Pages

SOCIAL MEDIA

Kamis, 20 Juli 2017

Bebas Macet Menyeberang ke Lampung dengan 4 Tips Ini



Bebas Macet Menyeberang ke Lampung dengan 4 Tips Ini





Sumber foto : republika.co.id
Sumber foto : republika.co.id




Siapa sih yang tidak ingin pergi melancong ke Lampung? Provinsi paling selatan dari Pulau Sumatra ini memang memiliki sejuta daya tarik yang siap membawa kita ke petualangan seru tak terlupakan. Khususnya, kawasan wisata ini memiliki banyak pantai dan pulau kecil eksotis yang menawarkan panorama cantik. Tidak hanya itu, di salah satu pantai bahkan bisa melihat atraksi lumba-lumba di laut secara alami. Bikin pengen, kan?

Dari segi keterjangkauan, tidak sulit menghampiri Lampung, bahkan dari Pulau Jawa sekalipun. Berada di ujung Selatan Pulau Sumatera, provinsi ini memiliki beragam moda transportasi yang dapat menjadi alternatif jika hendak menyambanginya. Hanya saja, saking populernya Lampung belakangan ini, teman-teman harus bersiap-siap menghadapi macet jika hendak berkunjung ke provinsi yang satu ini ketika mau berlibur.

Kemacetan tersebutlah yang mungkin membuat seseorang ragu untuk berlibur ke Lampung. Padahal di lain pihak, ingin segera melihat pantai-pantai cantik yang berada di provinsi tersebut. Tenang dulu, sebenarnya bisa kok menghindarkan diri dari macet jika hendak ke Lampung. Caranya? Simak tips-tips di bawah ini, ya.


1. Tanpa Pusing, Naik Pesawat Langsung Sampai Lampung

Cara termudah sampai di Lampung tanpa merasakan macet adalah dengan memilih pesawat sebagai moda transportasi. Hahaha, ya iya lah yaa, naik pesawat emang paling gampang dan tercepat untuk mencapai propinsi yang satu ini. Tak sampai satu jam euy. 


Bagaimanapun, Lampung memiliki sebuah bandara yang bisa dijangkau dari banyak kota di Indonesia. Bandara yang diberi nama Raden Inten II ini berada di kawasan Lampung Selatan. Dari Bandara, tidak terlalu sulit untuk menjangkau berbagai pantai cantik yang menjadi sajian utama daerah yang satu ini.

Harga tiket pesawat ke Lampung pun tidak terlalu mahal, jika dibandingkan harga rata-rata tiket ke kota Medan maupun ke kota Padang yang masih berada di satu pulau. Cukup menyediakan sedikit waktu untuk memesan tiketnya di Traveloka atau agen travel online lainnya. Setelah itu, tinggal siap-siap mengemas barang guna berlibur seru ke Lampung yang kerap menjadi pembicaraan banyak orang akhir-akhir ini. Provinsi yang mulai banyak diulas para travel blogger.


2. Naik Feri dari Merak? Naik Kereta api Terlebih Dahulu

Bagi beberapa orang yang tinggal di Pulau Jawa, Lampung menjadi salah satu tujuan favorit terdekat untuk berlibur, di luar pulau Jawa. Alasannya, bisa digapai dengan transportasi laut dengan harga terjangkau. Ya, bisa menyambangi Lampung dengan naik feri dari Pelabuhan Merak yang ada di ujung provinsi Banten. Hanya saja, kerap perjalanan ke Merak menghadirkan macet yang luar bisa akibat antrian panjang untuk menaiki kapal Feri, baik itu menggunakan kendaraan pribadi, travel, atau bis. Tapi, jika memilih moda transportasi yang memilih jalur sendiri seperti kereta api, aman donk? Bebas macet euy.

Kereta api menuju Merak yang paling terkenal adalah KA Krakatau. Kereta api yang satu ini melewati banyak kota di Jawa, mulai dari Kediri, Madiun, Blitar, hingga Cirebon. Jadi, bagi yang berada di kawasan tersebut sangat tepat memilih kereta ekspres ini guna menghindari macet di kawasan-kawasan sebelum mencapai Merak. Untuk memperoleh tiket kereta api Krakatau pun tidak sulit. Salah satu caranya, bisa memesan tiket kereta Krakatau di Traveloka. Mudah kan memesan tiket di agen travel online yang satu ini?

Anak-anak paling suka diajak naik kereta, apalagi kereta jarak jauh. Pemandangan seru selama perjalanan membuat mereka betah dan selalu menarik. Walau sempat punya pengalaman tak mengenakkan saat naik kereta, tapi itu tak menyurutkan langkah mereka untuk tetap menikmati moda transportasi yang satu ini.

