Pages

IBX5B48708796EE3

SOCIAL MEDIA

Kamis, 26 Juli 2018

5 Hal yang Harus Jadi Pertimbangan Saat Membeli Rice Cooker

Rice cooker menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Aktivitas menyiapkan makanan menjadi makin praktis dengan adanya rice cooker ini. Kita cuma perlu menanak nasi menggunakan rice cooker dan leluasa mengerjakan hal lain. Rasanya tidak perlu lagi khawatir nasi akan gosong. Secara otomatis, ketika nasi telah matang, maka suhu rice cooker beralih menjadi penghangat.

Saat ini banyak sekali merk rice cooker dengan kelebihan masing – masing. Misalkan saja, rice cooker dengan merk philips yang terkenal berkualitas bagus dari sisi keawetan dan panci anti goresnya. Jadi sangat wajar rasanya jika harga rice cooker philips sedikit lebih mahal dibandingkan merk lainnya. 


Khusus bagi teman-teman yang berencana membeli rice cooker, jangan lupa mempertimbangkan hal berikut ini ya:


1. Seberapa Hemat Daya Listriknya


Rasanya sangat disayangkan jika rice cooker yang mau dibeli membutuhkan daya listrik yang terlalu besar. Selain menyebabkan membengkaknya tagihan, kebutuhan daya listrik yang terlalu besar akan menyebabkan tidak cukupnya daya listrik. 

Tentunya sangat tidak nyaman ketika daya listrik seringkali mati mendadak karena kebutuhan daya listrik tidak dapat terpenuhi. Untuk itu, ada baiknya memilih rice cooker yang membutuhkan daya listrik rendah supaya pengeluaran bisa lebih terkontrol. 

Kalau daya listrik rice cooker yang kita incar rendah, maka pemakaian listrik akan lebih irit, ya ga sih?


2. Belilah Rice Cooker Sesuai Kebutuhan


Membeli rice cooker sesuai kebutuhan yang dimaksud yakni bagaimana memilih produk sesuai dengan kebutuhan. Misalkan saja, saya butuh rice cooker yang tidak cuma bisa digunakan untuk menanak nasi saja, maka tentunya mesti membeli rice cooker dengan teknologi terbaru. 

Rice cooker dengan kualitas premium biasanya juga bisa digunakan untuk mengukus kue, memasak sayuran, bahkan bisa juga untuk merebus mie instan. Semakin bagus kualitasnya, maka semakin tinggi juga harganya. 


Sssst, rice cooker yang saya gunakan bisa untuk masak nasi uduk, bubur ayam, hingga bubur ketan item loh.


Beginilah kelakuan emak malas masak. Memanfaatkan rice cooker buat bikin nasi uduk. Tinggal cemplang cemplung bahan aja, yang penting ada santan. Itu pun santan instan. Kalau anak-anak lagi libur di rumah gini memang harus siap aneka masakan, pelipur lapar. #NasiUdukRiceCooker ala Bunda 3f Bahan : 1 ltr beras 1 ltr air 1/2 bungkus santan cair instan 3cm lengkuas, geprek 1 batang sereh, ambil putihnya, geprek 2-4 lembar daun salam 2-3 lembar daun jeruk, robek2 2 siung bawang putih, geprek/uleg kasar 2 siung bawang merah, geprek/uleg kasar 1,5 sdm garam Sejumput gula sbg penyeimbang rasa Cara : 1. Cuci bersih beras, masukkan ke dalam wadah rice cooker 2. Campur santan cair instan dan air, aduk rata, tuang dalam wadah rice cooker yang sudah diisi beras 3. Masukkan semua bahan bumbu 4. Hidupkan rice cooker, jangan lupa tekan tombol cook ya 5. Setelah 15-20 menit buka tutup rice cooker, aduk-aduk beras hingga ke dasar, agar santan tercampur rata, karena santan akan cenderung mengumpul di bagian atas saja. Hati-hati panas ya 6. Saat nasi matang, tombol cook sudah berpindah ke warm, aduk-aduj kembali nasi agar santan tidak mengumpul di atas. 7. Biarkan dulu proses pemasakan di tombol warm hingga 10 menit setelahnya 8. Sesaat sebelum disajikan, aduk-aduk kembali agar bagian bawah tidak kering & gosong Taraaa..nasi uduk siap disajikan. Tinggal siapkan lauk pelengkap sesuai selera. Tempe orek, semur tahu tempe telur, telur dadar, gorengan, sambal, kerupuk, dst sesuai selera. Kadang kalau ga ada stok lauk, cukup telur dadar iris aja sama tempe goreng sudah cukup Selamat pagi teman, have a nice day #Receipt #ResepNasiUduk #Resep #NasiUduk #Foodlover #foodies #IndonesianBreakfast #Idfb #Instafood #Foodpic #Foodmagz
A post shared by advencious.com (@advencious) on


