Jumat, 16 Juni 2017

Belajar Puasa & Tradisi Ngabuburit

Punya anak yang masih tahap belajar puasa full itu memang tricky. Kalau yang sudah bisa menikmati puasa mungkin enak, kalau yang belum? Nah ini peernya. Membuat anak-anak konsisten puasa, mempertahankan puasa hingga azan maghrib, hingga full puasa sebulan penuh .

Masjid Baitussalam, Billy & Moon, Pondok Kelapa, Jakarta Timur
Masjid Baitussalam, Billy & Moon, Pondok Kelapa, Jakarta Timur

Tradisi Ngabuburit

Salah satu cara yang biasa saya gunakan agar Faldi, Ferdi, Falda (3F) bertahan puasa hingga azan Maghrib, ya dengan membuat mereka tetap sibuk. Siang menjelang sore itu biasanya jam rawan anak-anak mulai bosan dan jenuh. Pada saat itulah mereka harus diberi kesibukan. Bisa dengan dilibatkan dalam menentukan menu berbuka, atau membantu menyiapkan menu berbuka. Melibatkan anak-anak dalam menentukan menu berbuka, mempunyai pengaruh cukup besar untuk menumbuhkan rasa "excited" menunggu sensasi menu yang dipilihnya. Kenikmatan menahan lapar yang diakhiri dengan kejutan manis itu sungguh disukai 3F.

Bisa juga dengan mengajaknya jalan. Hal yang biasa dilakukan suami saya tiap sore menjelang berbuka adalah mengajak 3F jalan menghabiskan waktu sambil menunggu waktu berbuka. Istilahnya Ngabuburit. Istilah yang berasal dari bahasa Sunda dan sudah umum digunakan hampir sebagian masyarakat Indonesia untuk menyebut aktifitas yang digunakan untuk mengisi waktu menjelang berbuka. Entah sekedar jalan keliling komplek, mencari bukaan, atau silaturahmi ke rumah temen atau saudara.

Ngabuburit dengan cara jalan-jalan sore ini sudah jadi semacam tradisi di keluarga kami. Tradisi ini juga yang membuat anak-anak selalu menyambut bulan Ramadan dengan penuh sukacita dan menjadikan momen berbuka bersama sebagai momen istimewa yang begitu dinantikan.

Kalau cuaca kurang bagus atau hujan, kami mengajak anak-anak menghabiskan waktu di rumah sambil menyaksikan Tausiyah di TV, membuat prakarya, main ular tangga/uno/monopoli, mengaji, atau membantu menyiapkan menu berbuka.

Ngabuburit di Masjid Baitussalam

Sore itu, 10 Juni 2017, saya bersama teman-teman blogger KEB berkumpul di Masjid Baitussalam, komplek Billy & Moon, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Saat itu Lotte Choco Pie sedang menggelar acara seru di sana, ya semacam Ngabuburit ala Lotte Choco Pie.

Activity Booth Lotte Choco Pie
Activity Booth Lotte Choco Pie


Teman-teman blogger yang hadir bersama anak-anaknya yang sedang belajar puasa, menikmati acara yang digelar saat itu

Ada booth khusus dengan aneka games. Mulai menyusun Puzzle, tebak jumlah Lotte Choco Pie, maupun photo booth.

Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di booth
Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di booth

Salah satu acara yang ditunggu-tunggu dan paling menarik adalah Kids Pastry Class bersama Chef Nanda Young.

Semua keperluan belajar hari itu sudah disediakan, peserta hanya tinggal mengikuti contoh yang diberikan Chef Nanda. Segala celemek, pastry roll, tepung maizena, cookie cutter, sampai fondan untuk menghias kue, disediakan lengkap.