Baca : Pengalaman tak terlupakan naik kereta listrik


3. Katakan Tidak pada Musim Liburan

Jalan menuju Lampung memang sulit untuk tidak padat. Namun, suasananya akan semakin padat ketika mendekati hari-hari libur panjang, seperti ketika musim libur Lebaran, akhir tahun, ataupun saat libur anak sekolah. Jika sudah pada waktu tersebut, siap-siap saja melihat antrean panjang ketika memasuki Pelabuhan Merak ataupun ketika telah tiba di Provinsi Lampungnya.

Kalau teman-teman termasuk orang yang sudah gerah dan tidak mau berhadapan dengan kemacetan panjang, lebih baik katakan tidak ketika ada kerabat maupun sahabat yang mengajak jalan-jalan ke Lampung ketika musim liburan. Soalnya, macetnya pasti luar biasa! Bisa berkilo-kilo meter euyy. Lebih baik tunggu waktu liburan usai, baru merencanakan membeli tiket kereta api ke Merak ataupun pesawat ke Raden Inten II guna bisa melihat barisan pantai cantik yang ada di kawasan ini.


Baca : Libur Usai, Kesibukan Dimulai


4. Hindari Akhir Pekan Panjang

Memang seru rasanya jika menghabiskan long weekend alias akhir pekan yang panjang untuk singgah berlibur ke pantai-pantai indah yang ada di Lampung. Namun, harus realistis bahwa ada banyak orang yang juga berpikiran serupa, kan? Dengan demikian, ancaman kemacetan siap menyambut ketika memutuskan berlibur ke kota tersebut pada akhir pekan panjang.

Jadi selain waktu musim libur, akhir pekan panjang menjadi momen yang mesti dihindari jika ingin berwisata ke Lampung. Akan lebih menyenangkan jika mengambil cuti di hari kerja, karena suasana menuju Lampung pasti relatif lebih sepi. Serius, deh! 



Saya udah beberapa kali mengunjungi provinsi yang satu ini, tapi udah lama. Pengen ajak anak-anak ke sana lagi. Jalan-jalan, menikmati pantai, bersilaturahmi dengan teman-teman di sana, dan membeli oleh-oleh khas Lampung, kopi. Hahaha

Baca : kopi bubuk

Jalan-jalan memang menyenangkan. Akan tetapi, jangan memaksakan diri jika memang kondisi jalan menuju ke sana sedang tidak memadai. Termasuk ketika hendak berlibur ke Lampung, moda transportasi dan waktu perjalanan akan sangat menentukan nyaman tidaknya wisatamu ke provinsi yang satu ini.

10 komentar :

  1. Kapan ya aku ke Lampung? pingin mbak..
    Kemarin ada pelangganku, asli Lampung. Cerita2, jadi mupeng pingin hehehe

    BalasHapus
  2. Udah pernah ke Lampung tahun lalu. Nggak puas belum ke Waykambas tempat gajah-gajah, belum ke Gigi Hiu yang karang-karangnya luar biasa, belum lihat lumba-lumba di Teluk Kilauan.

    BalasHapus
  3. Belum pernah ke Lampung mbak. Banyak cerita teman yang dah kesana. Ngebayangin dulu aja deh indahnya.hehe

    BalasHapus
  4. Aku pernah ke Lampung naik pesawat. Nggak nyampe stengah jam eh sudah tiba. Tapi pernah juga naik kapal ferry antriannya bikin capek mba

    BalasHapus
  5. Ke lampung pengen ke pulau wayang, Mbak 😍

    BalasHapus
  6. Pernah nyebrang ke Lampung ngantrinya memang lama banget dan selama dijalan menuju kesana juga macet. Huhuhu, ada nggak kereta api dari Tangerang ke Lampung hehehe :D

    BalasHapus
  7. Saya sering lewat kampung mba kalau mau mudik ke Palembang. Tapi lewatnya pinggiran bukan lewat tengah kota karena baik Bus. Terimakasih tipsnya 😀

    BalasHapus
  8. Kayanya seru kalo lewat merak bisa ajak anak-anak merasakan serunya naik kapal feri. Bener bgt mba jgn pas liburan ya

    BalasHapus
  9. Aku ke lampung hampir 3 sampai 4 kali setahun, krn disana kampungku. Alhamdulillah udh hafal kpn wkt2 agar gk kena macet

    BalasHapus
  10. Sebagai putra asli lampung saya penasaran naik KA menuju pelabuhan ini. Pengen nyobain tapi kadang gak ngerti gimana beli tiketnya.. Hahah

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com