Pages

Categories

IBX5B48708796EE3

SOCIAL MEDIA

Senin, 30 Juli 2018

Montessori Haus Asia Ajarkan Metode Montessori

Setiap anak itu unik, setuju mam?  Masing-masing anak punya journey-nya. Tahapan perkembangan tiap anak tidak sama. Hakikatnya, perlakuan, pendidikan, dan stimulasi yang diberikan pada tiap anak pun tidak bisa dipukul rata.

Faldi dulu sudah bisa mulai duduk di usia 5-6 bulanan, sementara Ferdi di usia 6-7 bulanan, Falda di usia 7 bulanan. Faldi sudah mulai menggenggam sendok di sekitar usia 6-7 bulan, Ferdi dan Falda di usia yang berbeda. Mau ga mau, saya memperlakukan mereka sesuai tahap kesiapan masing-masing.

Konsep dasar pendekatan personal dalam memberikan pendidikan, dianut oleh metode montessori. Salah satu metode pengajaran tertua, yang sudah ada sejak 1 abad lalu. Metode yang dirumuskan oleh Maria Montessori pada tahun 1900an.

Walau sudah seabad, metode pengajaran ini masih dipakai untuk pendidikan usia dini.

Di Indonesia, hanya sekolah-sekolah tertentu saja yang menerapkan metode montessori ini dan umumnya berbiaya lumayan. Kini, ada Montessori Haus Asia dari Siingapura yang khusus membuka kelas pelatihan metode Montessori buat siapa saja yang mau mempelajarinya. Mau ibu rumah tangga atau guru PAUD pun bisa mengikuti kelasnya.

Pada 22 Juli 2018 lalu, saya dapat kesempatan singkat untuk mengikuti workshopnya.


Suasana pelatihan singkatnya seru banget. Kami dikenalkan beberapa metode Montessori sederhana, misalnya bagaimana mengenalkan bilangan puluhan, ratusan, hingga ribuan

Sesuai konsep metode montessori yang mengutamakan pengenalan sesuatu dengan mengkonkritkan sesuatu yang abstrak. Misalnya memperlihatkan balok-balok berisi angka.


Menurut Mr. Alan, CEO Montessori hause Asia. Metode Montessori bisa lho dikenalkan sejak dari dalam kandungan. Perkenalannya juga dari hal-hal sederhana aja. Misalnya pengenalan pada kegiatan sehari-hari seperti menyapu.


Siang itu, sebelum acara mulai, saya sempatkan dulu menyantap Nasi ayam gepuk yang super empuk. Rasa ayamnya enak, tulangnya lunak. Sambelnya juga ga terlalu pas. Cukup lah pedasnya untuk saya dan Falda yang siang itu ikut saya.



Sebelum acara berakhir, saya dapat info tentang Interlac. Akhirnya, setelah sekian lama mendengar tentang prebiotik yang satu ini, akhirnya kesampaian juga. Prebiotik ini biasa digunakan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Bagus untuk yang sedang dalam masa pemulihan diare.

1 komentar :

  1. Tertarik sekali aku dengan metode belajar dari Itali ini. Mengikuti kemauan belajar anak tanpa paksaan dari orang tua.

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com