasi langit nan memerah, menuju peraduannya. Dalam ruangan bertutup kaca lebar, jelas terlihat sang senja nan syahdu, menemani kami yang sedang asyik berbincang-bincang seru dengan sosok muda, santai, dan selalu menggunakan jeans dan kaos.

Di tengah-tengah kami, para blogger, sore itu, hadir Victor Wirawan, CEO PT. Aldebaran Energy Indonesia, tokoh kunci dibalik Baran Energy 


Bincang santai bersama Victor Wirawan, Elon Musk Indonesia
Bincang santai bersama Victor Wirawan, Elon Musk Indonesia

Baran Energy adalah sebuah brand asli Indonesia yang menghasilkan produk yang dapat menjadi energi alternatif. Saya sudah pernah menuliskan detailnya di energi alternatif selain listrik

Pernah berpikir jika suatu saat kita bisa menikmati energi listrik berlimpah dan ga perlu pusing bayar tagihan bulanan? Energi yang bisa mengisi baterai handphone, menghidupkan lampu, menghidupkan berbagai perangkat elektronik. Asyik kan?


Sebuah momen yang langka mendapat kesempatan langsung bisa bertemu. Kami benar-benar bisa ngobrol-ngobrol santai dan cair tanpa sekat dan batas. Pak Victor yang seorang CEO ini mau berbincang dengan santai dan akrab dengan kami. Ada terselip rasa bangga bisa bertemu dengan Victor Wirawan yang disebut-sebut sebagai Elon Musk Indonesia

Suasana Santai yang benar-benar cair antara blogger dan pak Victor
Suasana Santai yang benar-benar cair antara blogger dan pak Victor 

Elon Musk Indonesia?

Ya..ya..bisa dikatakan begitu ga sih?


Elon Musk, pria asal Afrika Selatan yang menjadi tokoh utama yang mendirikan Tesla. Tesla merupakan brand yang melahirkan mobil listrik, solar panel, dan penyimpan energi. 

Victor Wirawan memang terinspirasi membuat energi alternatif seperti halnya Elon Musk. Pria kelahiran Malang tahun 1987 ini mengatakan "Indonesia ini berlimpah sumber daya yang bisa menjadi energi alternatif, energi terbarukan. Sayang sekali jika tidak dimanfaatkan"

Jika Elon Musk di Amerika sana melahirkan Tesla, maka di Indonesia ada Victor Wirawan yang memproduksi Baran. Baran Power (Baran Wall & Baran Cube), Baran Electric Car. Tak heran jika Pak Victor Wirawan diidentikkan dengan Elon Musk Indonesia. Victor Wirawan Elon Musk Indonesia

Lebih lanjut pak Victor yang sore itu mengenakan kaos abu-abu bertuliskan Baran di dada kirinya menyebutkan 


"Saya tak ingin menyaingi PLN dan semacamnya, justru ingin mengurangi beban negara dalam memenuhi kebutuhan listrik di Indonesia"

Pak Victor memang seorang yang idealis. Melihat banyaknya sumber daya energi di Indonesia, melimpahnya cahaya matahari, membuat beliau tergerak untuk membuat terobosan membuat produk yang memanfaatkan kelebihan energi ini.

Sejauh ini Indonesia memang belum maksimal dalam memanfaatkan sumber daya energinya. Masih bergantung sepenuhnya pada energi listrik. Padahal sumber daya energi di Indonesia ada banyak. Mulai energi angin, air, surya, dst.  

Saya melihat semangat dan optimisme pak Victor terlihat begitu jelas. Pak Victor selalu bercerita idealismenya ini dengan begitu semangat. Ia begitu yakin mampu membuat Baran sesukses Tesla asal Amerika. 

"Kalau negara lain bisa, kenapa kita tidak? Kalau Tesla banyak dipakai negara lain, kenapa kita tidak? Kalau perlu, kita buat Baran mendunia" - Victor Wirawan

Jika kita bisa memproduksi energi alternatif yang lebih hemat energi, tentu sangat menguntungkan, kan? Bisa membantu banyak orang yang belum terjangkau listrik. Bisa membantu orang yang ingin lebih hemat listrik

Saya sudah tak sabar ingin segera melihat sendiri hasil karya anak bangsa ini. Pak Victor menyebutkan bahwa Baran benar-benar asli karya anak bangsa. Sejauh ini memang belum ada karya asli Indonesia yang memproduksi ini.

So, kita patut bangga, ada seorang Victor Wirawan yang mau bersusah payah membangun Baran, melibatkan anak-anak muda berpotensi untuk melahirkan karya spektakuler. Anak-anak muda yang mempunyai idealisme sama dan punya keahlian di bidang teknologi. Memanfaatkan kelebihan sumber daya Indonesia untuk menghasilkan produk yang dapat menjadi energi alternatif di negeri ini. 




Ayo pak, ditunggu karyanya. Saya sudah tak sabar mau segera merasakan mobil dan rumah yang ramah lingkungan dan hemat energi.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com