Pages

Categories

IBX5B48708796EE3

SOCIAL MEDIA

Rabu, 15 Agustus 2018

7 trik SEO dari workshop mandiri online

Punya blog yang selalu nangkring di halaman 1 mesin pencarinya google dan mendulang ratusan ribu view, siapa yang ga mau? 

Waktu awal-awal ngeblog di tahun 2005, saya ga pernah mikirin tulisan saya dibaca banyak orang, viral, ada di urutan teratas pencarian google, dan sebagainya. Nulis ya nulis aja.

Tapi, ketika saya mulai berpikir lebih jauh untuk moneytize blog, ternyata sekedar nulis aja udah ga cukup lagi.

Saya butuh trik jitu agar blog saya ramai dikunjungi. Saya butuh trik agar blog saya mudah dikenali dan berada di halaman 1 mesin pencarinya google. Saya butuh trik SEO. Search Engine Optimization.

Sebenarnya ilmu SEO itu udah banyak bertebaran di sana sini. Kalau mau rajin search dan tekun mencari, di google itu bertabur ilmu. Cuma, saking banyaknya, kadang malah bingung euuy.

Belajar trik SEO via workshop juga bukan sekali dua kali saya ikuti. Tapi entah lah, saya yang rada lemot, atau kurang pintar menangkap materi? Pada prakteknya tetep weh ga banyak perubahan. Padahal blogger tangsel plus juga pernah bikin workshop bareng Echa, tapi memang sayanya aja yang belum bisa nerapin kali ya. Hahaha.

Kali ini, Selasa tanggal 6 Agustus 2018 lalu, saya kembali ikutan workshop SEO yang diadakan oleh mandiri online dan medialogy.


Mandiri Online


Sebelum workshop dimulai, acara diawali penjelasan tentang Mandiri Online oleh mba Fushiko.


Mba Fushiko yang cantik dan modis ini menjelaskan tentang mandiri online dengan gaya yang rada-rada kocak. Serius, tapi sesekali menghibur kami yang rada-rada ngantuk abis kenyang dicekoki makan siang yang enak-enak.

Apa sih Mandiri Online? Hmm, ini sebenarnya aplikasi mandiri terbaru. Mungkin beberapa orang sudah ada yang menggunakannya ya. Tapi mungkin ada juga yang belum. Pada hakekatnya, aplikasi ini hadir untuk peningkatan pelayanan, menggantikan aplikasi mbanking sebelumnya.

Banyak kelebihan yang ditawarkan aplikasi baru ini. Salah satunya adalah rincian tagihan kartu kredit. Dengan adanya rincian semacam ini, akan memudahkan nasabah untuk mengecek sisa saldo dan mengatur pembelanjaannya.

Selesai menjelaskan mandiri online, acara lanjut ke workshop SEO 

Workshop SEO


Acara yang diadakan di gedung Mandiri Inkubator Bisnis, daerah Blok M, ini menghadirkan mas Rendy Doroii, SEO specialist yang menghandle sites beberapa brand.




Mas Doroii membuka sesi workshop SEO dengan disclaimere "di luar sana ada banyak trik SEO. Ada macam-macam. Kali ini, saya mau mengungkapkan teknik SEO ala saya. Jangan kaget kalau beda ya"

Oke, langsung aja ya saya ungkapkan 5 trik SEO ala mas Doroii.

1. Pasang plugin SEO untuk membantu menganalisa trik SEO yang digunakan sudah cukup bagus atau belum. Mas Doroii menyarankan untuk memasang plugin Yoast. Plugin ini memang khusus wordpress ya guys. Khusus pengguna blogspot dan platform lain, ikuti prinsip-prinsipnya aja.




2. Buat lah konten yang cukup panjang dan berisi minimal 300 kata. Soal ini sepertinya memang sudah disounding banyak ahli SEO ya. 

3. Usahakan kata kunci masuk di judul artikel dan salah satu sub judul yang kita tulis

4. Jangan lupa, selipkan kata kunci di property foto ya guys, masukkan di alt text foto tersebut.

5. Saat membuat meta deskripsi, jangan terlalu panjang, yang penting kata kunci harus masuk.

6. Walau memasukkan kata kunci perlu, tapi ga boleh juga terlalu banyak. Pengulangan kata kunci yang berlebihan (lebih dari 20%) akan dianggap google sebagai upaya spamming). 4-5x pengulangan aja sudah lebih dari cukup.

7. Perhatikan slug alias url link artikel. Jika ingin fokus SEO, url link artikel ini sebaiknya sih langsung tulis kata kunci. Jadi, default url yang biasanya mengikuti judul, ganti sesuai kata kunci yang sedang difokuskan. Kalau perlu langsung tulis fokus keywordnya aja, misalnya https://bunda3f.net/mandiri-online.html. Oh ya, koreksi default url ini sebaiknya dilakukan sebelum publish ya manteman.

Sebenarnya ada banyak sih trik SEO yang diungkapkan mas Doroii, tapi 7 hal ini yang perlu banget digaris bawahi. Malah ada yang baru saya denger seperti kata kunci yang kebanyakan itu. Intinya sih ketika menulis artikel, ga boleh mengulang-ulang sebuah kata yang ditujukan sebagai fokus keyword, berkali-kali, malah dianggap spamming.

Lomba blog dan SEO 


Dapat ilmu SEO, tapi pengen dapat hadiah juga? Beklah. Mandiri ngadain lomba blog SEO nih. Temanya tentang pengalaman menggunakan mandiri online. Hadiahnya kece-kece lho. Ada Laptop, kamera, sampai voucher belanja. Asyik kan?




Ga suka ikut kategori SEO? Bisa kejar kriteria konten kreatif. Tetap tema yang sama, tapi yang dinilai kreatifitas alias bobot kontennya. Hadiahnya juga sama kog. Jadi nanti pemenangnya ada 2 kategori. SEO & NON SEO.


Yuk yuk yang mau ikutan lomba blognya, langsung kunjungi

bit.ly/lombaseomandiri

1 komentar :

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com