Pages

Categories

IBX5B48708796EE3

SOCIAL MEDIA

Senin, 22 Oktober 2018

Begini Cara Order Pengiriman Paxel

"Mba, aku udah download, tapi ga ngerti cara pakenya"
"Ntar aku tulis di blog ya"

Begitulah janji saya pada seorang teman saat cerita kelebihan Paxel dan membagikan kode promo di sosial media. 

Beberapa teman pelaku online shop, terutama bakulan kue, penjual frozen food, antusias banget dengan adanya jasa kiriman, yang bisa pick up dan sampai di hari yang sama (same day delivery) dengan tarif flat. Bagi mereka ini angin surga. Apalagi sedang ada promo berbagi kode promo referral @mayasiswadi dapat saldo 100ribu.

Awalnya saya pun ga kenal Paxel dan ga tahu cara penggunaannya. Berhari-hari mencoba mengirim paket untuk mba Aal, gagal terus. Duh, ini salah di mana sih? Hari terus berjalan dan waktu udah mepet banget deadline.

"Duuh, ini kalau paketnya belum terkirim, terpaksa dibawa ke gathering deh!" gumam saya gemas.

Akhirnya, pada hari Selasa, 16 Oktober 2018, saya datang menghadiri Blogger Gathering Paxel di kantor utamanya, daerah Kampung Melayu. Jam 08.30 saya sudah tiba di lokasi, berjalan kaki dari stasiun Tebet! Hahaha. Biar sehat, right? ;)

Salah satu dinding di kantor Paxel
Salah satu dinding di kantor Paxel

Paket yang sudah berhari-hari saya tenteng ke sana kemari untuk dikirim, saya bawa serta ke acara gathering. Untung paket kecil, jadinya ga berat.

Setelah mendengar kata sambutan dari pak Brian dan pembeberan latar belakang didirikannya Paxel oleh pak Djohari Zein, CEO Omiyago, pusat oleh-oleh online, saya langsung mengajukan pertanyaan begitu mendapat kesempatan.

Pak Djohari Zein, sedang menjelaskan trend pertumbuhan ekspedisi
Pak Djohari Zein, sedang menjelaskan trend pertumbuhan ekspedisi

"Saya sudah berhari-hari mencoba mengirim paket, tapi gagal terus. Pertama daerah rumah saya di luar jangkauan, kemudian saya coba pindah lokasi, ga terdeteksi. Tapi saya penasaran pengen nyoba. Akhirnya paketnya saya bawa ke sini, pengen nanya langsung aja cara ordernya"

Mba Ica sang MC spontan merespon, "nanti saya coba bantu ya mba"

Saya hampir lupa dengan paket itu karena kami diajak office tour dan makan siang. Saking takjub lihat suasana kantornya yang asyik. Banyak mural cantik-cantik buat foto, hahaha.

Bahas soal teknis bantuan pengiriman buat ke Palu-Donggala juga. Menurut Pak Alex yang memandu office tour kali itu, para donatur sebaiknya mengirim paket bantuan yang dibutuhkan oleh para pengungsi, bukan sekedar "ngosongin lemari". Dengarkan kebutuhan mereka.

"Jangan aji mumpung, mengosongkan isi lemari, memberikan baju bekas yang sudah tidak ingin dipakai. Sesuatu yang belum tentu mereka butuhkan. Lebih baik memberikan bantuan yang sesuai kebutuhan. Uang bantuan pun sebaiknya langsung dibelikan barang-barang yang diperlukan pengungsi. Misalnya selimut, tenda, tikar, handuk bersih, pembalut, popok, susu, makanan, obat-obatan, dsb" Ya ampun, makjleb banget ini pak Alex.

Pak Alex, Head of Marketing Paxel, sedang menjelaskan teknis pengiriman bantuan melalui Paxel
Pak Alex, sedang menjelaskan teknis pengiriman bantuan melalui Paxel

Setelah puas berkeliling dan melihat Paxel Drop Box, saya baru ingat tentang paket yang saya bawa, lupa belum tanya cara order. Saat itu Pak Alex, Head of Marketing Paxel, sedang menjelaskan strateginya menggunakan tagline #AntarkanKebaikan. "Hero, penjemput dan pengantar paket Paxel, bertugas mengantar paket yang dinanti-nanti. Paket yang membuat penerimanya bahagia"

Mumpung ingat, walau pak Alex masih menjelaskan banyak hal, saya buru-buru mendatangi mba Ica di samping panggung. Mba Ica langsung berinisiatif membantu proses order. 

