Selasa, 05 April 2016

Kecepatan Download Modem 4G Andromax M2Y [Testimoni]

Kecepatan Download Modem 4G Andromax M2Y [Testimoni] 

Postingan kali ini agak-agak berbau tekno sedikit. Bukan ranah saya sih, tapi karena merasa terbantu banget sama perangkat yang satu ini, saya mau ulas sedikit. Ulasan kali ini bukan job review, bukan pula paid review ya. Apa bedanya? Hahaha, cari tahu sendiri, yang pasti ini bukan sponsored post. Saya sama sekali tidak dibayar oleh Smartfren. Murni testimoni karena puas sama produknya. Saya mau berbagi info, siapa tahu ada yang butuh.


Modem Andromax M2Y
Andromax M2Y yang bisa dicolok ke komputer

Ceritanya saya mendapat kepercayaan untuk mengelola sosial media dan web content dari produsen sebuah produk UMKM. Namanya dapat kerjaan lumayan serius tentu ga bisa digarap asal-asalan donk. Urusan download mendownload dan upload mengupload content jadi hal yang wajib dijalankan. Untuk melancarkan urusan yang satu ini, tentu saja butuh koneksi yang bagus. Ga bisa lagi mengandalkan modem jadul yang kecepatan uploadnya hanya sekian Kbps yang selama ini masih saya pertahankan.

Hari gini, jaman semua sudah 4G, masa saya masih pakai internet berkekuatan kura-kura? Yang kalau upload 1 foto bisa menghabiskan 2 tangkup roti dan 1 gelas latte? *ehh

Akhirnya berkelana ke sana ke mari mencari provider yang cucok, menyesuaikan lokasi saya tinggal. Berhubung tinggal di udik, di gunung yang sinyalnya susah-susah gampang, saya pun bimbang. Provider apa yang bisa sampai ke sini dengan kecepatan mumpuni?

Satu-satunya alternatif cuma Speedy. Mau coba berbagai provider broadband, ga ada yang sampai ke lokasi saya. Speedy pun saya hubungi, minta tolong teman suami yang sudah lebih dulu pasang. Eh kog ya ga datang-datang petugasnya.

Beberapa minggu lalu saya baca postingan Pakdhe Abdul Cholic di Facebok soal modem Andromax. Masih belum yakin dan belum paham banget. Ini modem apa sih sebenarnya. Sudah sounding-sounding ke suami, tapi dia pun ragu karena kami memang belum mendapat info detail.

Sampai lah saya pada penemuan tak sengaja. Ceritanya mau cari-cari smartphone penunjang kerja. Sambil keliling dan tanya-tanya ke berbagai counter, terdampar lah kami pada 1 counter yang menawarkan smartphone Smartfren. Bukannya tertarik dengan smartphone yang ditawarkan, saya dan suami malah sibuk bertanya tentang modem Andromax yang terlihat ada banyak di etalase. Saya mau memastikan, modem ini bakal bisa bagus ga sinyalnya di tempat kami yang sering banget susah sinyal. Apa mungkin sinyal 4G yang diusung si Andromax ini akan bisa sukses di tempat kami?

Singkat cerita, saya akhirnya memilih untuk mencoba. Agak gambling sih. Kalau ga bisa gimana? Ga mungkin bisa dibalikin kan? Tapi ya sudahlah, coba aja dulu.

Sampai di rumah, saya tak sabar untuk langsung mencoba. Percobaan pertama adalah memastikan modem ini bisa digunakan untuk komputer alias PC rumahan yang ga punya akses Wi-Fi. Ternyata nyambung euuy. Bisa terkoneksi. PC bisa online. Yippiiiie. Ada kabel data yang bisa dihubungkan ke PC yang berfungsi sebagai modem sekaligus hotspot Wi-Fi buat perangkat lainnya macam hp saya, hp suami, laptop, tab, dsb (lihat foto di awal postingan). Wiihhh, ini dia yang selama ini kami cari-cari. Ke mana aja modem ini ngumpetnya yaa? Kog saya ga tahu?

Lumayan, sekarang jadi bisa irit kuota. Kami bisa ramai-ramai menggunakan Modem 4G Andromax M2Y untuk koneksi bersama selagi ada di rumah. Memang sih, menurut si mbak pramuniaga, modem ini bisa untuk koneksi 32 perangkat. Hiahaha, bisa bikin warnet dunk. Ehh, apa bikin persewaan? Upps.

Memang sih si mbak pramuniaga juga cerita, modem ini sudah dicoba hampir di seluruh Indonesia sampai ke Gunung Kidul segala. Malah Pakdhe nyoba dari Jombang kan ya? Cuma daerah Maluku dan Papua saja yang masih belum terjangkau. Mudah-mudahan sih bisa ikut merasakan dalam waktu dekat.

Koneksinya?

Waahh, ini yang bikin kelepek-klepek, saya bisa upload 3-4 foto ke blog tak sampai 30 detik. Ternyata setelah iseng-iseng tes pakai speedtest, kecepatan uploadnya 2-3 Mbps. Kecepatan download malah sampai 16 Mbps.

