Pages

SOCIAL MEDIA

Senin, 10 Oktober 2016

Warna #BatikIndonesia dalam Inovasi

Warna #BatikIndonesia dalam Inovasi - Terus terang, saya bangga menjadi orang Indonesia. Bangga sebagai orang Indonesia yang mempunyai batik sebagai salah satu kekayaan budayanya.

Sejak kecil saya sudah cinta batik dan selalu menyukai apa saja yang berbau-bau batik. Tiap lihat batik, mata saya langsung ijo. Pengen rasanya semua dibawa pulang atau dipajang buat koleksi. Sehari-sehari pun saya hampir selalu berbatik ria. Baca "Dasteran". Hahaha.

Kalau lagi main ke Jogja, sudah bisa dipastikan saya akan asyik uplek-uplekan di Malioboro atau pasar Beringharjo. Apalagi kalau bukan cari batik. Entah daster batik buat saya, celana batik buat anak-anak, kemeja batik buat suami, sampai dress batik buat Falda. Apapun yang ada unsur batiknya, udah pasti bikin saya galau. Khawatir dompet tipis kalau dibelanjain semua, tapi hasrat hati susah ditahan. Huhuhu.


Jika dulu saya hanya kenal batik dengan pakem-pakem tertentu dan untuk pemakaian yang itu-itu saja. Kini, dalam sepuluh tahun terakhir, batik semakin berubah wujud. Saya melihat semakin banyak produk inovatif yang dibuat dari bahan kain batik, atau setidaknya terinspirasi oleh batik.

Salah satu contoh adalah ketika batik saya temukan dalam bentuk sepasang sepatu. Buat saya, ini sebuah ide kreatif. Saat batik umumnya hanya digunakan untuk pakem pakaian, kini bisa ditemukan dalam bentuk sepatu. Batik yang pakemnya digunakan untuk acara-acara resmi, suasana formil, jadi terasa santai dan tak terlalu kaku.

Sepatu dengan kain batik dari TheWarna
Sepatu dengan kain bermotif batik dari TheWarna (foto koleksi pribadi)
Sepatu batik cantik ini pun jadi teman saya ke mana-mana saat ini. Saya bangga Indonesia punya batik, dan saya bangga anak-anak muda mampu menghasilkan karya yang inovatif dari kain batik.

Tak hanya itu, beberapa waktu lalu saya menemukan seorang teman, mba Wanda Hazman, menerbitkan sebuah foto perangkat makan cantik bermotif Mega Mendung. Saat saya tanyakan, di mana teman saya ini menemukan perangkat makan cantik ini? Di Bandara Terminal 3 Ultimate. Rupanya ada 1 spot di Bandara ini yang khusus menampilkan karya-karya seni semacam ini. Duuh, saya lihatnya jadi pengen punya.

Perangkat Makan Bermotif Mega Mendung (foto Wanda Hazman)

Batik kini tak hanya sebatas tradisi, tapi sudah bertansformasi ke dalam berbagai bentuk. Anak-anak muda kreatif kini bagaikan berlomba-lomba melahirkan inovasi yang terinspirasi berbagai motif batik. Mulai kemeja formal hingga kasual. Mulai sepatu sampai tas. Bros, kalung sampai gelang. Mulai pajangan hingga perangkat makan.

Trend fashion Batik ini pun kini Go International. Beberapa desainer dunia mulai banyak yang mengadaptasi motif batik untuk berbagai rancangannya. "Many world fashion designers now have adapted the Indonesian Batik in their fashion collection. They do not take “how to” batik technique, which has been recognized as a UNESCO Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity of Indonesia since October 2, 2009, but his motives. Some of the designers or labels that use this motif was Dries Van Noten, Nicole Miller, Burberry Prorsum, and Diane von Furstenberg." - Trendvogue.net
Batik Indonesia dalam rancangan Van Noten
Batik Indonesia dalam rancangan Van Noten (foto Trendvogue.net)

Berbagai artis Hollywood dan seleb dunia pun kini tak malu-malu lagi mengenakan berbagai busana bermotif batik hingga asesorisnya. Mereka secara tak langsung membuat motif #BatikIndonesia makin populer dan mendunia.

Berbagai artis mancanegara yang menggunakan batik
Berbagai artis mancanegara yang menggunakan batik (foto Trendvogue.net)


Ada yang menganggap ini sebuah kemajuan sehingga disambut dengan sangat positif. Tapi, di sisi lain, ada juga yang merasakan ini sebagai sebuah kemunduran. Kesakralan batik seolah menguap. Beberapa motif batik yang penuh filosofis seperti kehilangan maknanya.

Entahlah. Saya tak mau berdebat tentang pro kontra ini. Bagi saya, berbagai warna batik Indonesia yang hadir dalam inovasi ini hendaknya dirayakan dengan suka cita. Setidaknya bangga pada generasi muda yang semakin banyak melirik batik. Begitu tergugah untuk terus melestarikannya.

Tapi, euforia ini juga perlu disusulkan dengan pengetahuan tentang makna filosofi batik yang memadai. Ini yang sebenarnya diperlukan generasi muda ini. Mereka perlu mendapatkan pemahaman yang cukup akan makna motif batik klasik.

Pengetahuan yang cukup tentang batik, akan membuat mereka mampu menempatkan batik pada proporsi yang sebenarnya. Mana yang bisa dimodifikasi, mana yang harus tetap ditempatkan sesuai hakikatnya.

Yuuuk cintai #BatikIndonesia dan pahami makna terdalam di baliknya.


#BiennaleBatikJogja

Sumber : http://www.trendvogue.net/indonesian-batik-and-american-fashion-industry/

17 komentar :

  1. Cantik banget itu peralatan makan dari batiknyaaa...

    BalasHapus
  2. Model pakaian batik juga beragam, ada yang klasik dan ada yang gaul.
    Terima kasih artikelnya yang informatif.
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  3. Batik Indonesia mengudara, hingga ke mancanegara pula. Batik klasik, aku sukak :D

    BalasHapus
  4. Dulu, ketika masih kuliah, saya jarang sekali pake batik. Sekarang, sering banget pake batik. Bahkan, ketika menulis komentar ini pun baju saya batik :)

    BalasHapus
  5. Batik sekarang banyak diminati semua kalangan ya mbak, yuk main ke Jogja mampir tempat saya.

    BalasHapus
  6. Peralatan makan juga dengan motif batik.
    Saat ini semakin banyak motif batik yang digunakan.

    BalasHapus
  7. Batik itu favorit mbak, paling suka Jagong pake batik sarimbit sama suami. Sukses lombanya yaaa

    BalasHapus
  8. Saya suka batik mbak, apalagi batik modern.

    BalasHapus
  9. Alamak batiknya cantik - cantik amat sihhhh duh gemes!

    BalasHapus
  10. aku jadi pingin punya wallpapaer batik mbak :)

    BalasHapus
  11. Itu sepatunya unyu bangeet, kd pingin, klo gk salah ada brand sepatu batik yg heits bgt ya skrg. Intip store nya ah

    BalasHapus
  12. Batik Indonesia memang keren Mbk Maya. Bangga banget sama Batik Indonesia. Semoga Batik Indonesia semakin mendunia ya.

    BalasHapus
  13. Itu sepatunya bagus ya.... jadi pengen hihihi...

    BalasHapus
  14. saya suka batik karena bisa di pake diberbagai acara, formal atau semi formal jadi gak ribet nyari2 baju lagi :D

    BalasHapus
  15. batik emang cantik, dia kayak punya daya magic gitu

    BalasHapus
  16. Cantik sekali sepatu batiknya. Terkesan anggun dan unik.

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com