Pages

Categories

IBX5B48708796EE3

SOCIAL MEDIA

Minggu, 18 Maret 2018

Kata-kata Motivasi Pembangkit Gairah Hidup

Kata-kata Motivasi Pembangkit Gairah Hidup. Bolak balik mengalami kegagalan dalam hidup, biasanya akan membuat orang merasa terpuruk, kehilangan harapan, merasa paling menderita sedunia, dan mudah putus asa. Bahkan saking putus asanya, ada yang sampai memutuskan untuk mengakhiri hidup. Naudzubillah min dzalik.

Padahal, ada banyak hal yang masih bisa dilakukan untuk mengubah hidup. Ada banyak orang yang hidup susah dan menderita, tak punya cukup uang, terlilit hutang. Namun tetap survive.


Value Your Life


Hargai hidupmu, seberapa susah pun itu!


Pak Onggy Hianata
Pak Onggy Hianata 

Kata-kata ini terus memenuhi kepala saya sejak minggu lalu. Insight yang saya dapat setelah bertemu sosok Onggy Hianata.

Sore itu, 14 Maret 2018, saya hadir ke acara Meet & Greet, Temu Kenal, dengan sosok inspiratif (beliau tidak mau disebut motivator), di EV Hive D`Lab, Menteng.  

Terus terang, saat ini saya sedang merasa sangat-sangat terpuruk. Usaha kami bolak balik gagal, pendapatan minim, uang sekolah anak-anak sudah beberapa bulan menunggak.


Saya tak ingin berkeluh kesah. Saya tak bisa cerita pada siapa-siapa, bahkan pada mama-papa atau adik saya sekali pun. Saya tak ingin mereka bersedih. Cukup tahu yang baik-baiknya saja. Walau hati ini ingin rasanya menjerit.

Siapa bisa tersenyum kala beras tinggal setengah liter, persediaan lauk tinggal dua butir telur, dan uang di tangan tak lebih dari 30 ribu? 


"Saya hampir saja lompat dari kereta yang sedang berjalan" seru Yulianto, SE. 

Yulianto, SE, memberi kesaksian
Yulianto, SE, memberi kesaksian

"Tapi, saya terus teringat-ingat wajah Pak Onggy dan kata-katanya saat mengikuti bootcamp pada tahun 2008. Masa baru gagal usaha sudah bikin saya nyerah? Akhirnya, saya ingat wajah ibu saya, memaafkan ayah saya, memperbaiki hidup hingga menikah dan punya anak"

Kesaksian Yulianto ini menghentakkan saya. Ya Allah, terima kasih sudah diberi kesempatan hadir di acara ini. Terima kasih sudah bisa bertemu sosok-sosok hebat yang menginspirasi. Saya tidak sendiri! Bukan cuma saya yang punya masalah di dunia ini.

Sebelumnya, Dr. dr Erry Gautama dan istri pun turut memberikan testimoni. Hidup mereka menjadi jauh lebih bermakna setelah  mengikuti bootcamp. Dua anak mereka pun sukses sebagai dokter.

Keluarga Sudarmono yang nyaris menuju pengadilan agama untuk ketok palu perceraian, berbalik menjadi harmonis dengan anak-anak yang sukses dengan karirnya. 



Semua bermula dari Bootcamp.


Apa sih Bootcamp?


Rasanya saya pernah mendengar bootcamp ini dari teman saya. Tapi saya ga terlalu paham juga. Cuma mendengar sekilas aja.

Rupanya, bootcamp adalah upaya Pak Onggy untuk berkontribusi bagi negara, wujud dari rasa terima kasih. Membayar kembali (payback) berkah melimpah dari Tuhan yang sudah diberikan kepadanya selama ini.

Sejak tahun 2003, pak Onggy mendirikan Edunet global yang fokus di bidang edukasi yang tujuannya membantu banyak orang untuk memperbaiki hidup, menghargai potensi yang dimilikinya, hingga mampu mengaktualisasikan potensi tersebut dengan baik.

Bootcamp diadakan tiap tahun di sebuah kawasan Puncak selama 3 hari. Pesertanya sudah ribuan orang dari berbagai negara. Tak kurang dari 75 negara dari 5 benua, pernah menjadi peserta.

Rata-rata hasil lulusan bootcamp mengalami perubahan yang luar biasa. Mereka menjadi lebih menghargai hidup. 

Ada yang gagal bercerai, gagal mengakhiri hidup, lepas dari ketergantungan rokok, menjauhi alkohol, tak tergantung obat-obatan, lepas dari narkoba, sukses dalam karir, mampu membangun usaha, dan hidup lebih baik.


