Pages

SOCIAL MEDIA

Minggu, 02 Juli 2017

Mau Belajar Nulis Blog? Coba Platform Ini

Mau belajar nulis blog? Pengen belajar-belajar tulis menulis di sebuah platform dan bisa dipublikasikan? Pengen punya tulusan yang bisa dishare ke mana-mana linknya? Mau mulai nulis tapi ga tahu berawal dari mana?

Kalau jawabannya iya, saya mau kasih bocoran nih.

Sudah sebulanan ini nih saya mencoba menulis di sebuah platform yang bikin saya ketagihan menulis di sana.

Walau awalnya sempat kebingungan, tapi akhirnya jadi keasyikan sendiri menulis di platform itu.

Salah satu contoh tulisan yang baru-baru ini saya tulis

https://opini.id/topik/2097/cewek-itu-seksi-kalau

Mampir dan tuliskan pendapatmu yaa.

Udah tahu kan, platform apa yang saya maksud?

Yak! Opini.id


Opini.id (foto by Riyardi Arisman)


Kenapa Opini.id?


Bagi saya, ada beberapa alasan yang membuat platform ini bisa jadi pilihan buat belajar menulis. Bisa jadi langkah awal buat yang ingin mencoba menuangkan ide-ide, pendapat, atau menulis apapun yang ingin dituangkan ke dalam sebuah wadah.

Berikut beberapa hal yang bisa membuat kamu bisa mulai belajar menulis blog :

1. Mudah memasukkan foto

Di opini.id, memasukkan foto sebagai ilustrasi tulisan sangat mudah, langsung terlihat pada halaman penulisan, tak banyak menu-menu lain, jadi ga terlalu membingungkan.

2. Panjang Tulisan Terbatas

Buat yang baru belajar menulis, menyusun kata dan tulisan yang panjang itu kadang jadi problem tersendiri. Tapi, menulis di opini.id ini justru ga perlu nulis panjang-panjang. Kalau mau menulis panjang, bisa dipotong-potong menjadi beberapa bagian, istilahnya dibuat "listicle".

3. Mudah Membuat Tulisan Listicle

Sering melihat tulisan di beberapa media online? Tulisannya pendek-pendek dan bersambung kan? Nah, tulisan di opini.id ini juga diset agar mudah ditulis secara "listicle".

Buat saya, ini pengalaman baru, dan sangat menyenangkan, seneng aja bisa buat tulisan model "listicle", model yang mungkin ga bisa saya buat di blog :).

4. Mudah dibagikan (share)

Mau berbagi opini yang sudah kamu tulis? Gampang banget membagikan tulisan di opini.id. Di bagian bawah tulisan sudah ada fasilitas yang membuatnya bisa langsung dibagikan dengan mudah. Tinggal klik tombol share, bisa dibagikan ke facebook, twitter, atau whatsapp.

5. Bisa Dapat Like, Komen, atau Follower

Bisa dikatakan, opini.id ini semacam gabungan sosial media dan mini blog. Dengan menjadi member, kita bisa menulis, berbagi tulisan, saling berbagi like, komen, dan follow. So, kalau kita suka dengan tulisan-tulisan seorang penulis di opini.id, kita bisa follow ybs dan like atau komen tulisan-tulisannya.

Kalau ga gabung jadi anggotanya pun, tetep bisa like & komen kog.

Nah, itu beberapa kelebihan opini.id menurut saya.

Cara Menulis di Opini.id


Kalau tertarik mau belajar menulis di opini.id, ini cara mudah menulis di sana.

1. Buat akun

Sebelum menulis di opini.id, buat akun dulu yaa. Caranya mudah kog, cukup daftar dengan menggunakan akun facebook, akun twitter, atau via email.

2. Buat Topic

Setelah proses mendaftar akun selesai, kamu bisa mulai belajar membuat tulisan dengan membuka halaman topik.

Pada halaman ini tersedia sebuah menu dengan tulisan Create Topic. Klik create topic dan mulai lah menulis

3. Mulai Menulis Judul

Setelah klik create topic, akan muncul halaman untuk memasukkan foto dan menuliskan judul tulisan. Setelah foto dan judul selesai, tinggal klik submit atau next.

4. Create Article

Pada halaman berikutnya, ada halaman untuk menuliskan isi article bertuliskan "create article". Tuliskan isi artikel di sini. Jika sudah selesai, tinggal klik post.

Oh ya, kalau mau menulis secara listicle, jangan menuliskan semua hal di halaman ini, tapi di halaman berikutnya dengan mengklik tombol +.

5. Membuat listicle atau vote

Pada halaman ketiga, kita bisa memilih untuk terus menuliskan sambungan artikel dengan memilih "create article", "voice opinion", atau "ask the crowd".

Untuk menuliskan listicle, pilih aja + create article. Masukkan foto ilustrasi jika ada, tulis sub judul, masukkan isi tulisan dari sub judul tersebut.

Mau mencoba menghimpun pendapat dengan system vote? Bisa pilih "ask the crowd" dan masukkan pilihan ke dalam kolom "answer".

Contoh tulisannya bisa seperti ini
https://opini.id/topik/2116/vote-yuuk-yang-mana-jajanan-favoritmu


Sooo, bagaimana?

Mudah kan?

Kalau masih ragu-ragu, coba-coba dulu deh. Gampang kog, ikuti aja cara yang sudah saya tuliskan. Semoga ga bingung yaa.

Enaknya, kita cuma tinggal nulis, ga perlu utak atik atau desain macem-macem, siap pakai lah. Tinggal nulis aja apa yang kamu pikir kan. Enak kan?

So, mau coba?

Yuuk, cuss, langsung bikin akun aja.

Have a nice try
Maya Siswadi

1 komentar :

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com