Cara Order Paxel


1. Create Shipment (Buat Pengiriman)

"Begini caranya mba. Klik Create shipment dan aktifkan GPSnya"





2. Masukkan Lokasi Penjemputan dan Pengiriman

"Trus masukkan deh lokasi penjemputan (pick up) dan pengiriman (send)"


"Masukkan sampai alamat atau lokasi tersebut terdeteksi GPS ya"

"Oh, berarti memang harus tunggu sampai lokasinya muncul di gps ya mba?"

"Iya mba, kalau ngga, ya ga bisa diproses."

"Oh, pantesan kog ga bisa-bisa dari kemaren, saya nulis alamat yang ga ada di gps"

"harus ketemu dulu lokasi di gpsnya mba"

Ya, akhirnya saya paham, kenapa kemaren-kemaren saya ga bisa order, hahaha. Aplikasi ini memang mutlak terhubung dengan gps dan harus online realtime.


3. Masukkan detail alamat dan gedung 

Klik tanda kotak di kanan kolom isian untuk memasukkan alamat lengkap.

Jika semua data dan detail sudah lengkap, klik lanjutkan, sampai muncul halaman yang menunjukkan rincian alamat dan pilihan paket seperti ini


Terrlihat harga paketnya yang flat kan?

4. Klik pilihan paket yang sesuai 

Pilih paket sesuai ukuran dan dimensi paket yang akan dijemput. Jangan khawatir harus bungkus-bungkus, pihak Paxel akan membungkus paket kita ke dalam box. 

Jika ukuran paket tidak masuk kategori small, medium, large, pilih customized.

5. Pilih Type Pengiriman

Geser layar ke bawah dan pilih jenis kirimannya, apakah masuk kategori food, pakaian, dsb.



Setelah pilih terapkan (apply), layar akan kembali menunjukkan layar konfirmasi order.

6. Pilih jam dan hari penjemputan

Jangan lupa memilih waktu penjemputan paket ya, agar sesuai hari dan jam yang diinginkan di lokasi penjemputan.



Nah udah deh proses order tinggal klik lanjutkan aja. Gampang kan?

Paxel ini memang start up logistik berbasis aplikasi. Layanan utama Paxel adalah same day delivery. 

Kelebihan Paxel ada pada layanan sampai di hari yang sama, same day delivery, dengan tarif jauh dekat sama, flat! Ini macam layanan ekspedisi reguler tapi rasa pengiriman ojek online.

Bahagia banget lah para bakul-bakul kue atau makanan. Terutama teman-teman bakulan frozen food. Terpecahkan masalah mereka dalam urusan antar mengantar makanan yang harus sampai dalam sehari, supaya ga keburu basi. Seperti pengalaman pengusaha pempek Kinkin di acara blogger gathering ini.


Mba Sarah merasakan omzetnya semakin meningkat sejak ia bisa kirim-kirim makanan ke lokasi yang lehih jauh dengan ongkos kirim yang jauh lebih murah. Jangkauan konsumennya menjadi lebih luas.

Ngomong-ngomong, apa kabar paket yang saya kirim ya?

Paket yang dikirim ke kabupaten Tangerang itu berhasil sampai hari itu juga. Mantul deh. Mantab betul. Dalam waktu 3-8 jam, paket sejauh apapun, selagi masih wilayah jabodetabek dan Bandung, sampai juga di hari yang sama. 



Ahh, bahagia banget nemu solusi pengiriman frozen food atau makanan yang harus sampai hari itu juga dengan harga flat. Bayangkan, kirim paket kecil dari Jakarta Timur ke Tangerang yang jaraknya nyaris 50 km, cuma kena charge 18.000. Murmer banget kan? Kirim ke Bogor atau Bandung pun bisa sis!

