Pages

SOCIAL MEDIA

Senin, 30 Mei 2016

Kuliah Online? Why Not?

Kuliah Online? Why Not? Salah satu tuntutan yang diminta hampir setiap perusahaan pada karyawannya adalah meningkatkan keahlian dan kemampuan. Tujuannya semata-mata agar karyawan semakin kompeten dan mampu mengembangkan diri dengan lebih baik. Semakin mampu meningkatkan kemampuan, semakin mampu berkontribusi lebih banyak bagi kemajuan perusahaan.

Ada perusahaan yang menyediakan training-training berkala atau kursus-kursus singkat. Tapi, tak jarang perusahaan meminta karyawannya untuk kuliah lagi. Baik itu dibiayai perusahaan, atau biaya sendiri. Seorang pekerja yang berinisiatif meningkatkan kompetensinya dengan kuliah lagi biasanya termotivasi untuk meningkatkan daya saing. Misalnya agar bisa naik gaji atau agar bisa menduduki jabatan tertentu.

Pilihan untuk kuliah lagi, bukan lah pilihan yang mudah. Menyediakan waktu di sela-sela waktu kerja untuk mengerjakan tugas, menghadiri kuliah, mencari literatur, kerja kelompok, dan sebagainya, bukanlah perkara gampang. Kondisi jalanan yang macet atau kondisi tubuh yang sudah lelah setelah 8 jam bekerja, bisa jadi penghambat.




Ada yang pengen kuliah, tapi terkendala waktu. Ada yang pengen kuliah, tapi terkendala jarak. Ada pula yang pengen kuliah, tapi terganjal kerja. Padahal yaa, kata siapa kuliah harus datang ke kampus? Di jaman yang sudah hampir serba digital ini, salah satu cara agar tetap bisa kuliah tapi gak perlu repot-repot datang ke kampus ya dengan kuliah online.

Kuliah online? 

Kuliah Online sebenarnya hampir sama dengan kuliah biasa. Tetap belajar, mendapatkan materi, diskusi, dan sebagainya. Bedanya, semua aktivitas mulai dari tatap muka, pengerjaan tugas, sampai konsultasi, dilakukan melalui internet. Hampir mirip kuliah-kuliah online di luar negeri sana.

Kecanggihan teknologi, sejatinya diciptakan untuk memudahkan. Ya kan? So, kalau ada pilihan yang memudahkan, why not?

Agar kuliah online lancar dan mendapat ilmu yang sesuai, perlu memilih universitas penyelenggara yang dapat dipercaya dan berkualitas. Kualitas ini mencangkup kegiatan belajar serta interaksi mahasiswa tersebut.

Belum banyak Universitas yang menyelenggarakan sistem kuliah online yang terpercaya dan berkualitas. Binus Online Learning hadir memberikan kemudahan. Sistem Binus Online Learning ini sangat Fleksibel, Dalam kegiatan belajar, mahasiswa bisa melakukan interaksi dengan dosen kapan pun, di mana pun, tak terbatas waktu dan tempat.

Tatap muka di ruang kelas tetap dilakukan, terbatas pada kegiatan yang membahas kasus, diskusi pemantapan pemahaman materi kuliah, dan saat ujian. Interaksi dengan dosen dan praktisi sangat diutamakan untuk mendapatkan dan meningkatkan kemampuan dan wawasan mahasiswa dalam kegiatan praktis dan pengambilan keputusan yang nyata. Metode ini cocok untuk pekerja professional dan entrepreneur bahkan ibu rumah tangga yang ingin melanjutkan studi S1 tapi terkendala waktu dan tempat.

Binus Online Learning sudah menyiapkan dan memperhitungkan agar mahasiswa mendapatkan hasil yang berkualitas. Mahasiswa fokus belajar dengan jumlah mata kuliah yang terbatas di tiap periode/semester, sehingga hasil yang didapat lebih maksimal. Mahasiswa juga akan mendapat Pembelajaran Global. Tidak hanya diajar oleh dosen dari kota seperti Jakarta, tapi juga dosen-dosen dari luar negeri.

Binus Online Learning menggunakan LMS (learning management system) yang terintegrasi untuk membangun jaringan interaksi antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan pembimbing akademis. Dengan cara seperti ini, mahasiswa dapat berhubungan dengan mudah baik dengan dosen maupun teman-teman kuliahnya. Ketika mau bertanya atau menemukan kendala, tak harus bertemu secara fisik, cukup dengan saling terhubung melalui jaringan.

Berikut ini pilihan bidang studi yang bisa dipilih
Program studi di Binus Online School
Program studi di Binus Online School

Setiap mata kuliah akan diterima dalam beberapa bentuk:
- Diskusi di forum
- Tugas individu / kelompok
- Video conference,
- Video pembelajaran.

Semua dilakukan secara online. Namun, pada awal masuk perkuliahan dan menjelang ujian, mahasiswa tetap harus datang ke BULC atau kampus BINUS.

Binus University Learning Community atau yang dikenal sebagai BULC sudah hadir di beberapa kota, diantaranya Palembang, Semarang, Malang dan Bekasi. Menyusul kota-kota lainnya. Dengan adanya BULC, jika mahasiswa sedang tugas ke luar kota dan bertepatan dengan waktu ujian ataupun perkuliahan Face to Face, maka dapat datang ke BULC terdekat untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Dengan progam EES (Employability and Entrepreneurial Skill) yang dimasukkan ke dalam mata kuliah, Tak hanya bertujuan menyiapkan lulusannya agar siap bekerja, tetapi juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Saat ini Binus Online Learning sudah menghasilkan lebih dari 300 lulusan terbaik yang tersebar di berbagai instansi dan perusahaan, baik nasional maupun multinasional.

Dengan metode pembelajaran secara Online, bisa #MajuTanpaBatas karena bisa kuliah kapan saja, dimana saja. Tak ada lagi batasan, sekarang bisa dilakukan sambil bekerja, mengejar passion, mengurus bisnis, bahkan travelling ke luar negeri.

Sudah siap untuk #MajuTanpaBatas?


16 komentar :

  1. Walau sudah ibu-ibu asal semangat ada aja jalan buat belajar lagi ya mbak. Hebat binus yg sudah jeli memberi solusi. Sukses mbak maya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, ibu-ibu juga tetep mau maju yaa

      Hapus
  2. Malah menjadi inovasi kekinian nih mbak sistem kuliah online saat ini.bonus emang keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu solusi buat yg sibuk mbaak

      Hapus
  3. Dengan online sekarang semua gampang ya Mba May. Repot kerjaan bisa tetep lanjut studi dg metode online gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kuliahnya jadi simpel, ga banyak menyita waktu

      Hapus
  4. Berarti kuliahnya kayak kuliah offline ya, bisa face to face.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tetep bisa face to face, bisa ketemuan dosen juga

      Hapus
  5. Kuliah ini solusi cerdas buat emak-emak yang masih pengen belajar tapi gak punya waktu buat dateng ke kampus setiap saat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bangeett, buat emak-emak yang masih pengen kuliah lagi juga bisa banget

      Hapus
  6. Enak banget ya kuliah jaman sekarang
    Semua dipermudah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iyaaa, dipermudah. yaa begitulah tujuannya teknologi, mempermudah

      Hapus
  7. Kuliah online cucok nih buat emak bekerja tapi masih pengen kuliah kayak aku...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, coba daftar gih, kan mayan bisa kuliah lagi ga pake ribet

      Hapus
  8. Waah, boleh juga neh... Binus Online Learning :)

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com