Pages

SOCIAL MEDIA

Senin, 01 Agustus 2016

Pantau Tumbuh Kembang Anak dengan PRIMA

Pantau Tumbuh Kembang Anak dengan PRIMA. Anak adalah anugerah terindah yang diterima orang tua. Demi menjaganya, orang tua merawatnya dengan penuh kasih sayang, memastikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Termasuk melakukan pemantauan berkala, untuk memastikan tumbuh kembangnya optimal.

Sedikit saja ada hal-hal yang dirasa tak sesuai, orang tua akan bingung dan bertanya-tanya, "ada apa ya dengan anak saya?"

Nah, demi membantu meringankan tugas orang tua, IDAI, Ikatan Dokter Anak Indonesia memberikan hadiah berupa PRIMA, sebuah aplikasi untuk Orang tua dan juga dokter dalam membantu memantau tumbuh kembang si kecil.



Apa dan Bagaimana Aplikasi ini?

Simak yuk melalui foto-foto berikut

Penjelasan tentang aplikasi PRIMA

PRIMA adalah aplikasi digital pertama yang secara resmi dikeluarkan oleh IDAI untuk memudahkan para orang tua dalam memantau tumbuh kembang anak.

Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan para orang tua akan merasa terbantu dalam melakukan pemantauan sendiri terhadap tumbuh kembang anak-anaknya. Orang tua dapat melakukan pemantauan, apakah tinggi anaknya sudah sesuai dengan rata-rata anak sebayanya.Apakah beratnya sudah sesuai dibanding tinggi dan usianya.


Apa saja Menu-menu dari aplikasi ini?


Melalui aplikasi ini, orang tua akan dapat mengetahui dan melakukan record

1. Jadwal Imunisasi

Fitur ini menampilkan jadwal imunisasi untuk anak. Orang tua dapat menyimpan data imunisasi apa saja yang sudah dilakukan dan kapan imunisasi tersebut diberikan. Nantinya aplikasi ini akan membantu orang tua mengingatkan jadwal imunisasi selanjutnya 

Grafik Pertumbuhan WHO dan CDC

Fitur ini dihadirkan untuk memantau pertumbuhan anak, apakah sudah sesuai pertumbuhan rata-rata anak seusianya. Ada grafik WHO untuk anak usia 0-5 tahun, dan grafik CDC untuk usia 5-18 tahun.

Fitur ini akan memudahkan orang tua dalam memantau berat maupun tinggi badan anak. Bisa dilihat dari sisi berat badan atau tinggi badan. Apakah sudah sesuai dengan tinggi dan berat rata-rata usia? atau kurang gizi? Atau masuk kategori obesitas? Tinggal dicek grafiknya.

Agar mudah menggunakan fitur ini, orang tua perlu mempunyai data berat dan tinggi badan anak. Jika ingin hasil yang akurat, ada baiknya melakukan pengukuran di fasilitas atau layanan kesehatan terdekat, misalnya puskesmas, posyandu, RS, klinik, dsb.

Dengan adanya fitur ini diharapkan agar pertumbuhan anak-anak Indonesia semakin terpantau dan bisa segera terbebas dari tingginya kasus gizi buruk.


Saat mencoba fitur ini, saya sempat kebingungan, bagaimana menginterpretasikan grafik yang ditampilkan. Mungkin ada baiknya grafik yang ditampilkan diberikan keterangan atau penjelasan hasil grafik, apa interpretasi grafik tersebut. Bagaimana berat badan anak terhadap tinggi maupun usianya.

3. Tahap Perkembangan Anak

Fitur ini dihadirkan dengan harapan orang tua dapat mempunyai pemahaman yang lebih baik tentang tahapan perkembangan anaknya. Ada 2 isu utama yang ada dalam fitur ini

1) Tahapan dan Tanda Bahaya Perkembangan

Fitur yang tampil dalam bentuk kuesioner ini hanya perlu diisi atau dicheck. Fitur ini akan memudahkan orang tua dalam memantau perkembangan tiap anak sesuai kelompok usia.

2) Stimulasi perkembangan

Fitur ini berisi informasi seputar stimulasi apa yang tepat diberikan pada anak, sesuai tahapan perkembangan dan kelompok usianya. Misalnya, bagaimana memberikan stimulasi kemampuan gerak halus pada bayi 0-3 bulan.

