Pages

Categories

IBX5B48708796EE3

SOCIAL MEDIA

Senin, 26 November 2018

5 Manfaat Koleksi Mainan Bagi Anak

Bicara masa kecil, rasanya bohong kalau ga pernah mengoleksi sesuatu ya. Dulu, saya suka banget ngumpulin macem-macem buat dikoleksi. Mulai dari perangko, daun kering, sampai bulu ayam! Iya, benar. Saya pernah mengoleksi bulu ayam dan berbagai jenis bulu lainnya. Biasanya sih bagian ekor bulu ayam jantan yang kombinasi warnanya cantik-cantik gitu. Kombinasi merah, kuning, hijau, coklat, dan sebagainya. 

Katakan lah koleksi saya sudah kuno ya, secara jaman sekarang udah langka koleksi semacam itu. Apa iya di perkotaan masih ada ayam kampung yang berkeliaran? Kalau jaman saya kecil dulu mungkin bisa didapat dengan mudah. Jaman sekarang kayaknya melihat wujud ayamnya aja sudah susah.

Anak-anak jaman sekarang pastinya punya koleksi yang berbeda dengan jaman saya dulu. Bahkan bisa jadi berbeda dengan era anak-anak saya. Dulu Ferdi pernah punya koleksi mobil mainan dan kelereng. Falda koleksi boneka, mulai boneka teddy bear sampai boneka Barbie. 


Belakangan muncul era koleksi mainan slime dan squisy. Mulai yang harganya murah, cuma kisaran ribuan atau puluhan ribu, hingga yang ratusan ribu. Berhubung uang jajan Falda juga ga banyak-banyak amat, ya koleksi mainan squishy juga yang murah meriah aja. Kalo kata Falda sih "beli di abang-abang bund". "abang-abang" yang dimaksud adalah tukang jual mainan murah yang biasanya membawa berbagai macam mainan, di dalam gerobak atau pikulan. Tukang jual mainan ini biasanya mangkal di dekat sekolah atau lewat di depan rumah, setiap sore.

Sebenarnya, punya koleksi mainan itu ada manfaatnya ga sih?

Walau terlihat sepele, koleksi mainan juga punya manfaat untuk anak-anak nih. 


Ini 5 manfaat koleksi mainan bagi anak



1. Memperkaya Daya Imajinasi

Anak-anak yang punya koleksi mainan biasanya akan punya imajinasi macam-macam dalam memainkan mainannya.

Misalnya saat Ferdi memainkan mainan mobilannya, ia akan berimajinasi menjadi pemilik mobil, membawa mobilnya ke sana ke mari, atau berimajinasi menjadi pembalap. 

Falda berimajinasi menjadi perancang busana, mendesain busana boneka-boneka barbie koleksinya. Kadang-kadang Falda juga berimajinasi seolah-olah menjadi Fashion stylist atau fashion conceptor. Gonta ganti baju, asesoris, sepatu, ikat rambut, penutup kepala, dan sebagainya.

Nah, bukan tak mungkin, berawal dari koleksi mainan sederhana, muncul cita-cita untuk menjadi sesuatu atau sebuah profesi kelak.


2. Merangsang Kreativitas

Hampir mirip dengan imajinasi, mempunyai mainan koleksi juga dapat membuat anak menjadi lebih kreatif. 

Contoh mudahnya ya saat Falda bermain dengan koleksi boneka-boneka ala Barbie. Bosan dengan baju yang itu-itu saja, membuat Falda ingin mengganti baju mainannya. Berhubung beli baju mainan juga tidak murah dan saya memang ga pernah mau membelikan baju mainan, Falda terdorong membuat baju mainan sendiri. Segala kain-kain bekas dipotong, digunting jadi baju atau asesoris penghias.


3. Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi

Anak-anak yang punya koleksi mainan biasanya cenderung mencari teman yang punya kesamaan hobby dengan dirinya. Hal ini tentu saja bisa meningkatkan kemampuan sosialisasi anak. Anak akan terangsang untuk mencari teman-teman yang punya kesukaan sama. 

Dengan adanya mainan koleksi, anak juga terdorong untuk menunjukkan mainan koleksinya kepada teman-temannya. Secara tidak langsung, mainan koleksi ini akan membuat anak menjadi punya "senjata" atau "peluru" untuk bergaul.

"eh, aku udah punya ini nih"
"wah, aku punyanya yang ini"
"aku punya yang ini"

Pada era gadget mania sekarang ini, punya koleksi mainan justru bagus untuk membuat anak-anak kembali pada fitrahnya, bermain dengan sesama kelompoknya dan lepas dari gadget*cmiiw


4. Mendorong Kemampuan Mengorganisasi

Suka mengoleksi mainan, berarti harus mampu merawat dan menyimpan mainan tersebut dengan baik, agar awet dan bisa dimainkan kapan pun. Hal ini tentu saja akan membuat anak terdorong untuk bisa menyimpan mainan dengan baik. 