Buat yang penasaran pengen coba kirim-kirim, download aplikasinya di play store atau apple store. Masukkan kode promo @mayasiswadi untuk mendapatkan saldo awal 100ribu yang bisa digunakan untuk kirim barang. 

Update, noted
Buat temen-temen bakulan yang mau kirim-kirim makanan, sebaiknya minta dipickup sebelum jam 12 siang ya, untuk memastikan dikirim pada hari yang sama. 

Normalnya sih pengiriman antara 3-6 jam, tapi bisa jadi sampai 8 jam. Kalau lebih dari 8 jam bisa jadi dihold buat besok, ga mau ambil resiko basi kan? So, better make order under 11am.

18 komentar :

  1. Sangat bermanfaat sekali mbak informasinya, jadi langsung ingin download aplikasinya nih.

    BalasHapus
  2. salut buat inovasinya, pas banget buat para penjual kue soalnya harganya flat dan diterima kustomer dalam 1hari

    BalasHapus
  3. Asik banget nih pake Paxel, apalagi kalo baru download langsung dapet yaa saldo 100 ribu buat kirim2 barang.

    BalasHapus
  4. Asiknya kirim barang sampai hari yang sama.

    Cepat sampai dan harga sama, alhamdullilah untung terus. Paxel

    BalasHapus
  5. Bagus ni mba bisa kirim paket mknan tanpa khawatir JD rusak , mudah pula penggunaan aplikasinya

    BalasHapus
  6. Kalau misal aku mau kirim paket banyak ke bnyak tempat berbeda, itu bisa ga mba dikerjakan dalam satu waktu, ga harus nunggu paket yg satu nyampe dulu gitu maksudnya...

    BalasHapus
  7. Nah ini kayaknya aplikasi paxel ini cocok deh buat aku yang suka malas buat keluar rumah. Waahhh makasih infonya ya mba.

    BalasHapus
  8. Ga kebayang, kerennya penggunaan aplikasi ini, tiba dengan singkat dengan harga terjangkau lha, emang paling pas utk jual beli frozen food

    BalasHapus
  9. Aku bulan kmrn coba kirim pake paxel ga disangka paket ku nyampenya cepat banget

    BalasHapus
  10. Duh pas banget habis donlot paxel jadi tau gimana pakenya. Gampang juga ya ternyata. Selama ini tiap ada kirim orderan pake paxel slalu customer aku yg pesenin. Skrg udah bisa juga deh akunya. Tengkyu mbaaa

    BalasHapus
  11. Bagi aku yg punya bakulan mknan, aplikasi paxel ini jd solusi bgt. Biasanya kan agak puyeng dg harga ongkir yg lumayan mahal klo mau sampai hari itu juga. Dgn tarif flat, lebih ramah dikantong dan konsumen pun jd senang

    BalasHapus
  12. Terima kasih infonya mba, aku abis baca ini bakalan download aplikasi nya nih

    BalasHapus
  13. Sebagai online shop,aku sudah pakai paxel ini dari awal tahun.. ya bulan maret gitu deh.. Mayan lah dia nggak ngitung ukuran. Jd besar kecil sama harganya.. enak pokoknya.. sayang ya udah pernah dapat jg mb aku vouchernya.. hiks jd ga bisa dapat lg

    BalasHapus
  14. Kirim paket nggak pake kesel, ya Paxel. Hehee
    Aku juga udh coba mba,emang keren sih

    BalasHapus
  15. Ini harga same day kemana aja? Aku mau nih.. Kmrn terpaksa ambil orderan ke stasiun UI karena harga ongkir mahal .

    BalasHapus
  16. Untuk bakul makanan pastinya ngebantu banget ya kalau ada pengiriman yang bisa sampai dalam satu hari.

    BalasHapus
  17. Untuk bakul makanan pastinya ngebantu banget ya kalau ada pengiriman yang bisa sampai dalam satu hari.

    BalasHapus
  18. Wah keren neh... boleh dicoba di e-commerce gak mba? Atau online shopping? Jadi pengen download ah. Apalagi diluar sana panasnya ampun deh ngirim barang pakai paxel aja.

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com