Pages

IBX5B48708796EE3

SOCIAL MEDIA

Senin, 25 Juni 2018

Wakaf Qur'an, Upaya Menebar untuk Negeri

Islam di Indonesia menjadi agama mayoritas. Umat muslim di Indonesia ini jumlahnya sangat banyak. Tapi, dari sekian banyak umat muslim itu, hanya sedikit yang mempunyai Alquran. Bahkan ada juga yang buta Qur'an. Sedih ga sih?

Wakaf Quran





Nah, sejak tahun 2008, PT. Sinar Mas, melalui anak perusahaannya, Asia Pulp & Paper (APP) melakukan Wakaf Quran untuk Negeri. 

Apa saja yang sudah disalurkan?
800 ribu mushaf Alquran 
50.000 buku panduan membaca Alquran dan Juz Amma 
300 set Alquran Braille untuk tuna netra. 

Bulan Mei 2018 lalu, PT APP melakukan wakaf Quran kepada beberapa lembaga, mulai pemerintah kota, kepolisian, hingga pondok pesantren. Salah satunya Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Jombang, Jawa Timur. 

Penyaluran Wakaf Quran ini dilakukan melalui mitra, maupun pilar bisnis Sinar Mas yang tersebar di berbagai wilayah. Semua Alquran yang diwakafkan itu dicetak di atas kertas Sinar Tech. 

Qur'an Paper


Kertas yang digunakan untuk wakaf quran ini dikenal juga sebagai Quran Paper (QPP) yang dikembangkan oleh Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tangerang, khusus digunakan untuk pencetakan kitab suci dan buku agama. 

Oh ya, agar layak digunakan sebagai kertas dalam sebuah kitab suci, kertas yang digunakan harus memenuhi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia. Apalagi untuk digunakan mencetak Al-Quran yang berisi kalam, firman Allah SWT.
Ga bisa main-main kan? 

Qur’an paper (QPP) dikembangkan dengan mengutamakan aspek halalan toyyiban atau produk yang halal dan baik. Sebuah produk halal terjadi lewat rangkaian proses panjang.

Apa saja yang harus halal?
1. Halal bahan baku 
Bahan baku pembuat kertas yang digunakan harus lah dari bahan yang halal
2. Halal proses pembuatan dan peralatan yang digunakan 
3. Halal pula proses penyimpanannya 

Prinsipnya, mulai dari mesin, harus terbebas dari najis. hingga dalam penggunaan bahan baku. 

Barang yang baik harus dihasilkan melalui proses yang baik

Berhubung bahan baku dan proses produksinya sudah memenuhi kaidah kehalalan, 90 persen produksi APP ini sampai di ekspor ke berbagai negara Asia dan Afrika lho. Keren kan?

Qur’an paper (QPP) Sinar Tech yang diproduksi oleh PT. Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tangerang Mill, merupakan kertas berwarna dengan tekstur halus, daya serap tinta yang baik, dengan tingkat pencerahan warna yang maksimal. 

Dengan desain khusus untuk bahan dasar kitab suci Al-Qur’an, yang memiliki spesifikasi :
High Smoothness, tingkat kehalusan sangat tinggi, 
High Opacity, menjadikan tulisan
tidak berbayang meski dicetak bolak-balik, 
High Average, pori-pori kertas menyebar secara merata, menjadikan setiap titik dan huruf Al-Qur’an dapat tercetak maksimal di setiap bagian. 

Walaupun halus, QPP sanggup mendukung percetakan hingga 15.000 lembar per jam dengan ketahanan dan warna kertas yang bisa bertahan sampai 100 tahun jika pemakaian normal. Wuiih, lama juga ya bisa bertaham sampai 100 tahun.

Kehalalan dan berbagai kelebihannya terjamin melalui sertifikat Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ISO 9706 yang telah dilabelkan pada produk QPP Sinar Tech.


Sejarah Nama Qur'an Paper (QPP)


Nama QPP muncul tahun 2002-2003, saat IKPP Tangerang berinovasi mengembangkan dan memasarkan kertas bewarna, salah satunya pastel, creamish paper.


Saat creamish paper mulai ditingkatkan kualitasnya memasuki pasar Timur Tengah, belum ada nama yang terpilih. Klien dari Pakistan mencetuskan ide untuk memberi nama sesuai peruntukannya, mencetak Al-Quran. Akhirnya, terciptalah nama Qur’an Paper (QPP). 

Untuk memenuhi ketentuan ekspor yang mensyaratkan produk dengan 3 huruf, maka dipatenkanlah nama QPP. Dalam perkembangannya, merek ini menjadi salah satu yang paling dominan, seperti tampak dari konsumen yang juga menyebut produk sejenis dari perusahaan lain dengan nama sebagai QPP.

1 komentar :

  1. mantep dapat wawasan pencerahan baru. yang sebelumnya aku tuh belum tahu. pas baca ini jadi tau.

    ngga rugi baca ini dapat ilmu dah...

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com