Minggu, 28 Mei 2017

Morinaga Platinum Kids Olympics, Dukung Prestasi Anak Alergi

Alergi, penyakit yang terlihat sepele ya. Halah, cuma alergi ini, lebay banget sih. Eiiitts, jangan salah. Walaupun terlihat sepele, alergi juga bisa menghambat kegiatan sehari-hari lho. Alergi juga bisa menghambat prestasi.

Arena Platinum Kids Olympics
Arena Platinum Kids Olympics

Nah lho, kog bisa? Ya bisa, anak alergi biasanya harus berpantang terhadap benda-benda pencetus alerginya. Hal ini kadang menyebabkan orang tua menjadi over protektif. Iya apa iya?

Coba deh, anak yang menderita asma, pasti orang tuanya berpesan "jangan capek-capek ya nak", pesan sama gurunya "anak saya asma, ga bisa olahraga berat" endebra endebra berbagai pesan lainnya. Atau pesan kepada si anak yang alergi dingin "jangan lupa pakai jaket", "jangan keluar malam-malam".

Kadang, berbagai pesan sponsor dari orang tua yang anaknya menderita alergi ini bisa menjadi beban bagi anak. Si anak akhirnya jadi malas dan ragu-ragu mengikuti berbagai kegiatan hanya karena orang tuanya "males repot" jika alergi sang anak kumat. Males repot? Iya, kan ortu yang repot kalau alergi anaknya kumat, repot ngurusin si anak alergi. Duuhhh, ampun, kesentil banget waktu Dr. Rose Mini, M.Psi memaparkan tentang Kecerdasan Majemuk pada sesi Talkshow Platinum Kids Olympic yang diadakan di lapangan Aldiron, Jakarta Selatan pada 14 Mei 2017 lalu.

DR. Rose Mini memaparkan Kecerdasan Majemuk
DR. Rose Mini memaparkan Kecerdasan Majemuk

Menurut bunda Romi, demikian beliau biasa dipanggil, anak alergi tetap bisa berprestasi kog. Orang tua tak perlu over protektif jika sayang pada anak. Ada banyak aspek yang bisa dikembangkan dari si anak. Jika anak terhambat di satu sisi, kembangkan aspek lain. Ada 9 kecerdasan majemuk yang bisa digali dan dikembangkan orang tua. Semua aspek perlu distimulasi secara berimbang, agar kelak, anak sendiri lah yang menemukan potensi mana yang menjadi kekuatan utamanya. Ada anak yang kuat di kemampuan interpersonal, jago bergaul, pintar bernegosiasi, dsb. Ada anak yang punya kecerdasan linguistik, logika matematik, visual spasial, dsb.

Berdasarkan hal ini lah, Morinaga, brand unggulan PT Kalbe Nutrisionals, melalui Kampanye Semua Dari Ingin Tau mengadakan program Platinum Kids Olympics dalam rangka mendukung World Allergy Week yang sudah dimulai sejak 2015 lalu. Tahun ini, Morinaga menghadirkan Platinum Kids Olympics yang dibuat di Lapangan Aldiron, Jakarta Selatan, demikian menurut Dewi Anggraeni, Senior Brand Manager Kalbe Nutritionals.

Dewi Anggraeni, Senior Brand Manager Kalbe Nutritionals
Dewi Anggraeni, Senior Brand Manager Kalbe Nutritionals

Tahun ini, Morinaga memilih Astrid Tiar sebagai brand ambassador Morinaga Specialties. Anabel, anak dari Astrid Tiar memiliki alergi susu sapi. Hal ini sempat membuat Astrid kebingungan mencari solusi, hingga akhirnya berkenalan dengan Morinaga Allergy Total Solution. 1000 hari pertama adalah saat kritis pertumbuhan anak, anak membutuhkan asupan nutrisi dalam susu. Astrid berharap, kegiatan ini dapat membantu para orang tua lebih paham cara menangani anak alergi.

Astrid Tiar Brand Ambassador Morinaga dan Anabel anaknya
Astrid Tiar Brand Ambassador Morinaga dan Anabel anaknya

Sebelum Talkshow, Anabel sempat mengikuti beragam permainan yang ada di Platinum Kids Olympic. "Mommy, aku mau coba lagi, tadi belum berhasil, nanti pasti bisa"

Alergi

Bicara alergi, sebenarnya apa sih alergi? DR. dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K), konsultan Alergi Imunologi Anak menyebutkan

"Alergi berasal dari bahasa Yunani Allon Argon, yaitu reaksi yang berbeda atau menyimpang dari normal terhadap berbagai rangsangan/zat dari luar"

Alergi merupakan salah satu penyakit kronik/menahun yang paling banyak penderitanya di dunia. Berbagai jenis alergi, mulai asma, rinitis alergi, alergi makanan, dermatitis atopik (eksim), hingga alergi protein susu sapi merupakan kasus alergi yang paling banyak dialami dan ditangani oleh dr. Zaki.