Speedtest Kecepatan Modem Andromax M2Y pada jaringan 4G
Speedtest Kecepatan Modem Andromax M2Y pada jaringan 4G

Hasil lain kecepatan upload dan download Modem Andromax M2Y
Hasil lain kecepatan upload dan download Modem Andromax M2Y

Kecepatannya memang bisa berubah-ubah. Tapi buat saya yang tadinya butuh waktu bermenit-menit bahkan kalau koneksi sedang luar biasa buruk, bisa hampir 1 jam untuk upload foto, happy banget sekarang cuma sepersekian detik. Kalau gini, selain melancarkan kerja, urusan blogging pun tenang. Ga lagi menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar. Hahaha.

Saking asyiknya pakai internet kecepatan tinggi, ga terasa kuota pun jadi cepat tergerus *haish*. Keasyikan ternyata. Buka aplikasi apa aja cepet, nonton youtube lancar, Main game apalagi. Tahu-tahu nongol peringatan kuota tinggal sekian. Huaaa. So, buat yang mau nyoba, beli kuota yang banyak sekalian, karena ga akan terasa habisnya, tahu-tahu kuota menipis akibat keasyikan browsing.

Yaa, untuk ukuran saya yang biasa cukup puas cuma dengan koneksi 2G atau 3G, bisa merasakan koneksi sekelas 4G di daerah yang susah sinyal itu luar biasa.

Oh ya, sebelum ada yang nanya, saya kasih tahu dulu deh, harga Modem 4G Andromax M2Y ini kisaran 300ribu. Mudah-mudahan sih harga di semua tempat sama ya, syukur-syukur lebih murah. Untuk paket datanya, sila cek sendiri paket data smartfren 4G ini berapa aja. Saya lupa persisnya. Kalo ga salah, paket data 100ribu itu dapat total kuota 19GB, 12 GB malam, sisanya siang *cmiiw

Update

Modem Wifi ini bisa dipakai sebagai hotspot wifi, jadi bisa dibawa ke mana-mana, ga harus dicolok komputer. Enak kan kalau pergi ke mana-mana tinggal bawa aja :)

Andromax M2Y White
Andromax M2Y White

Ada yang udah coba perangkat yang satu ini?
Share yuukkk

25 komentar:

  1. aku bingung, di kamarnya gak bisa ternyata :))))) tapi kamar pernah pake dan lancar :))))) sementara buat mobile & di kamar masih pake bolt yang sudah kembangkempis

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahh, kog ga bisa dipake di kamar mb? Kalo di aku nyampe ke kamar, setidaknya seisi rumah bisa pakai di tempatnya masing-masing

      Hapus
  2. wah lumayan kenceng ya, tapi kuotanya paket bergadang alias kalong hhihihii :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya, cocok buat yg suka ngalong

      Hapus
  3. Wih kereen kecepatannya nih
    Beneran bisa bikin lupa diri trus tau-tau kuota abis hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, beneran bikin lupa diri. Btw kayaknya udah komen, knapa ilang komennya ga?

      Hapus
  4. Aku oake andromax buat modem juga, kuota nya juara dan koneksinnya cepet cuman sebel kalo jam 20 -23 suka lemot hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh kok bisa sama yang menimpaku? kemarin koneksi Andromaxku juga sempat down jam 8 sampai 9 malam

      Hapus
    2. Kaesang suka lelah kalo jam segitu lemot dan down, padahal kan lagi nafsu2 nya nonton utub hhagahahaha

      Hapus
  5. aku juga sudah beli, lumayan kencang, bisa tandem sama bolt.. aku ucapkan bye bye kepada Speedy, mau cabut akses bulan ini... he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiihh kog pakai ditandem segala, biar making cepet?

      Hapus
  6. Sepertinya mba Maya puas dengan andromaksnya ya.. Kalau saya masih nyaman tethering dari HP nya aja langsung...lumayan cepet juga kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naahh si mbak pramuniaga nawarin gitu. Knapa ga beli hpnya aja biar bisa dithetering juga. Tapi kami butuhnya modem :).

      Hapus
  7. kalo ini ga bisa dibawa2 ya mba? saya lagi nyari yg bisa dibawa ke acara blogger. karena sering ga dapat koneksi kalo keluar rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibawa2, justru ini fungsi utamanya modem wifi, bisa dibawa ke mana2. Tapi berhubungan aku juga butuh buat PC, makanya aku jarang bawa :)

      Hapus
  8. Pas banget mak lagi butuh internet koneksi yg bagus

    BalasHapus
  9. aku punya ini dapet dari dorprize haseeekk hihi, nah kebetulan kan kalau baru gitu dapet kuota bonus gitu kan,sekarang lagi habis nih mau isi lagi rada ragu, ini paketnya per bulanan apa unlimited, untuk sinyal emang lancar beneerr, tau deh nanti kalau udah lama"masih lancar gak :D

    www.leeviahan.com

    BalasHapus
  10. daku pakai yang adiknya itu juga oke mak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg adiknya? Maksudnya seri sebelum ini?

      Hapus
  11. Kalau pakai internet super cepat, kelemahannya cuma itu Mbak, kuota cepat habis dan malas beranjak dari kompi :)

    BalasHapus
  12. Waaah, kecepatannya oke juga neh... cocok banget bagi blogger yang dinamis :)

    BalasHapus
  13. emang udah kebukti sama aku mak, cepet banget pake andromax. aku juga pake andromax M2Y hehee

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com