Kids Pastry Class By Chef Nanda Young
Kids Pastry Class By Chef Nanda Young

Falda yang saya ajak ikut di acara ini, semangat banget mengikuti pastry class. Ini adalah pengalaman pertamanya ikut pastry class, bareng chef pulak. Duuh, beruntung banget deh dapat ilmu langsung dari Chef Nanda. Mungkin karena baru pertama, Falda masih bingung antara mendengarkan materi dari chef, menahan hasrat untuk langsung berkreasi, dan panik harus membuat kreasi yang bagus. Waktu saya minta menunjukkan hasil kreasinya untuk difoto, Falda tampak cemberut dan terlihat tidak puas. Hm, yayaya, gak apa apa ya nak, belajar terus, Insya Allah ada kesempatan lain.

Acara berikutnya adalah Lomba Kreasi Choco Pie Kolaborasi Ibu-Anak. Para Ibu dan anaknya berkolaborasi membuat kreasi yang paling menarik dan unik. Acara ini diadakan untuk memperkuat bonding antara ibu-anak, sesuai tema yang diusung Lotte Choco Pie, Together, More.

Baca : Membangun Premium Bonding Bersama Anak


Lomba Kreasi Choco Pie Kolaborasi Ibu-Anak
Lomba Kreasi Choco Pie Kolaborasi Ibu-Anak


Acara ini dibagi 2 sesi. Tiap sesi terdiri dari 5 pasang Ibu-Anak. Ada Mak Eni Martini, Suci Risalah, Alida, Istianah, Mira Udjo, Lidya Fitrian, Nurul Noe, dsb. Total ada 10 pasang ibu-anak yang berlomba membuat kreasi hiasan Lotte Choco Pie. 3 pemenang mendapatkan hadiah voucher belanja. Sayangnya, saya dan Falda ga ikut acara ini, telat daftar, hahaha. Untungnya, kami malah jadi bisa mengikuti acara mendongeng yang dibawakan oleh Kak Muis.


Dongeng Anak Oleh Kak Muis
Dongeng Anak Oleh Kak Muis

Seru banget deh acara mendongeng yang dibawakan Kak Muis ini, anak-anak yang ada di masjid begitu serius menyimak. Mereka tak beranjak sedikit pun. Saat Kak Muis menirukan berbagai suara, anak-anak memperhatikan wajah Kak Muis tanpa kedip.

Tak lama, muncul Ustad Wildan yang membawakan Tausiyah tentang hakikat sahur. Bersama Kak Muis sebagai host, Ustad Wildan menyampaikan tentang keutamaan sahur dan pentingnya mengakhirkan waktu sahur, agar tak terlalu lama menahan lapar dan ga ketiduran saat Subuh.


Tausiyah oleh Ustad Wildan didampingi Kak Muis
Tausiyah oleh Ustad Wildan didampingi Kak Muis

Mengakhiri Tausiyah dan acara mendongeng, MC acara mengumumkan pemberian santunan bagi anak-anak yatim piatu yang dihadirkan saat acara. Ikut bahagia melihat wajah anak-anak yang mendapatkan santunan. Semoga berkah dan bermanfaat.


Pemberian Santunan
Pemberian Santunan

Alhamdulillah, rangkaian acara sore itu ditutup manis dengan buka puasa bersama anak-anak yatim, emak-emak KEB, dan warga sekitar yang sedang ikut berbuka di sana. Sebelum menutup acara dan pulang ke rumah masing-masing, kami menyempatkan berfoto bersama.


Foto bersama Emak-emak KEB + anak-anak yang ikut acara
Foto bersama Emak-emak KEB + anak-anak yang ikut acara

Ahh, acara yang sangat berkesan buat emak-emak, dan anak-anak tentu saja. Falda yang saya ajak berangkat sejak siang, sama sekali tak mengeluh. Bahkan puas banget bisa main hampir setengah harian di Masjid bersama Lotte Choco Pie. Walau Falda puasa, ga mengeluh capek atau haus. Kegiatan ini malah membuat Falda lupa waktu. Rasanya kami ingin ikut lagi acara yang diadakan tanggal 17-18 Juni 2017 ini di Masjid Al-Ikhlas BSD. Lumayan deket dari rumah.

