Pages

Categories

IBX5B48708796EE3

SOCIAL MEDIA

Minggu, 13 Mei 2018

Alfatrex, Solusi Baru Pengiriman Barang

Antrian di kasir Alfamart malam itu menyisakan 3 orang. Sambil menunggu, saya melempar pandangan ke arah luar. Pandangan saya lantas tertumbuk pada truk box berwarna putih bertuliskan Alfamart di sisi kiri dan kanannya. 

Beberapa pegawai Alfamart tampak sibuk menurunkan keranjang berisi aneka produk, memeriksa isinya, menghitungnya, lalu mencatat dan menuliskannya di selembar kertas, sepertinya daftar check list barang yang dikirim. 

Saya terus mengamati truk ekspedisi yang bolak balik menurunkan barang."ah, coba kiriman paket bisa dititip ke kurirnya, sekalian jalan kirim barang ke beberapa toko Alfa yang lain, pakai truk ini", gumam saya dalam hati. Teringat paket yang sudah ditenteng ke sana sini, tak kunjung sempat ke agen pengiriman.


Eh kog ya pemikiran ini seolah "terbaca". Selang beberapa minggu berikutnya, hadir Alfatrex.

Ngobrol Bareng Alfa Digital


Senin, 7 Mei 2018 lalu saya mendapat undangan dari Kumpulan emak-emak blogger (KEB) untuk menghadiri talkshow "NgobralNgobrol bareng Alfa Digital", di The Pallas, SCBD, Jakarta Selatan.


Acara yang dipandu Bayu Oktara dan Andara Agustien ini diawali pemaparan perkembangan digital bisnis di Indonesia oleh Bapak Bambang Setyawan Djojo, Direktur Internasional Bisnis & Teknologi Alfamart. 

Menurut pak Bambang, pertumbuhan bisnis online di Indonesia ini luar biasa. E-commerce semakin banyak, konsumennya (e-shopper) pun terus bertumbuh, hingga 24%, lebih tinggi bahkan dari Australia, U.K, maupun U.S. Semakin meningkatnya pembelian online di Indonesia ini sampai menarik minat pemain e-commerce asing untuk masuk meramaikan pasar Indonesia, menambah ketat persaingan bisnis online. 

Pembelanjaan online meningkat, tentu berdampak pada meningkatnya kebutuhan akan layanan pengiriman, alias logistik. Tak heran jika jasa pengiriman makin dibutuhkan. Hal ini diakui oleh Bapak Donny Maya Wardhana (e-commerce & logistic practitioner), dan Bapak M. Feriadi (Chief of Asperindo). Menurut mereka, peluang di pasar ini masih terus terbuka lebar, seiring meningkatnya jumlah pemain e-commerce dan kebutuhan jasa pengiriman.


Talkshow dengan pelaku dan konsumen e-commerce & logistik
Talkshow dengan pelaku dan konsumen e-commerce & logistik 

Ibu Lisa Widodo, spv operations & product management Blibli.com juga menyebutkan, pesatnya pembelian secara online membuat mereka harus bekerja sama dengan banyak pihak untuk menunjang logistik. Salah satunya Alfamart.

Mira Sahid, founder Kumpulan Emak-emak Blogger pun tak kalah seru bercerita, para emak-emak blogger kini lebih suka belanja online ketimbang offline. Lebih hemat waktu dan tidak pusing mikirin parkir. Hahaha, ini iya banget. 

Saya pun lebih suka belanja online ketimbang panas-panasan dan macet-macetan di jalan. Selagi barang dalam proses pengiriman, saya bisa santai-santai di rumah, masak atau main sama anak, ga habis waktu di jalan. Waktu bisa lebih banyak untuk anak-anak dan suami.

Memang sih, belanja online ga seperti belanja offline yang bisa langsung bawa pulang barang saat itu juga. Pembeli harus sabar menanti 1-2 hari hingga barang sampai di tangan. Cara menyiasatinya ya dengan manajemen waktu, beli barang yang dibutuhkan, jauh-jauh hari sebelumnya.


Launching Alfatrex


  Launching Alfatrex, solusi baru pengiriman barang
Launching Alfatrex, solusi baru pengiriman barang

Bagaimana kalau butuh barangnya buru-buru? Sekarang kan semua udah mudah, kalau mau barangnya sampai hari ini juga, tinggal pilih deh pelayanan Same Day Service (SDS). 

Alfatrex yang baru aja diluncurkan ini punya pasukan kurir khusus yang akan melayani jasa SDS. Jadi ga perlu khawatir, dalam waktu kurang dari 15 jam, produk yang kita pesan melalui e-commerce yang bekerja sama dengan Alfatrex, akan sampai ke tangan.