Jangan menyebutnya kegagalan, sebut itu sebuah proses menuju kesuksesan - Onggy Hianata




Film Terbang Menembus Langit






Sosok menginspirasi seperti pak Onggy Hianata ini tentu menarik untuk diangkat ke layar lebar. 

Tak heran, sutradara beken sekelas Fajar Nugros pun tertarik untuk mengangkat kisah bapak dua anak kelahiran Tarakan, 55 tahun lalu.

Setelah berbincang-bincang, berdiskusi, dan mempelajari lebih dalam sosok pak Onggy, lahir lah film Terbang Menembus Langit yang diperankan dengan apik oleh Dion Wiyoko dan Laura Basuki.

Film ini menggambarkan perjalanan Onggy kecil, anak ke 8 dari 9 bersaudara, yang hidup serba kekurangan di sebuah kota kecil di perbatasan Kalimantan Timur (sekarang menjadi wilayah Kalimantan Utara). Ayahnya hanya lah pegawai toko kelontong.

Saking miskinnya, Onggy baru masuk sekolah ketika kelas 3 SD. Saat remaja, Onggy merantau ke Surabaya untuk memperbaiki hidup, menjajal aneka pekerjaan dan usaha. Namun hidupnya tak lebih baik. Bolak balik ia gagal, hingga ditipu rekan bisnis. Rugi puluhan juta rupiah. 

Onggy pun memutuskan hijrah ke Jakarta, memulai peruntungan baru. Ia sukses dengan bisnis koin emas dan berbagai investasi. Berkat kesuksesan yang diraihnya, pak Onggy merasa terpanggil untuk berbagi kepada banyak orang. Maka, lahir lah Edunet Global.

Walau berkali-kali gagal, satu hal yang selalu diingat-ingat dari ayahnya sebelum meninggal "Jaga nama baik dan integritas".


"Tanpa integritas, tak akan bisa sukses", sebut Pak Onggy


Welnote pak Onggy, akan selalu saya ingat. Kata-kata motivasi pembangkit gairah hidup memang bisa membuat seseorang yang bahkan sudah down, bangkit kembali meraih mimpinya. 

Semoga, siapa pun yang sedang terpuruk hidupnya, tak mudah putus asa seperti pak Onggy. Tetap semangat terbang menembus langit!

13 komentar :

  1. Amiin...
    Sayangnya jadwal roadshownya nggak ada yang ke Malang.
    Jadi penasaran pengen lihat filmnya.

    BalasHapus
  2. Cerita film yang diangkat dari kisah nyata sepertinya bagus ya, memotivasi agar orang terus berusaha mengejar cita-citanya

    BalasHapus
  3. Jadi gak sabar nih pingin nonton filmnya. Saya suka kalau film yang memotivasi gini.

    BalasHapus
  4. Film yang bakal jadi penyemangat, wajib nonton.

    BalasHapus
  5. Jadi film ini dari kisah nyata ya? Jadi makin penasaran gimana filmnya nanti.

    BalasHapus
  6. Aku penasaran bngt sama bootcampny tehnikny gmn bs merubah karakter org2, mdh2an kita bnr d undang y,,kali aja aku knpingin sukses mba maya juga kan๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  7. Hargai Hodupmu! seberapapun susah nya ... aku suka sekali quote ini, harus banyak bersyukur yah kita

    BalasHapus
  8. Ceritanya sangat memotivasi. Mencoba utk tidak mengeluh ya.

    BalasHapus
  9. Acara inspiratif, sxan nonton langsung film yg mengandung pesan serta motivasi

    BalasHapus
  10. Mbak Maya, semoga keluarga dapat melalui tantangan dari Allah ya. Bagiku tantangan usaha seret atau semacamnya ini sebagai bagian dari tes kenaikan level. Insya Allah dapat melaluinya dan bertambah iman, semakin mendekat pada Allah. Aamiin.

    BalasHapus
  11. Pak yulianto ini humble banget loh mba. Pertama ketemu tapi beliau nyapa dan perkenalkan diri duluan. Nggak nyangka kalo kisah hidupnya seberat itu

    BalasHapus
  12. Bangkit dari keterpurukan itu tdklah semudah yg dipikirkan. Membutuhkan kegigihan dan kesadaran utk memperbaiki keadaan. Pengen ikut bootcamp

    BalasHapus
  13. Terkadang saat kita terpuruk atau merasa bimbang motivasi adalah penyemangat dlm hidup

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com