Berbagai kegiatan yang difasilitasi Lotte Choco Pie ini memberikan saya banyak inspirasi untuk menambah kegiatan ngabuburit bersama anak-anak. Yang pasti sih, pengalaman ngabuburit selalu menyenangkan dan membuat anak-anak, terutama 3F, tetap senang menjalankan puasanya tanpa banyak keluhan. Tradisi ngabuburit ini menjadikan momen belajar puasa bagi anak-anak menjadi jauh lebih mudah, plus menguatkan bonding antara anak dan orang tua.

Baca : Mengembangkan kemampuan adaptasi pada anak

Teman-teman mau mencoba kegiatan ngabuburit yang sama dengan anak-anak?
Atau punya ide ngabuburit asyik dengan anak-anak menggunakan Lotte Choco Pie?

Ikut lomba fotonya yuk.

Ada hadiah Family trip untuk 4 orang bagi keluarga yang beruntung.
Ada hadiah hiburan berupa Together moment bersama Charisa Putri dan Quenze untuk 5 pemenang
Plus hadiah hampers


Keterangan dan info tentang lomba ada di sini http://ramadantogether.lottechocopieindonesia.com/

53 komentar:

  1. Acara ini seru banget ya. Ngabuburit bermanfaat neh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ngabuburit yang bermanfaat banget

      Hapus
  2. Ikut acara kaya gini, anak bisa lupa kalau lagi puasa ya, mba. Jadi semangat puasanya bisa sampai maghrib.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap, jadi ga kerasa puasanya, tahu-tahu maghrib

      Hapus
  3. Keren bgt acaranya. Edukatif sekaligus entertaining banget.
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbaaa, edukatif plus entertainig, anak-anak suka banget

      Hapus
  4. Anak-anak pasti suka kalau dilibatkan ikut berpartisipasi dalam menyiapkan menu berbuka puasa seperti ini.

    Alhamdulillah,
    tahun ini anak-anakku juga mulai belajar shaum.

    Jadi sebisa mungkin aku latih untuk sabar, menanti jamnya berbuka.
    Ternyata sangat efektif kalau dilibatkan menyiapkan menu sahur dan berbuka.

    ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betool, mereka excited banget, bikin puasanya jadi ga terasa

      Hapus
  5. Harus beli produknya ya baru bisa ikutan kontesnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha iya, gampang kog mak, ada di minimarket

      Hapus
  6. Wuah pasti seru nih kalo Ibu dan anak saling bekerjasama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bikin ikatan ibu dan anak makin erat

      Hapus
  7. Seruuu ya Mbak ngabuburitnya.. habis masak-masak trus buka bersama. wih,,, alhamdulillah yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi ga kerasa puasanya, tahu-tahu maghrib

      Hapus
  8. Jadi diingetin, saya belum ngabuburit ke pasar tiban ni, di sana pasar yg jual aneka lauk dan jajanan khas Jogja untuk buka puasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaa, mau dooonk Imaaa, beliin yaaa

      Hapus
  9. Choco pie memang bikin anak-anak happy,puasa ga berasa dengan kegiatan seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, apalagi berbukanya pakai Lotte Choco Pie ya mak, tambah mantab

      Hapus
  10. anak saya juga masih belajar puasa bun, nahan makannya bisa giliran nahan haus dia nyerah hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. berat ya untuk nahan haus, apalagi kalau cuaca sedang panas

      Hapus
  11. Iya membiasakan anak kebaikan ya dengan yeladan ortu ya mba.. hmmm jadi tertarik ikutam nih mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, teladan orang tua dan pendampingan orang tua mba

      Hapus
  12. waaa serrrruuuuu.. liat ini seliweran di medsos bikin mupeeeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, iya, ada acara menghias bareng chef itu yang bikin seru

      Hapus
  13. acaranya pasti meriah nih.. sejak dini memang kita harus melatih anak-anak utk berpuasa dengan cara memberikan pengertian yang pas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap, memberi pegertian yang pas

      Hapus
  14. Kayaknya anak-anak seneng banget ikut ngabuburit bareng coklat ya,hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. acara ngabuburitnya aja udah seru, apalagi diadainnya bareng sama coklat, tambah seru

      Hapus
  15. Dulu pas masih di Sby sering ngabuburit di Al Akbar mbak. Skrng nagbuburitnya lbh bnyk di rumah ma anak2 hehe
    Btw sayang Chocopienya jauh2 yaaa, moga2 next ngadain di Depok jg :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu di Al Akbar ngapain aja pril?