DR.dr Zakiudin Munasir, SpA(k) memaparkan tentang alergi
DR.dr Zakiudin Munasir, SpA(k) memaparkan tentang alergi

Menurut dr. Zaki, walaupun orang tua tidak memiliki riwayat alergi, anak tetap mempunyai resiko alergi sebesar 5-15%. Jika ada keluarga yang mempunyai riwayat alergi, resiko alerginya menjadi 25-30%. Tapi, jika salah satu orang tua menyandang alergi, maka resiko alergi dari orang tua menjadi 20-40%. Demikian juga jika kedua orang tua adalah penderita alergi, maka resikonya menjadi 40-60%, bahkan bisa menjadi 80% jika alergi yang diderita sama.

Salah satu cara untuk mengurangi resiko alergi pada anak, terutama alergi protein susu sapi, adalah dengan memberikan ASI eksklusif pada anak semasa bayi. Jika tidak memungkinkan, anak dapat diberikan susu dengan protein yang terhidrolisa partial untuk mencegah alergi dan alergi ringan, susu terhidrolisa eksklusif untuk alergi sedang, atau yang mengandung asam amino untuk alergi berat.

Ada 3 langkah yang dapat dilakukan orang tua untuk mengatasi alergi

Langkah 1. TAU

Orang tua harus mengenali gejala dan jenis alergi yang diderita sang anak, agar dapat mencegah dan mengatasi alergi yang diderita. Berbagai jenis alergi dan gejalanya, bisa dicek melalui website www.cekalergi.com yang menyediakan modul digital tentang alergi. Bisa juga berkonsultasi di berbagai gerai Kalcare, atau mengikuti live chat dengan dokter yang disediakan Morinaga.

Langkah 2. Cegah dan Atasi

Jika sudah mengetahui alergi, cegah dan atasi alergi si kecil. Melalui Morinaga Allergy Total Solution, PT Kalbe Nutritional bersama Morinaga Research Centre Jepang menyediakan solusi total alergi pada anak dengan menyediakan produk yang dapat mengatasi alergi mulai bayi baru lahir hingga usia 12 tahun.

Langkah 3. Sebar

Jika sudah tau alerginya, tau cara mencegah dan mengatasinya, sebarkan informasi tersebut agar orang tua lain yang mempunyai masalah yang sama, mendapatkan solusi dari masalah alergi yang dialami anaknya.

Melalui Platinum Kids Olympics dalam rangka Morinaga Allergy Week ini, Morinaga mendukung orang tua agar terus mendukung anak alerginya tetap berprestasi.
Beragam sarana permainan di Platinum Kids Olympics
Beragam sarana permainan di Platinum Kids Olympics

Bunda Romi menyebutkan bahwa Platinum Kids Olympics ini bagus sekali untuk mengasah kecerdasan majemuk si kecil. Berbagai kegiatan yang diadakan dapat merangsang :
kecerdasan kinestetik (berlari, melompat, dsb),
kecerdasan visual spasial (melewati lorong, mengukur jarak, dsb),
kecerdasan logika matematika (menghitung kecepatan),
kecerdasan interpersonal (bersaing atau berkenalan),
kecerdasan intrapersonal (mampu mengukur kemampuan dan intropeksi diri),
kecerdasan linguistik (mampu dan luwes berbicara atau bercerita),
Kecerdasan naturalis (senang dan menyukai alam),
Kecerdasan moral yang menurut bunda Romi sangat penting dimiliki semua orang agar mempunyai kontrol untuk tidak melakukan korupsi.
Salah satu arena bermain yang disukai anak-anak
Salah satu arena bermain yang disukai anak-anak

Bunda Romi mencontohkan Anabel yang mempunyai kecerdasan intrapersonal, mampu mengukur kemampuan dirinya, punya kemauan mencoba lagi, plus kemampuan moral untuk ikut antri mengikuti permainan.

So, ayah,bunda, jangan ragu untuk terus mendukung prestasi anak alergi ya. Jangan jadikan alerginya sebagai penghambat berkegiatan dan berprestasi maksimal. Sstt, bahkan Dr. Zaki pun menyebutkan, alergi makanan bukan pertanda selamanya harus menghindar dari pencetusnya. Di waktu lain tak ada salahnya dicoba lagi, siapa tahu kekebalan tubuhnya sudah lebih baik.

