Pages

SOCIAL MEDIA

Rabu, 22 November 2017

Mengunjungi Pameran Pendidikan Islam IIEE 2017

Sekarang ini, pendidikan Islam sudah tidak lagi selangka dulu. Mencari sekolah Islam sekarang ini semudah membalik telapak tangan *ehh. Karena hampir di tiap daerah ada saja sekolah Islam yang didirikan. Baik itu sekolah Islam Terpadu, pondok pesantren, maupun perguruan tinggi Islam. 

Wajar aja sih, mengingat Negara Indonesia ini mayoritas penduduknya Muslim. Wajar kalau pendidikan Islam bertebaran di Indonesia, ya ga sih?


Nah, yang jadi masalah sebenarnya, bagaimana menemukan pendidikan Islam yang tepat? Entah itu tepat biaya, tepat kurikulum, atau sesuai visi misi orang tua. 


Mungkin aja dari segi fasilitas, sarana prasarana cucok, tapi ga cocok dengan metode pengajaran yang ditawarkan, atau ga cocok dengan iklim budaya sekolahnya, atau ga cocok dengan kurikulum yang diajarkan, atau ga cocok dengan lokasi atau biaya yang dibebankan?


Banyak pertimbangan memang dalam memilah milih sekolah, apalagi urusan pendidikan tinggi. Hunting-hunting sekolah itu jadi wajib hukumnya. Membanding-bandingkan antara satu sekolah dengan sekolah lain itu jadi semacam keharusan.


Untuk itulah kementerian agama RI membuat langkah maju dengan menyelenggarakan International Islamic Education Expo yang diadakan di ICE, BSD, mulai tanggal 21-24 November 2017. 

Suasana IIEE 2017 di ICE BSD, 21-24 November 2017
Suasana IIEE 2017 di ICE BSD, 21-24 November 2017

Kementerian agama memang sedang fokus menjadikan Indonesia sebagai salah satu tujuan pendidikan Islam dunia. Ya, wajar ya, mengingat jumlah umat muslim di Indonesia termasuk yang terbesar di dunia. Kenapa ngga kita yang menjadi pionir dalam hal pendidikan Islam? Apalagi studi Islam di Indonesia ini ditunjang beragamnya budaya dan indahnya wisata. Pasti jadi unik kan.

Ekspo berskala internasional ini sengaja menghadirkan, sekaligus menyediakan berbagai booth untuk berbagai institusi pendidikan Islam. Mulai dari Pondok Pesantren, Madrasah, sekolah Islam terpadu, sampai perbagai perguruan tinggi Islam dari seluruh Indonesia.

Pameran Drone di IAIN Kendari (sumber Kemenag.co.id)


Menarik banget mencermati berbagai perguruan tinggi ini menggelar program-program unggulan mereka. Ada yang menonjolkan program pengayaan pendidikan pertanian yang melahirkan petani-petani modern seperti yang diunggulkan IAIN Palangkaraya.


Oh ya, yang ga kalah keren, beberapa Negara seperti Amerika, Inggris, New Zealand, Australia, dsb, ikut berpartisipasi membuka booth di IIEE 2017 ini. Sssst, menurut bocoran, negara-negara ini menawarkan berbagai beasiswa beberapa perguruan tinggi ke negaranya lho. Duuh, bikin mupeng ga sih? So, jangan ragu mampir dan bertanya-tanya di booth negara-negara ini ya.

Beberapa Mahasiswa IAIN Kerinci menggunakan baju adat Jambi


Nah, buat yang belum berkesempatan hadir, jangan lupa segera berkunjung, tanggal 24 November 2017 adalah hari terakhir pergelaran IIEE 2017, sayang banget lho kalau ga hadir. Banyak perguruan-perguruan Islam yang menawarkan program-program keren. Kalau mau cari pondok yang cocok untuk anak-anak, tinggal datang aja ke booth-booth yang ada, ga perlu jauh-jauh datang langsung ke lokasinya kan?

Man terpadu Malang. Jauh-jauh hadir lho. Ada yang mau sekolah di sini?

Ada yang menonjolkan kegiatan mahasiswa yang mampu meningkatkan nilai ekonomi. Misalnya menciptakan sabun, lotion anti nyamuk, kain, dan sebagainya. Bukan kah memang ini tujuan pendidikan yang sesungguhnya? Menyiapkan anak-anak didik yang mampu berperan dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, bangsa, dan negara?

Karya-karya kreatif mahasiswa


Hasil karya mahasiswa kendari yang bisa dijual


Salah satu booth yang saya datangi bersama teman-teman blogger, mba Hida  dan Mba Kania adalah pesantren Al Wafi yang berada di Bogor ini. Pesantren terpadu ini rupanya baru didirikan, beberapa tahun, tapi sudah mempunyai gedung megah dengan fasilitas dan tawaran ekstra kurikuler yang beragam. Mulai memanah, sampai pramuka.

Booth Pesantren Al Wafi

Berkunjung ke ICE gampang kog, yang naik mobil bisa keluar tol jorr atau jalur merak, exit BSD (Bumi Serpong Damai). Kalau naik angkutan umum, bisa naik kereta sampai stasiun rawa buntu, nanti dari stasiun ini akan ada shuttle bus gratis tiap 1 jam sekali. Yuuuk, datang dan bertanya langsung apa yang dibutuhkan. :)


Saya bersama teman-teman blogger yang hadir

9 komentar :

  1. iyaa sekolah islam banyak bgt sekarang, tapi kalau bisa biayanya jg terjangkau ya

    BalasHapus
  2. Ingginnya aku segera datang nih mba di Pameran pendidikan ini mba, Banyak sekali yang menarik untuk dikunjungi ya mba

    BalasHapus
  3. Aku mau kesini trus nanya sampe detail banget tentang pesantren. Abisnya ada wacana masukin abhi ke pesantren

    BalasHapus
  4. wuih salfok sama beasiswa pendidikan keluar negerinya kesempatan banget y mba dtg kesini dptin info menariknya 😍

    BalasHapus
  5. Itu sekolah-sekolah dari Amerika, Australia apakah sekolah Islam juga? Ada informasi beasiswa juga kah?

    BalasHapus
  6. Asyik nih ada shuttle bus nya. Semoga setiap tahun pameran pendidikan Islam ini akan terus berlanjut krn membantu bgt org tua yg lg cari sekolah

    BalasHapus
  7. Menarik dan informatif ya mbk pamerannya. Tepat banget tuh untuk yg lagi cari2 tempat tuk putra-putrinya. Makasih infonya ya mbk.

    BalasHapus
  8. kalo mau tau daftar sekolah2 yg setara SMP nya dimana ya mba? soalnya saya gak bisa datang ke stand nya

    BalasHapus
  9. Akuuuuu, pamer dong kalau dulu menjadi alumnus MAN 3 MAlang xixi. Ga nyangka di tempat ini aku ketemu dengan stand yang dulu jadi tempat belajarku mbak huhuhu. Lokasi pamerannya pun juga gampang dituju ya, jadi memudahkan calon pengunjung

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com