      Hapus
  16. Wah bener banget tuh, emnjelang sore jam rawan anak-anak tergoda untuk membatalkan puasa xixi, makanya ya setuju banget sama Lotte Choco Pie yang ngajakin anak-anak ngabuburit seru kayak gini, biar bisa mengalihkan waktu puasanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau ga dibikin sibuk, mereka lah yang sibuk merayu emaknya

      Hapus
  17. Di keluargaku juga ada kebiasaan ngabuburit. Biasanya pas abinya anak-anak libur kerja. Dan yang paling seru klo bisa buka puasa di masjid. Feel Ramadhannya berasa banget. Kaya kemarin itu yaa. Selain bisa wisata ke masjid, anak-anak juga bisa ikutan kegaitan seru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, buka puasa di masjid beda feelnya, berbaur dengan banyak orang jadi sensasi dan pembelajaran tersendiri

      Hapus
  18. seru ya acara bareng anak, semoga bisa ikutan acara2 macam begini lagi... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau acara yang melibatkan ortu-anak ini bagus banget ya, menguatka bonding jadinya

      Hapus
  19. Mba... Anak aku aja yg masih dlm tahap belajar puasa gemes2 gimana gitu.. Masih jauh sampe ke tahapa konsisten berpuasa. Tapi justru itu seninya ya mba, semua ada prosesnya. Drama2 yg gemesin akan jadi cerit sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, justru cerita-cerita ajaib selama proses belajar itu yang jadi kenangan tak terlupakan bagi anak ya

      Hapus
  20. Bener bngt mba Maya bounding dan kreativitas anak menunjang tumbuh kembang si anak dan akan menjadi momen yang terindah yang pasti di kenang sama anaknya kelak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu, akan jadi kenangan bagi anak, bagaimana ia melalui masa kecilnya

      Hapus
  21. Kalau setiap tahun ada acara ngabuburit Lotte Choco Pie, aku bakalan ikut nih mba :)

    BalasHapus
  22. Hebat deh 3F bs kuat puasanya. Ibunya kreatif siih. Untung ada lotte choco pie yg acaranya seru banget.. Hehm... Jd pengen lotte choco pie. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, mereka pun dulunya melalui masa-masa masih tertatih-tatih belajar puasa. Ya salah satu yg bikin mereka bisa melaluinya tradisi ngabuburit itu tadi

      Hapus
  23. tradisi ngabuburit itu selalu ngangenin ya, mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, iya, ini salah satu tradisi Ramada yang selalu bikin kangen anak-anak

      Hapus
  24. waktu kecil, saya paling seneng diajak ngabuburit, rasa lapar dan haus pun berkurang

    BalasHapus
  25. Lucu juga nih Mbak cara ngabuburitnya. Pastinya 3F seneng pas denger azan, nyerbu makanan pilihan sendiri :D

    BalasHapus
  26. Emang paling seru kalau ngabuburit banyak kegiatan, jenuh kalau di rumah aja, berasa banget puasanya

    BalasHapus
  27. Seruuu,anak2 sekalian playdate ketemu temen2 baru 😍

    BalasHapus
  28. Iya maak, nanti aku mau ikut lombanyaaa, doain yaaa

    BalasHapus
  29. Asik banget ya ngabuburit nya diselingi banyak acara seru untuk emak dan untuk anak. Jadi semangat. Baca dan liat foto nya aja ikut terasa semangat nya.

    BalasHapus
  30. ngabuburit yang begini bermanfaat untuk sekeluarga ya

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com