Hadirnya Alfatrex tentu saja untuk menjawab kebutuhan akan jasa pengiriman barang yang makin besar. Pak Bambang Setyawan mengatakan, perubahan pola konsumsi belanja online, membuat Alfamart digital business makin tertantang untuk menjawab kebutuhan di bidang logistik.


Alfatrex punya pasukan kurir khusus untuk pengantaran barang
Alfatrex punya pasukan kurir khusus untuk pengantaran barang

Selain SDS, Alfatrex juga menyediakan layanan Next Day Service (NDS), Reguler Service (RGS), dan Economy Service (ECS). 

Kalau butuh buru-buru, tinggal pilih layanan SDS atau NDS. Kalau ga, ya tinggal pilih yang reguler aja. Kalau kirimannya banyak dan berat, bisa pilih layanan economy supaya lebih irit ongkir.


Cara Pengiriman Barang/Paket Melalui Alfatrex


Oh ya, yang agak unik, untuk pengiriman barang / paket melalui Alfatrex, konsumen bisa melakukan self service. Masukkan sendiri ordernya.




Login ke www.alfatrex.id
Masukkan detail nama dan alamat pengiriman
Masukkan perkiraan jumlah berat, jika kurang dari 1 kg, tetap dihitung 1 kg.  
Masukkan dimensi barang (panjang, lebar, tinggi).
Pilih sendiri jasa layanan yang diinginkan 
Simpan data yang sudah dimasukkan
Dapat Kode Booking

Setelah dapat kode booking, konsumen bisa datang ke toko yang paling dekat lokasinya dengan rumah, atau lokasi Alfa grup mana pun, Alfamart, Alfamidi, atau Dan+Dan Store. Nah ini pengalaman saya waktu mengirim barang ke teman saya yang tinggal di daerah Cibubur. Paketnya saya kasih si mbak kasir. Mbaknya sadar kamera pula waktu saya foto :)


Kasih paketnya ke kasir
Kasih paketnya ke kasir
Berikan kode booking dan paket pada kasir, bayar, dapat nomor Air Way Bill (AWB) tinggal nunggu dikirim deh. No AWB bisa digunakan untuk melacak keberadaan paket.



Dapet struk berisi no AWB, dapet bonus minuman dingin euuy, lagi promo Mei 2018
Dapet struk berisi no AWB, bonus minuman dingin euuy, promo Mei-Juni 2018

Oh ya, ternyata selama 1 Mei - 30 Juni 2018 ada promo seru nih untuk pengiriman paket menggunakan alfatrex, dapat 2 minuman botol dingin. Wa, asyik banget yaa. Nemu promo ini di instagram alfatrex. 




Emang ini udah paling bener deh, ga percuma kan Alfamart punya 13.500 jaringan toko di seluruh Indonesia. Lokasi tokonya bahkan bisa lebih dekat ketimbang lokasi ekspedisi biasa. Konsumen bisa memilih mendatangi jaringan Alfamart yang mana saja, entah Alfamart, Alfamidi, atau Dan+Dan Store.

Layanan Store to Store





Pak Bambang menyebutkan, dengan gaya hidup kaum milenial yang sibuk dan jarang ada di rumah, Alfatrex pun menyediakan layanan Store to Store

Paket dikirim dari toko alfamart ke jaringan alfamart tujuan sesuai pilihan konsumen. Jadi, konsumen bisa pilih ambil paket di jaringan Alfamart terdekat dari rumahnya, sesuai jam buka toko. So, mau ambil paket malam-malam pun bisa euyy. Kalau ketemu jaringan Alfa yang buka 24 jam malah bisa ambil kapan saja, tengah malam, atau pagi sekali pun.

Hmmm, seru juga nih, solusi buat saya yang jarang ada di rumah dan pernah kehilangan paket gara-gara paket datang saat tak ada satu orang pun di rumah. Mudah-mudahan dengan cara seperti ini, paket saya bisa lebih aman. 


Ya, tetap ada kog pilihan Door to Door atau Store to Door seperti layaknya ekspedisi lain yang diantar sampai ke rumah. Konsumen tinggal memilih, mau diantar ke rumah, atau mau diambil ke jaringan Alfamart terdekat rumahnya. Asyik kan?

3 komentar :

  1. di depok udah ada ini mak, aku belum nyoba layanannya soale masih tebak2 buah manggis itu alfatrex apa ya :) thanks mak untuk ulasannya

    BalasHapus
  2. mengatar barang jadi dekat dengan alfatrex, apalagi alfa sudah terkenal dan terpercaya

    BalasHapus
  3. Alfatrex menjadi solusi buat emak-emak yang suka belanja online ya, Bu. Hehe

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com