4. Kuesioner Kunjungan ke Dokter

Sering panik kan kalau anak-anak tiba-tiba sakit? Perlu ke dokter ga ya? Sakitnya apa sih?
Fitur ini akan bisa sedikit mengurangi kekhawatiran orang tua ketika menghadapi anaknya yang sakit.

Fitur ini terbagi dua,
1) Kuesioner sebelum ke dokter
2) Kuesioner saat ke dokter
Kuesioner pada fitur ini pun terbagi lagi menjadi kunjungan anak sehat dan kunjungan anak sakit. Apa saja yang perlu dicek, data apa saja yang diperlukan dan perlu diperhatikan oleh orang tua, dapat disimpan di fitur ini.

5. Materi Edukasi Orang Tua

Fitur ini berupa materi bagi para orang tua, panduan dalam perilaku hidup sehat dan aktivitas bagi anak.



6. Skrining

Fitur ini berguna untuk mendeteksi gangguan kesehatan anak secara umum. Ada fitur kuesioner KPSP, Kuesioner Pra Skrining Perkembangan yang dapat diisi dan dijadikan acuan saat kunjungan ke dokter.



Keren kan fitur-fiturnya?

Sekarang, bagaimana cara menginstal aplikasi PRIMA?
1. Buka Play Store pada perangkat smartphone
2. Ketik PRIMA pada pencarian
3. Pilih aplikasi PRIMA yang mempunyai tulisan Ikatan Dokter Indonesia (IDAI)
4. Klik instal
5. Tunggu sampai selesai dan aplikasi siap digunakan


Bagaimana? Asyik ya, dengan aplikasi ini, orang tua bisa yakin kalau anaknya sudah Prima. Tak perlu lagi merasakan kecemasan setiap saat. Kalau sedang cemas, buka-buka deh aplikasinya, coba cari info kesehatan atau cek stimulasi apa yang perlu diberikan pada anak pada usia tertentu.

Andai aplikasi ini sudah ada sejak dulu.

Walaupun anak-anak sekarang sudah melewati masa seribu hari pertama, kehadiran aplikasi ini menjadi harapan positif bagi saya dan banyak orang tua. Semoga dengan aplikasi ini akan membantu banyak orang tua yang kebingungan akan tumbuh kembang anaknya.

Oh ya, kalau kesulitan memulai utak atik aplikasinya, ini ada video aplikasi yang diunggah mb Astri yaa



12 komentar :

  1. Wah, aplikasinya canggih banget mbak. Bisa membantu para orang tua untuk memantau perkembangan anak.

    BalasHapus
  2. Aplikasinya keren banget. Manfaatnya sungguh luar biasa untuk orang tua.

    BalasHapus
  3. Menu nya lengkap ada jadwal imunisasi jadi ngak bakal lupa kalo waktu nya imunisasi lanjutan

    BalasHapus
  4. Wah rekomended banget ini aplikasinya untuk emak-emak macam saya ya 😁

    BalasHapus
  5. Wuih, bangus baget aplikasinya mbak, fiturnya juga beragam dan lengkap banget, cocok buat para bunda yang belum berpengalaman seperti saya. Makasih banget udah share yaa ^-^

    BalasHapus
  6. lengkap banget aplikasi prima ini ya mba, cobain ahh, makasih ya reviewnya...

    BalasHapus
  7. Semoga ke depan lebih lengkap toolsnya ya mak ^_^

    BalasHapus
  8. Wah. Asyik ni. Jadi lebih gampang memantau perkembangan anak. Termasuk ngasih argumen buat yang suka kritik "umur segini kok belum bisa ini? Belum bisa itu?" Hihi

    BalasHapus
  9. Hidup semakin mudah dgn berbagai app...

    BalasHapus
  10. Asal rajin update aja pasti bakalan ketahuan grafik tumbuh kembang anak :)

    BalasHapus
  11. Waah makasih infonya Mbak Maya.Langsung install deh.Soalnya bentar lagi mau lahiran anak ketiga.Mayan ...ada jadwal imunisasi dan tumbuh kembang anak ya.

    BalasHapus
  12. Wah app nya keren ya mbak, bermanfaat sekali ini untuk memantau tumbuh kembang anak.

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com