Senin, 08 Mei 2017

Sambut Ramadhan dengan #Bersihbersih1001Masjid

Menjelang Ramadhan biasanya masyarakat sudah bersiap-siap untuk meningkatkan ibadahnya. Yaa, di hari biasa memang ibadah juga. Tapi, ibadah di bulan Ramadhan pastinya beda dengan ibadah-ibadah lainnya, ya ga sih?

Salah satu yang membedakan ibadah di bulan Ramadhan adalah sholat Tarawih. Pada saat ini lah masyarakat berbondong-bondong datang ke Masjid untuk sholat Tarawih bersama.

Masyarakat membersihkan area wudhu

Jelas, masyarakat akan datang ke rumah ibadah lebih sering. Nah, biasanya, menjelang Ramadhan, beberapa masjid punya tradisi "bersih-bersih masjid". Bukan sekedar bersih-bersih biasa yang sudah rutin dilakukan marbot masjid. Tapi bersih-bersih secara total. Mulai membersihkan atau mencuci karpet, membersihkan perlengkapan sholat, membersihkan sudut atau atap masjid, membersihkan area tangga, atau membersihkan sudut-sudut yang mungkin saja tak tersentuh oleh sang marbot seorang diri.


Membersihkan area tangga yang sering luput 


Pada kegiatan bersih-bersih masjid, masyarakat setempat secara sukarela ikut membersihkan rumah ibadah mereka. Tujuannya untuk ibadah. Mereka ingin menjadikan "rumah ibadah" mereka bersih dan nyaman digunakan saat beribadah lebih intens di bulan Ramadhan.


Membersihkan pekarangan bersama

Tak mau kalah dengan masyarakat yang menyambut Ramadhan dengan antusias, PT Unilever Indonesia pun bersemangat menggagas gerakan #bersihbersih1001masjid. Tak kurang 1001 masjid di 11 Propinsi, 33 kabupaten/kota di seluruh Indonesia mendapat fasilitas produk home care keluaran Unilever, mulai dari Rinso, Molto, Vixal, sampai Super Pell.

Niat baik Unilever ini disambut positif oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia, Bapak Yusuf Kalla, Wakil Presiden RI.

"Kebersihan adalah sebagian dari Iman. Jadi, kegiatan bersih-bersih masjid ini sama dengan menguatkan keimanan"

Bapak Yusuf Kalla memberi sambutan

Bertempat di Masjid Agung Sunda Kelapa, Unilever bersama masyarakat setempat melakukan #bersihbersih1001masjid.

Diskusi tentang bersih-bersih masjid

Bapak Willy Saelan, Human Resources Director PT Unilever Tbk mengatakan "kami paham, kebiasaan membersihkan masjid menjelang Ramadhan itu sudah menjadi tradisi. Itu sebabnya, kami fasilitasi masyarakat yang ingin memberikan kontribusi bagi masjid di lingkungan tempat tinggalnya"

Masjid-masjid mana saja yang dipilih untuk mendapat fasilitas ini, Bapak Drs. H. Andi Mappaganty, Ketua bidang Sosial dan Kemanusiaan Dewan Masjid Indonesia menjelaskan "kami yang melakukan rapat dan pertimbangan bersama dewan masjid, untuk kemudian kami serahkan data masjid-yang perlu mendapat fasilitas".

Pengennya sih semua masjid ya kebagian jatah gerakan ini. Sayangnya mesjid yang ada di Indonesia ini banyak sekali, hahaha. Bahkan menurut Bapak Andi, di Jakarta saja tercatat 1000 an masjid. Subhanallah.

Rupanya, Dude Herlino yang hadir saat sesi sharing, dulunya aktif di Remaja Masjid. Tak jarang, menjelang Ramadhan, Dude yang jadi penggerak kegiatan ini.

Sampai sekarang pun, Dude masih aktif jadi pembimbing adik-adik remaja masjid. Menurut Dude, apa yang dilakukan Unilever ini sangat inspiratif dan patut dijadikan contoh. Tradisi bersih-bersih masjid sebaiknya terus dilaksanakan, tak hanya menjelang Ramadhan.

Naah, bagaimana dengan masjid di sekitarmu? Apakah sudah tersentuh kegiatan bersih-bersih bersama? Pengen tahu masjid mana saja yang masuk jadwal #bersihbersih1001masjid? Simak infonya di www.1001inspirasiRamadhan.com yaaa.

16 komentar:

  1. Sayang ga sampai me Cianjur ya gerakan ini.. Semoga belum deh...

    Ditunggu bw baliknya ya :)

    BalasHapus
  2. waah... hebat nih, unilever ikut mendukung bahkan mengadakan kegiatan ini :)

    BalasHapus
  3. Wah, seru dan berpahala tuh, Mbak. :) Hehehehe Di sini juga ada acara bersih2 masjid. Tapi belum dimulai nih. :(

    BalasHapus
  4. Acara rutin tiap tahun yang sayang buat dilewatkan. :D

    BalasHapus
  5. Selain bersih2 masjid, mulai cuci2 mukena dan sarung masjid juga. Biasanya ada yg sudah lama ga dicuci. Bau apek dan keringat bekas pengguna :)

    BalasHapus
  6. Patut diteladani neh aksi Unilever, apalagi menjelang bulan Ramadhan. Hmm moga nanti bisa menjangkau seluruh masjid di Indonesia, aamiin.

    BalasHapus
  7. waah iya, pas kayak d iklan baru2 ini.. semangat bersih2..

    BalasHapus
  8. Ya ALlah tak terasa memang sebentar lagi ramadhan. Musholla dekat rumah juga mulai beberes

    BalasHapus
  9. Di wilayahku sudah mulai bersih-bersih masjid mba. Asik kalau ada program bersama seperti ini ya :)

    BalasHapus
  10. Masjid dkt rmh udah dibersih bersihin, gotong royong bapak2 hehe

    BalasHapus
  11. Seneng banget deh dengan acara seperti ini, bersih-bersih masjid tapi jangan mau ramadhan aja kan ya sebenarnya hehhee ...

    BalasHapus
  12. Babam jadi suka nih klo ke masjid.. harus sering ikut kegiaran positif seperti ini

    BalasHapus
  13. bikin betah lama-lama di masjid nih.. cliiinv

    BalasHapus
  14. Wahhh keren ya programnya bersih-bersih 1001 masjid, mudah2an kita sama2 bisa dipertemukan di bulan ramadhan nanti.

    BalasHapus
  15. Wah programnya kece banget.. Alhamdulillah ya mak kalo pas ramadhan banyak program seperti iniiii

    BalasHapus
  16. Keren ih unilever sampe kefikiran bersih-bersih mesjid segala.

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com