Pages

SOCIAL MEDIA

Kamis, 03 Agustus 2017

Mom, Let's Celebrate Your Extraordinary Journey #PekanAsiDunia

Bicara Asi, membuat saya terharu biru. Mendengarkan pengalaman seseorang dalam memberi Asi, selalu sukses bikin saya mewek mengenang kembali masa-masa saat hamil dan menyusui.

Bukan, bukan mewek karena pengalaman tidak menyenangkan, justru mewek mengenang indahnya momen menyusui. Inget waktu baru belajar menyusui Faldi saat belum punya pengalaman menyusui. Sukses bikin saya baby bluess dan sering merasa ragu dengan ASI sendiri, sering merasa ga cakap sebagai ibu.

Tapi, di sisi lain, saya juga selalu merasa bahagia luar biasa bisa menyusui, memberikan setiap tetes cairan berharga dari tubuh saya kepada anak-anak. Menyusui sambil berurai air mata? Itu lah saya.

Bersyukur menjadi perempuan yang bisa menyusui. Kalau laki-laki, kan ga bisa menyusui..hehhe.

Setiap momen menyusui, selalu ada kisah suka duka, diikuti jatuh bangunnya ibu memperjuangkan Asinya. Ada yang berurai air mata, begadang malam-malam, berperih-perih, lecet-lecet, dsb.

Apapun kisahnya, seorang ibu yang berjuang demi bayinya, patut diberikan apresiasi. Mereka patut merayakan perjuangannya. Let's celebrate your extra ordinary journey.

Sharing Cynthia Lamusu

Sore itu, 1 Agustus 2017, saya dan beberapa teman blogger dibuat terharu mendengar pengalaman Cynthia Lamusu saat menyusui bayi kembarnya, Tatiana dan Bima. Acara talkshow ringan yang diadakan di Raffless Hotel, Lotte Shopping avenue ini sukses membuat saya berkaca-kaca.

Cynthia Lamusu saat sharing pengalaman menyusui (foto by Nurul Noe)

Sesaat setelah melahirkan, salah satu bayi Cynthia harus berada di NICU karena beratnya yang rendah. Cynthia tetap suply Asi untuknya dalam bentuk Asi perah.

"Suatu kali, saya nekad pesan ojek dan mengantar sendiri Asip untuk anak saya, saat hujan deras!"

Surya Saputra sang suami yang saat itu sedang syuting sempat shock mengetahui hal itu "kamu harus mikirin diri kamu juga. Kalau kamu sakit bagaimana? Nanti produksi Asinya menurun". 

Surya adalah ayah asi sejati, selalu berusaha membuat nyaman istrinya agar produksi asi berlimpah. Entah dengan memijat, bergantian menghandle anak-anak, membuatkan minuman, dsb.

"Penting bagi suami menjaga mood istri, jika hatinya bahagia, produksi Asinya akan berlimpah"
Huaaa, so sweet banget ga siiik.

Hal ini persis seperti presentasi Dr. dr Ali Sungkar SpoG, ketua Perinesia, sebelumnya, tentang pentingnya support system dari lingkungan, entah dari suami, ibu, mertua, dsb demi menjaga kondisi psikologis ibu agar produksi Asi terjaga.

Ga cuma Cynthia saja yang berbagi pengalaman menyusui sore itu, ada Maria Leony yang menginspirasi dengan Asi donornya. Produksi Asip Maria yang melimpah, memungkinkannya bisa mendonorkan Asi. Kulkas dan Freezer Maria selalu penuh dan berlimpah. Keren ya.

Talkshow Celebrate The Extra ordinary

Pentingnya Menjaga Asupan di 1000 Hari Pertama Kehidupan

Produksi Asi Cynthia dan Maria memang cukup berlimpah, salah satunya karena sejak hamil mereka selalu menjaga asupan makanan, baik selama hamil, maupun di masa-masa menyusui.

Menurut dr. Ali, 1000 hari pertama kehidupan seorang anak, dimulai sejak hamil, merupakan masa-masa kritis perkembangan seorang anak yang menentukan tumbuh kembangnya kelak. Apakah anak akan tumbuh menjadi anak cerdas, bertumbuh, dsb, ditentukan oleh asupan yang cukup pada 1000 hari pertamanya. Kekurangan gizi pada masa ini, akan menyebabkan beberapa kegagalan perkembangan, terutama perkembangan otak.

Nutrisionis dari Fonterra Brand Anmum, Ines Yumahana, menyebutkan, pada masa awal kehamilan, masa-masa terbentuknya tabung syaraf pada janin. Pada saat ini lah seorang ibu memerlukan nutrisi semacam asam folat, dsb. Itu sebabnya Anmum memasukkan Ganglioside dan DHA ke dalam susunya agar asupan ini mampu menopang pertumbuhan syaraf pada calon bayi.

Untuk itu, selama 1000 hari pertama itu wajib deh menjaga asupan nutrisi, baik saat hamil hingga masa menyusui.

