Jumat, 04 Maret 2016

Apa Manfaat Ekstrak Daun Sirih Dalam Pembalut?

Apa Manfaat Ekstrak Daun Sirih Dalam Pembalut?

Perempuan, baik ibu rumah tangga, pekerja kantoran, mahasiswi, atau siapa pun, pasti selalu padat aktifitas. Ada saja yang perlu dilakukan perempuan, baik masih single atau sudah berumah tangga. Pekerjaan rumah tangga yang tak ada habisnya menjadi bagian pekerjaan yang tak bisa diabaikan. Demi tetap fit, perempuan perlu menjaga agar staminanya tak drop tiba-tiba ketika sedang berkegiatan. Cara paling baik untuk menjaga kesehatan ya dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami. Misalnya minum perasan jeruk lemon yang menyegarkan dan dapat menjaga daya tahan tubuh.

Bahan alami lain yang dapat membantu menjaga kesehatan wanita adalah ekstrak daun sirih. Daun yang sudah lama dikenal sebagai bahan alami untuk menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan. Ekstrak daun sirih mengandung antiseptik yang berasal dari turunan zat Fenol yang disebut Kavikol yang kandungan antiseptiknya lima kali lipat dibanding fenol biasa. Tak cuma itu, daun sirih juga mengandung antijamur dan antibakteri yang mampu membunuh penyebab keputihan dan menghilangkan bau tak sedap pada organ kewanitaan.

Perempuan memang perlu menjaga kesehatan dan kebersihannya dengan teliti. Usahakan daerah kewanitaan selalu bersih dan kering. Area kewanitaan yang basah dan lembab menjadi sarana yang disukai oleh kuman dan bakteri untuk berkembang biak. Jamur akan mudah berkembang di area yang lembab.

Menurut Dr. Boy Abidin, Sp.OG biasakan untuk mengganti celana dalam yang mulai lembab untuk menghindari tumbuhnya jamur. Ganti pembalut lebih sering ketika sedang menstruasi agar area kewanitaan tak lembab dalam waktu lama. Darah yang keluar bisa menjadi media tumbuhnya kuman.

Saat menstruasi biasanya menjadi saat-saat yang kurang menyenangkan bagi sebagian besar kaum perempuan. Sedikit atau banyak tamu rutin bulanan ini bisa mengganggu aktifitas. Beberapa teman saya ada yang sampai pingsan karena rasa sakit hebat di area rahim. Saya sendiri kadang-kadang mengalami migrain atau meriang.

Saya juga sering merasa ga nyaman saat didatangi tamu bulanan ini. Gelisah dan dihantui ketakutan kalau pembalut yang biasa digunakan akan bocor dan meninggalkan noda di baju, hiks. Kan ga lucu kalau lagi asyik-asyik ikut acara tapi bolak balik ke toilet cuma untuk memastikan pembalut yang biasa digunakan aman atau tidak.

Cara paling aman ya memakai pembalut yang tepat dan menggantinya sesering mungkin. Akan lebih baik jika pembalut yang digunakan mengandung bahan yang bersahabat dengan area kewanitaan.

Beruntung saat mengikuti acara Ngopi bareng Nova pada 25 Februari 2016 lalu, pulangnya dioleh-olehi berbagai varian Softex Daun Sirih, salah satu merk pembalut yang sudah ada sejak tahun 70an.

Beberapa varian Softex Daun Sirih
Beberapa varian Softex Daun Sirih

Saya ga pernah tahu kalau Softex punya varian produk ini. Padahal teman blogger saya, Suci, mengaku pengguna setia varian ini. Lah kemana aja saya sampai ga tahu ada produk ini? Padahal inilah brand pembalut yang pertama kali saya kenal dan dengan setia menemani melalui masa-masa menstruasi sejak tahun 80an *ups ketahuan umur*.

Dulu belum banyak pilihan pembalut. Saya cuma bisa memilih produk pembalut reguler tanpa sayap saja yang biasanya terbuat dari kapas. Kini, berbagai inovasi pembalut terus dilakukan, mulai pembalut bersayap, pembalut panjang, hingga pembalut yang memasukkan ekstrak daun sirih.

Kenapa memilih memasukkan ekstrak daun sirih ke dalam pembalut?

Manfaat antiseptik, anti bakteri, dan anti jamur yang dimiliki daun sirih, berguna menjaga area kewanitaan agar tetap sehat dan bebas bau. Bahan antiseptik yang terdapat pada ekstrak daun sirih dapat mengusir kuman dan bakteri yang biasa menjadi penyebab gatal dan bau.

Rejeki saya deh mendapat contoh produk Softex Daun Sirih tepat menjelang menstruasi, jadi bisa merasakan sendiri manfaatnya. Ga cuma mendengar cerita dari orang lain.

Saya suka banget dengan paket Softex Daun Sirih 3 in 1 ini

Softex Daun Sirih Paket 3 in 1, untuk 1 siklus menstruasi
Softex Daun Sirih Paket 3 in 1, untuk 1 siklus menstruasi
Kenapa?