Anak-anak bisa diajak belajar memilah-milah mainan besar dan kecil, mainan yang mau dimainkan sewaktu-waktu atau yang disimpan lama, dipilah berdasarkan warna atau fungsinya, disimpan berdasarkan serinya, urutannya, atau bahkan harganya?

Anak-anak belajar mengorganisasi koleksi mainannya! 

Biarkan anak-anak yang menentukan mau disusun seperti apa koleksi mainannya. Orang tua cukup memfasilitasi aja, right?

Kemampuan memilah-milah dan mengorganisasi sesuatu ini penting bagi perkembangan anak. Sangat berguna saat mereka sekolah, mengerjakan tugas, hingga saat dewasa dan terjun ke masyarakat.


5.  Mengembangkan Kemampuan Observasi

Anak-anak yang punya koleksi mainan akan mengembangkan kemampuannya dalam melakukan observasi. Memperhatikan detail mainan, mengamati mainan asli atau palsu. Mengamati perbedaan antara koleksi yang satu dengan koleksi yang lainnya. Hal ini tentu juga akan mengembangkan kemampuannya dalam mengamati berbagai hal di lingkungannya.

sumber : https://www.rewireme.com/happiness/8-reasons-why-collecting-things-you-love-is-good-for-your-brain/

Jadi, mengoleksi mainan dan punya mainan koleksi itu ga ada salahnya ya. Malah bagus untuk mengembangkan kemampuan anak-anak, right?

Gak heran, waktu Alfamart melakukan peluncuran koleksi mainan spesial Disney Coll-Egg-Tible Series di Alfamart Tower pada hari Kamis, 22 November 2018 lalu, saya antusias banget. Ahaaa, jadi punya mainan koleksi nih.


Disney Coll-Egg-Tible Series
Disney Coll-Egg-Tible Series


Disney Coll-Egg-Tible Series

Mainan yang berbentuk telur wobbly yang bisa digoyang-goyangkan dan ga bisa dijatuhkan ini punya peralatan seru di dalamnya. Ada pulpen, rautan, krayon, stempel, sampai penghapus.

Pada bagian luar "telur", tertempel karakter-karakter Disney yang lucu dan menggemaskan. Mulai Mickey Classic, Mickey Gold, Micky Mouse, Minnie Mouse, Goofy, Pluto, Donald Duck, dan Daisy Duck. Total ada delapan karakter Disney yang bisa dikoleksi. Asyik, kan?

Koleksi eksklusif ini hanya bisa didapat di Alfamart


"Koleksi Disney Coll-Egg-Tible Series ini merupakan hadiah spesial Alfamart untuk anak-anak Indonesia, dalam rangka perayaan Mickey Mouse yang ke 90. Koleksinya tidak banyak dan penawarannya pun terbatas. Segera saja lengkapi koleksinya" Seru Ryan Alfons, Marketing Director Alfamart

Talkshow, Nagita Slavina, Ryan Alfons
Talkshow, Nagita Slavina, Ryan Alfons

Koleksi Disney Coll-Egg-Tible Series secara lengkap bisa diraih gratis dengan mengumpulkan 15 stamp Alfamart Disney Coll-Egg-Tible Series. 1 stamp bisa didapat dengan belanja 50 ribu (tak termasuk rokok, e-voucher hp, dan susu bayi). 

Nagita Slavina yang sering datang ke Alfamart karena dekat dengan rumahnya ini mengaku senang sekali dengan adanya koleksi mainan Disney Coll-Egg-Tible Series. Menurutnya, Rafathar tuh bosenan sama mainan. Jadi, koleksi mainan baru ini tentu akan sangat menarik untuk dikumpulkan. Apalagi peralatan di dalamnya bagus untuk merangsang kemampuan motorik Rafathar.

Gimana teman-teman? Kalian sudah koleksi mainan terbaru dari Alfamart ini? Sudah intip-intip Alfamart dekat rumah buat berburu koleksi Disney Coll-Egg-Tible Series?

8 komentar :

  1. Wahaaaa koleksi bulu ayam, sepertinya hits dulu ya mbak dari generasi ke generasi sampai dikasih makan hasill serutan pensil juga di dalamnya dan diselipin deh di tengah-tengah buku tulis (huaaa) jadi teringat masa lalu deh. Oia toss lah dan setuju banget kalau koleksi mainan terbaru bisa melatih motorik dan kreasi anak di usia tumbuh kembangnya seperti sekarang ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, jaman kita dulu kan gitu koleksinya maaak

      Hapus
  2. Ya ampunn lucu banget mbak mainannya, anakku pasti suka deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, buruan diborong mba, sebelum kehabisan

      Hapus
  3. Iyayah mba ternyata ada manfaat dari koleksi mainan.. imajinasi anak, berkreasi. Kayak mainan dari alfa ini isinya bgs2 .. lucu juga karakternya udah terkenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mereka jadi berkreasi macam2 kan dengan mainannya

      Hapus
  4. Bener mbak bisa merangsang kreatifitas, soalnya ini banyak fungsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia, anak jadi lebih kreatif ya mba

      Hapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com