Anak-anak yang asyik bermain di arena Platinum Kids Olympic
Anak-anak yang asyik bermain di arena Platinum Kids Olympic

Sayang sekali Falda ga ikut, pasti Falda seneng banget kalau ikut acara ini. Ada banyak kegiatan yang bisa diikuti. Mulai ikut lomba lari, halang rintang, lompat, bernyanyi, dsb.

Panggung gembira sebagai salah satu tempat berkreasi
Panggung gembira sebagai salah satu tempat berkreasi

Acara Talkshow siang itu ditutup Choky Sitohang selaku MC dengan foto bersama narasumber.

Foto bersama narasumber

Ahh, semoga Platinum Kids Olympics ini bisa sering diadakan. Banyak orang tua yang hadir dan menemani anaknya bertanding, ikut bahagia mendukung prestasi anaknya.





Oh ya, buat ayah dan bunda yang masih penasaran dengan alergi, bisa cek sosial media Morinaga ya, atau buka websitenya untuk info lebih lanjut tentang produknya.

Media Sosial Morinaga
Fb & IG : MorinagaPlatinum
Twitter : MorinagaID
Sites :
www.morinagaplatinum.com
www.morinagamiplayplan.com

19 komentar:

  1. aku alergi debu tapi untunhnya anakku ndak alergi juga. memang agak ribet kl pnya alergi.

    BalasHapus
  2. Aim pernah alergi ikan tongkol dulu. Aku habis makan oseng tongkol pedas, terus nyusuin. Eh muncul bintik2 merah banyak banget, mana pas mudik ke blitar berdua aja.

    BalasHapus
  3. Untunglah sejauh ini belum menemukan makanan atau minuman yang buat ia alergi mba

    BalasHapus
  4. wah ternyata tingkat alergi anak pengaruh banget dari keturunan ya, pantes anakku pd alergi dingin, ayah bundanya ada bakat itu.. btw, keren bgt ya arena olympic Morinaga, andai bisa ajak anak2 ke sana

    BalasHapus
  5. Seru ya acaranya.. anak2 pasti betah.. banyak spot permainan menarik..

    BalasHapus
  6. Wah arena bermainnya outdoor seru bangett Mbak, Aim pasti suka jika bisa ikutan.

    BalasHapus
  7. Wah, makasih informasinya mba ^_^

    BalasHapus
  8. Saat kecil si sulungku alergi susu sapi dan kuberi soya. Alhamdulillah tak berlangsung lama. Skrg adiknya pas bayi alergi ikan dan sampai sekarang umur 3thn hak doyan semua jenis ikan. Sedih sih. Tapi potensinya juga gak boleh sampai terhambat karena alergi

    BalasHapus
  9. Alergi kadang dianggap gak penting, padahal bisa sangat mengganggu segala aktivitas ya, Mbak.
    Wah .. acaranya seru sekali, bahkan anak-anak juga ikut beraktivitas.

    BalasHapus
  10. Anakku alergi debu.. serba salah, gak dilarang anaknya selebor banget kalau main tapi dilarang juga kasian

    BalasHapus
  11. Sekarang orangtua tidak khawatir lagi ya kalau anaknya alergi. Sudah ada solusinya dari Morinaga. Acaranya seru banget mbak

    BalasHapus
  12. Anakku si Alaric, alergi mba. Sampe usia sekira 1 tahun ga bisa minum susu sapi. Akhirnya pake pengganti susu kedelai dan susu kambing.

    Alergi ini sepele tapi emang bikin repot. Sukur deh Morinaga ada solusinya.

    Btw, suka konsepnya Bunda Romi, semua kecerdasan anak yang majemuk itu perlu distimulasi secara seimbang di usia dininya ya.

    BalasHapus
  13. Seru acaranya,sayang aku pas berhalangan datang

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah sampai saat ini anak tidak punya alergi.

    BalasHapus
  15. Segala sesuatu yang berhubungan dengan alergi Morinaga bisa mengatasinya ya bun, ahh catet buat bekal ke depan.

    BalasHapus
  16. Seruuu banget mbak acaranya! :) Anakku blom alergian sih, cuman masih bayi hehehe blom MPASI

    BalasHapus
  17. setuju bgt mba, alergi itu kerap sangat membatasi ruang gerak. terlebih pada usia anak akan menghambat proses tumbuh kembangnya

    BalasHapus
  18. acaranya olympics-nya seru dan menyehatkan ya mak, karena outdoor dan banyak area permainannya

    semoga tahun depan ada lagi dan bisa ikutan sambil bawa anak

    BalasHapus
  19. Alhamdullilah,anakku gada alergi

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com