1. Dalam 1 kotak sudah tersedia lengkap berbagai varian pembalut
2. Dalam 1 kotak ada 4 pembalut 23cm, 6 pembalut 29cm, 6 pembalut 36cm, plus 2 pantyliner
3. Cukup beli 1 paket sudah bisa untuk 1 siklus menstruasi
4. Tak perlu repot-repot lagi membeli berbagai ukuran pembalut satu per satu
5. Ga takut kelupaan beli pembalut yang berbeda-beda ukuran


Isi Softex Daun Sirih Paket 3 in 1, terdiri dari pembalut berbagai ukuran
Isi Softex Daun Sirih Paket 3 in 1, terdiri dari pembalut berbagai ukuran

Volume darah yang keluar dalam 1 siklus menstruasi biasanya kan berbeda-beda. Di awal siklus biasanya belum terlalu banyak darah yang keluar. Saat kondisi seperti ini, saya cuma butuh pembalut biasa yang panjangnya cuma 23cm.

Ketika volume darah sedang banyak dan mengalir deras, pembalut panjang berukuran 29 - 36cm menjadi solusi. Softex Daun Sirih yang berukuran 36cm berjasa banget menahan laju darah ketika tidur malam. Sprei saya aman dari tembusan darah yang kadang meluncur iseng saat deras.

Menjelang akhir menstruasi, saya tak butuh pembalut panjang, pantyliner pun cukup lah. Kalau pakai yang panjang-panjang kan ga nyaman juga, cuma tinggal flek-flek aja kan?

Softex Panty Liner Daun Sirih
Softex Panty Liner Daun Sirih

Setelah beberapa hari ini mencoba sendiri Softex Daun Sirih, saya tak lagi mencium aroma tak sedap yang biasa keluar jika menggunakan pembalut non daun sirih. Tampaknya manfaat ekstrak daun sirih yang ditambahkan berfungsi dengan baik sebagai antiseptik, mengurangi bau yang biasanya disebabkan kuman atau bakteri. 

Saya juga merasa nyaman. Mungkin karena lapisan pembalutnya bersirkulasi udara dan bisa menyerap dalam 1 detik. Jadi ga terasa lembab karena darah tak menumpuk di permukaan, langsung terserap dengan cepat. Aroma sirih yang segar pun membuat mood jadi lebih enak. 

Hm, kayaknya Softex Daun Sirih bakal jadi pembalut favorit saya. Rasanya jadi lebih bersih dan sehat. Wangi segar daun sirihnya itu, sukaaaa.

Ada kah teman-teman yang sudah pernah mencoba? Share yuukkk


Oh yaa, kalau mau info tentang produk ini, bisa intip FB dan IGnya Women Healthypedia

Sumber :
1. http://www.yudhe.com/manfaat-daun-sirih-untuk-kesehatan-dan-pengobatan/
2. http://www.jendralmeong.blogspot.co.id/2011/01/tips-sehat-merawat-vagina-versi-dr.html
3. http://doktersehat.com/cara-agar-miss-V-selalu-bersih-sehat-dan-wangi/#ixzz41A1KvoZA
4. http://www.klikdokter.com/rubrikspesialis/kesehatan-kewanitaan/apa-itu-haid/9-pertanyaan-seputar-haid

14 komentar:

  1. Softex ini dari zaman emak gw dulu. Sampai sekarang pun kalo mau beli pembalut pasti bilang nya softex padahal beli nya merk lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti brandingnya bagus yaa, sampai dianggap sebagai nama produk, padahal kan itu nama brand

      Hapus
  2. Mbaa Maya, aku juga makan softex ini. Aman dan nggak kuatir tembus ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh, udah biasa pakai produk ini yaa? Saya baru kali ini nih nyobain, enak ternyata :)

      Hapus
  3. baru tau ada softex daun sirih, sepertinya patut di coba nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga baru tahu produk ini. Kalau ga pernah dapat sampel, saya belum tentu mau nyobain :)

      Hapus
  4. Dirumahku, daun sirihnya subur, sering diminta tetangga, alhamdulillah
    Bagus juga ya, daun sirih digubakan sebagai pembalut, sehat dan simpel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb, biar lebih bersih dan sehat sih dengan ekstrak daun sirih

      Hapus
  5. Baunya daun sirih enak juga buat kl hidung lagi mampet. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhh iya, ya, buat ngobatin mampet ya

      Hapus
  6. Waahh enak dong satu kotak ada variasi ukuran, kalo dapet sy selalu beli berbagai ukuran buat masa deres dan enggaknya. boleh dicoba deh kalo uda datang mensnya lagi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ribet ya kalau harus beli sendiri-sendiri berbagai ukuran gitu

      Hapus
  7. Wah isi kotaknya menyesuaikan siklusny ya, ngertiin cewek banget sih hehe

    BalasHapus
  8. Harganya berapa sist..pa bnr lebih nyaman dipakai ya sist?

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com