Senin, 27 Februari 2017

Ragu Label? Telpon Call Centre BPOM!

Ragu Label? Telp Call Centre BPOM! Pernah ga sih meriksain label-label makanan atau obat-obat bebas? Saya? Sering! Hahaha.

Entah sejak kapan persisnya saya kebiasaan selalu baca label makanan, minuman, obat, atau apapun. Kemasan non konsumsi aja biasa saya teliti, cek spek-speknya, apalagi kemasan untuk konsumsi.



Baca label itu penting banget. Pertama, cek, apakah produknya masih layak konsumsi, belum kadaluarsa. Berikutnya, saya akan cek komposisi bahannya, apakah mengandung bahan-bahan yang harus saya hindari. Misalnya MSG, gula buatan, pewarna, pengawet, dsb. Ketiga, saya musti cek, apakah produk tsb punya ijin edar dari BPOM.

Urusan ijin edar ini nih yang saya masih lemah. Terus terang saya ga paham membaca ijin edar dari BPOM. Selama ini, kalau ragu-ragu dengan suatu produk, saya memilih untuk membatalkan pembelian. Cari jalan aman. Hahaha.

Ternyata, ada jalan lain yang bisa ditempuh kalau kita pengen banget beli produk tsb lho. Caranya?

Telpon Call Centre BPOM 1500533!

Tanyakan hal apa saja atau temuan produk meragukan yang kita ragukan. Makanan, minuman, kosmetik, dan obat-obatan.

Idealnya, semua produk yang beredar dan masuk ke pasar Indonesia, harus lah melalui proses uji dulu di BPOM, Badan Pengawasan Obat dan Makanan. Lembaga bentukan presiden, setara menteri, tapi non kementerian.

BPOM bertugas melakukan pengawasan dan pengontrolan terhadap semua obat dan pangan yang beredar. Memastikan produk tersebut aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan.

Berhubung kaitannya erat dengan kesehatan, maka BPOM harus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dalam urusan regulasi. Mereka berdua ini bagai kawan karib yang saling bersinergi dalam urusan obat-obatan dan makanan.

Kementerian Kesehatan yang menentukan regulasi kadar pewarna makanan yang aman bagi kesehatan misalnya, BPOM yang bertindak sebagai eksekutor dalam menguji sampel dan menentukan produk telah layak edar dan memenuhi syarat regulasi.

Foto saat di lab (dokumentasi bpom)


Tak heran jika BPOM punya banyak lab. Ada lab pengujian makanan, kosmetik, obat, dsb.

Pengujian obat tradisional (dokumentasi bpom)

Pada Selasa, 21 Februari 2017 lalu, para blogger mendapat kesempatan untuk berkunjung dan melihat para laboran ini bekerja. Tapi, berhubung area lab adalah area steril, kami tidak diperkenankan masuk dan mengambil gambar.


Suasana di dalam lab (dokumen bpom)

Tapi, bisa berkunjung dan melihat-lihat ruang kerja BPOM aja sudah bikin kami girang. Kami jadi punya gambaran bagaimana rumitnya kerja badan POM itu.

Uji kosmetik sebelum beredar (dokumen bpom)


Lebih senang lagi karena kami jadi tahu, jika kami ragu-ragu akan label sebuah produk, kami bisa menelpon call centre BPOM 1500533.
Kirim email ke helobpom@pom.go.id, atau bertanya via sosial media facebook di bpomri atau twitter @bpom_ri @hellopompi

Bisa juga buka Website www.pom.go.id untuk info produk-produk berbahaya atau ciri-ciri produk yang mengandung borax.

Yaaa, next, kalau ragu dengan label suatu produk, better telpon aja ya, biar aman :)

7 komentar:

  1. wah jadi lega.. soalnya pernah ada berita kl logo BPOM bisa dibeli.. makasih infonya Mbak Maya

    BalasHapus
  2. MAkasih infonya Mbak. JAdi bisa langsung cepet tahu ya kalo kita nggak tahu produk yg akan kita konsumsi. Tinggal telpon, jelas deh

    BalasHapus
  3. Hai mba Maya. Dulu sering banget aku liputan di BPOM. Jadi ingat banyak makanan dan obat-obatan yang diteliti ya

    BalasHapus
  4. harus lebih teliti ya bunda sebelum memilih produk , harus cerdas untuk kesehatan .

    BalasHapus
  5. Wah asik kalo galau bisa langsung terjawab by phone. Thanks infonya ya mba Maya

    BalasHapus
  6. Catet nomornya di HP
    Biar klo ragu2 bisa langsung telp
    Makasi ya mbak

    BalasHapus
  7. Nah ini baru bener, jadi kalo ada berita hoax soal produk2, bisa langsung cek ke BPOM ya, mba.. Makasih infonya, mba :)
    Semoga saja makin banyak orang bijak yang mau cari info dulu sebelum nyebar info hoax ya.

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com