3. Pastikan Rice Cooker Gampang Dibersihkan


Rice cooker umumnya digunakan setiap hari, untuk itu wajar sekali jika cepat kotor. Umumnya, bagian yang perlu secara rutin dibersihkan adalah bagian tutup dan bagian yang dekat dengan tempat uap. Jangan lupa mencabut arus listrik terlebih dahulu sebelum membersihakan rice cooker. 



Salah satu merk rice cooker yang mudah dari segi perawatan kebersihannya adalah merk philips. Bagian tutup dalam rice cookernya bisa dicopot dan dicuci. Ini berguna jika hendak memasak bubur atau nasi uduk. Percikan bubur atau santannya bisa mengenai tutup atas bagian dalam rice cooker. Ini harus dibersihkan saat akan digunakan kembali, agar nasi baru yang dimasak, tidak terkontaminasi sisa percikan bubur, nasi uduk, nasi kuning, dan sebagainya. 

Jika ada bagian dalam rice cooker yang masih menyisakan kotoran atau sisa makanan, akan membuat nasi yang baru dimasak cepat basi. Bakteri yang berkembang dari sisa makanan sebelumnya akan mengontaminasi makanan baru. Jadi,  pastikan benar-benar bersih, sebelum digunakan kembali. So, wajar jika harga rice cooker philips juga terbilang lumayan. Tapi, jika berkualitas dan awet, worthed kan? Tinggal pilih awet atau murah?

Rice Cooker bisa buat masak bubur
Rice Cooker bisa buat masak bubur


4. Perhatikan Detail Kondisi Rice Cooker


Pernahkan membeli sesuatu dan ketika memeriksanya di rumah, baru sadar ada cacat atau lecet? Padahal ketika memilihnya di toko, sekilas tampak bagus dan mulus. Umumnya, kita tidak begitu detail memperhatikan kondisi fisik rice cooker yang dibeli. 


Perhatian kita akan lebih fokus untuk memilih merk, ukuran bahkan motif rice cooker. Selain memperhatikan kondisi fisiknya, kita juga perlu memastikan elemen – elemen pada rice cooker berfungsi dengan baik. Dengan begitu, tidak perlu repot mengurus proses klaim ketika terjadi kerusakan dalam masa garansi.


5. Berapa Ukuran Rice Cooker yang dibutuhkan?


Ukuran rice cooker sangat perlu ditetapkan sebelum memilih rice cooker. Umumnya ukuran rice cooker semakin besar maka semakin mahal. Perkirakan berapa banyak nasi yang dibutuhkan dalam sehari. Dengan begitu, tidak perlu berulang kali membuat nasi dalam satu hari. 


Namun jika kebutuhan nasi terbilang sedikit, anda bisa memilih rice cooker dengan ukuran kecil atau sedang. Dengan begitu, rice cooker tidak akan terlalu memakan space karena ukuran yang besar.

Nah, kira-kira itulah 5 hal yang harus jadi pertimbangan saat membeli rice cooker. Adakah teman-teman yang mempunyai pengalaman sama? Atau punya tip lain dalam memilih rice cooker?

4 komentar :

  1. Zaman sekarng Rice Cooker memang dibutuhin banget ya ....

    BalasHapus
  2. Biasanya aku lupa nih memperhatin daya listriknya, nanti pas mau masak tiba-tiba mati lampu semua,kan jadi repot...

    BalasHapus
  3. Saya sering banget pas sudah dibawa pulang ternyata banyak lecetnya, jadi kan harus kembali lagi ke tokonya.tapi untungnya ada garansi....

    BalasHapus
  4. tipsnya bermanfaat banget,terima kasih admin:)

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com