Mencoba Rasa Anmum Baru

Nah, yang seru, pada acara ini ada sesi mencoba rasa susu Anmum terbaru, coklat. Beberapa survey menyebutkan, 8 dari 10 ibu menyukai rasanya.

Tapi, saat 10 ibu mendapat kesempatan rasa Anmum coklat yang baru di panggung, semuanya suka! Ada yang bilang enak banget, ada yang bilang doyan, sampai ada yang bilang "seperti es krim"

Semuanya suka Anmum coklat yang baru (foto by MOM)

Saya pun merasa seperti itu, rasa Anmum coklat ini kayak es krim coklat, ga kayak susu hamil. Biasanya susu hamil ada rasa langu atau rasa apa gitu yang bikin mual kadang-kadang, tapi yang saya coba ini beda. Jadi pengen minum terus. Tapi pan ga sedang hamil, hahaha. Dijadiin es krim enyak kali ya.

Anmum Coklat baru

Ibu Baru Vs Ibu Berpengalaman

Oh ya, ada beberapa penelitian yang menyebutkan, ibu baru cenderung lebih perduli terhadap asupan nutrisinya, sementara ibu-ibu berpengalaman (maksudnya yang sudah pernah punya anak, lebih dari 1), cenderung lebih cuek dan memperhatikan bentuk tubuhnya.

Hiyaaa, nyentil banget. Haahaha, saya banget ini mah. Waktu anak pertama segala nutrisi diperhatikan. Begitu hamil ketiga udah mulai cuek, xixxi.

Kalau teman-teman bagaimana?
Gitu juga ga sih?

Para ibu yang mendapat apresiasi dari Anmum

Bagaimana pun, perjuangan ibu harus tetap dirayakan, walau anaknya sudah tiga, empat, bahkan lima, setuju? Siapa lagi yang bisa mengapresiasi kalau bukan diri sendiri?

Ibu layak bahagia, dan layak dibahagiakan. Kadang sebagai ibu, sering merasa kurang-kurang dan kurang. Tapi, tak pernah ada kata cukup, right? Yuk mom, rayakan momen sebagai ibu yang luar biasa, apa pun itu.

15 komentar :

  1. Alhamdullilah bisa hadir di acara ini ya

    BalasHapus
  2. Rasa anmum baru lebih enak ya mba... Aku suka banget heheh

    BalasHapus
  3. Setuju mba, perjuangan ibu yg luar biasa patut dirayakan. Juga apreaiasi utk dukungan suami agar ibu bs menghadapi setiap tantangan yaa

    BalasHapus
  4. Acara sarat ilmu begini harus bener2 dicatat dan diingat dan dibagikan kembali ke orang lain yang gak hadir di acara ini. Seneng banget bisa hadir kemarin :)
    Soalnya masih banyak sodara dan teman yg masih hamil dan menyusui

    BalasHapus
  5. pasangan Surya dan Cynthia so sweet banget ya, keliatan bgt klopnya dlm mengurus bayi mereka

    BalasHapus
  6. Memang pasangan yang saling menyayangi yaa. Kliatan bgt kmrn. Anw, acara kmrn bner2 full ilmu yaaa

    BalasHapus
  7. Surya Saputra ini emang kelihatan so sweet banget yaa. Pasangan ini kayaknya memang betul-betul komitmen memberikan yang terbaik bagi si kembar karena memang anak-anak ini yang sudah mereka nantikan selama 8 tahun.

    BalasHapus
  8. Aku tuh yang lagi bimbang juga. Mau diet, tp ga pengen produksi asi menurun. Tp karena hadir diacara kemarin, aku semangat untuk konsen ke menyusui dulu. Ini ladang amal ku.

    BalasHapus
  9. Aku sedang menyusui & akan berjuang demi masa depan si kecil sampai 2 tahun menyusui. Seneng ada yg dukung seperti acara ini.

    BalasHapus
  10. duh jadi inget pas pertama nyusuin Alula.. rasa sakit puting lecet gak seberapa saat liat wajah anak puas nyusu.. :")

    BalasHapus
  11. Saat hamil dan menyusui memang banyak bapernya yah.. makanya kalau mendapat banyak dukungan, rasanya bahagia sekali

    BalasHapus
  12. anak pertama always smua the best lah, begitu anak kedua mulai dikurang-kurangin. untung tetep minum susu buat booster menyusui jg sih kl krg nutrisi

    BalasHapus
  13. wahhh aku ibu baru tidak memperhatikan bentuk tubuhku yang penting sehat.. wkkwkwwkkw.. alhamdulillah suami gak komentar apa apa :p

    BalasHapus
  14. Mba Maya aku suka banget rasa Anmum wlpn ga hamil hehehe... biar sehat. :)

    BalasHapus
  15. hahah semoga selalu menjadi ibu yang gak cuek trerhadap nutrisi anak meski anak udah banyak wkwkw.

    aq masih ibu baru masih harus banyak belajar.

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com