Pages

IBX5B48708796EE3

SOCIAL MEDIA

Jumat, 07 September 2018

Cara Cerdas Belanja Smartphone Online

Hari gini, di jaman serba digital, pengennya selalu yang serba mudah, cepat, dan less effort. Ya ga sih? Kalau ada yang mudah, ga perlu repot keluar rumah buat hunting sesuatu, pasti lebih enak kan ya?

Beli sayuran pun kalau perlu online. Saking deh semua sudah serba digital.

Saya sebenarnya generasi old yang lebih suka belanja langsung ketimbang online. Pegang langsung, lihat langsung, bayar langsung.

Tapi ga bisa dipungkiri, menikmati juga perubahan jaman ini. Dalam beberapa hal, saya dan suami termasuk orang yang lebih suka belanja online jika barang yang dicari itu bukan barang umum dan tidak mudah didapat secara offline. Daripada capek ngubek-ngubek pasar, jalan dari mall ke mall hanya untuk mencari benda yang belum jelas keberadaan pastinya dimana, mending cari via online aja yang gampang. Pernah juga suami beli Sound Bass via online, saking udah males ke mana-mana. Sudah beberapa kali kami beli peralatan elektronik secara online.

Alhamdulillah sih sejauh ini belum pernah bertemu kasus yang aneh-aneh semacam penipuan atau produk yang tidak dikirim atau tidak sesuai spesifikasi.

Sebenarnya ada beberapa cara agar belanja online aman, plus hemat. Ini tips ala-ala saya ya, jadi ya situasinya mungkin pada tiap orang ga sama. Tip yang saya tulis ini berdasar pengalaman saya belanja. Boleh diikuti, boleh juga tidak kalau kurang sreg. 

Oh ya, Tip ini juga berlaku kalau mau belanja smartphone secara online ya.


Tip Belanja (Smartphone) Online

1. Cari Tahu Produk yang Dibutuhkan

Sering bingung mau beli produk apa? Mau smartphone apa yang cucok? Sebelum membeli, baiknya pastikan dulu, apa sih yang sebenarnya mau saya cari? Tanyakan pada diri, apa yang saya butuhkan. Baru deh tentuin produk yang cocok

2. Riset Produk

Setelah menentukan produk yang pas, misalnya butuh smartphone yang layarnya besar dengan dual kamera belakang semacam OPPO F7. Lakukan deh riset. Bener ga sih produk ini sesuai yang dibutuhkan. Bener ga spesifikasinya sesuai kebutuhan. Riset deh spek produknya.

3. Riset Harga

Salah satu keuntungan hidup di era digital sekarang ini, semua dipermudah dengan fitur pencarian online. Kita bisa puas mencari tahu harga tanpa harus datang dari satu toko ke toko lain. Bahkan, kalau mau mencari harga smartphone yang termurah diantara toko-toko online terpercaya, juga mudah. Misalnya saya mau cek nih Harga OPPO F7 terbaru yang paling murah, tapi tokonya terpercaya. Tinggal browsing, cari-cari, banding-bandingkan, mana sih yang kira-kira lebih murah dan aman. 




Bandingkan harga antar toko online



4. Hati-hati dengan Tawaran Harga Murah

Ketika browsing harga, bisa saja kita menemukan sebuah toko online dengan harga murah, bahkan bisa saja sangat-sangat murah. Tapi hati-hati lah. Biasa kan untuk mengecek dan membaca spesifikasi produk dan detail syarat dan kondisi dengan teliti. Sebaiknya kita sudah tahu pasaran harga normal sebuah produk, agar tidak terjebak membeli barang murah tapi palsu.

5. Cek Testimoni, Record Pembelian, No Contact, dsb

Saat ingin membeli produk, apalagi elektronik, smartphone, secara online, pastikan untuk meneliti secara detail record pembelian atau penjualan di toko tersebut. Sudah pernah ada yang beli kah? Ada kah testimoni tentang produknya? Pastikan no contact yang bersangkutan untuk lebih yakin. Apakah bisa dihubungi? Apakah no telpon yang tercantum benar ada?

Jika ragu dengan toko online independent, tak ada salahnya belanja via marketplace besar yang sudah terpercaya. Marketplace merupakan sebuah "pasar" online yang menyediakan berbagai kebutuhan dari berbagai macam toko. 

Keuntungan belanja via marketplace, penjual mau pun pembeli tidak bertransaksi secara langsung. Pembeli akan belanja dan transfer uang melalui rekening marketplace. Pihak marketplace tidak akan langsung membayar hak si penjual, sampai si penjual benar-benar mengirim produk dan tidak ada komplain dari si pembeli. Dengan cara ini, pembelian secara online menjadi jauh lebih aman.

Nah, kelima tip di atas merupakan hal-hal yang biasa saya dan suami lakukan sebelum membeli sebuah produk secara online. Kami selalu melakukan riset produk terlebih dahulu, riset harga dulu, benar-benar mengecek mana harga yang lebih murah, dan toko mana yang memberikan diskon lumayan, dsb. 

So, kalau teman-teman ingin belanja online, mungkin bisa coba cara kami di atas. Selamat berbelanja

1 komentar :

  1. Aku pernah manfaatin iprice ini mbk alhamdulillah membantu bgd, informasi yg dijabarin jg cukup lengkap. Asyik dah

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com