Pages

SOCIAL MEDIA

Jumat, 04 Maret 2016

Ada Keseruan Apa di NGOPI bareng Nova?

Ada Keseruan Apa di NGOPI bareng Nova?

Walau ngeblog udah dari jaman kapan tahu (ga berani nulis, malu ama umur, huahahaha), tapi tetap aja ilmu ngeblognya belom khatam-khatam. Malah rasanya ga lulus-lulus nih belajar ngeblognya.

Tiap ada acara yang menawarkan tips blogging, rasanya selalu pingin ikut *kalau bisa. Rasanya masih aja ada yang kurang. Walau disampaikan oleh orang yang sama, atau disampaikan dengan orang yang berbeda tapi bertopik sama. Tetap aja beda. Ilmunya mungkin hampir sama, tapi cerita yang dibagikan saat memberikan tips itu bisa saja beda. Dan itu memperkaya wawasan. Semakin banyak mendengar, semakin banyak pertimbangan.

Itu sebabnya saya ga melewatkan kesempatan untuk ikut di acara #NGOPINOVA, Ngobrol Penuh Inspirasi, yang ditawarkan sahabat blogger saya (ngaku-ngaku aja, padahal mah...) dari komunitas Emak-emak Blogger, Annisa Steviani yang kebetulan jadi salah satu pembicara.

Ternyata acara ini digelar dalam rangka memeriahkan ulang tahun Tabloid Nova. Ga nyangka kalau usia Nova sudah 28 tahun. #28Novaversary. Rasanya baru kemaren saya mengintip-intip tabloid ini saat kuliah. Dulu, saya membaca Tabloid Nova yang biasa dibeli oleh mama atau tante-tante saya.

Saya paling suka membaca rubrik Tanya Jawab yang diasuh oleh Ibu Rieny Hasan. Walau bahasannya kadang agak berat untuk saya saat itu, tapi tawaran penyelesaian yang dipaparkan oleh Ibu Rieny sedikit banyak membuat saya belajar banyak tentang bagaimana menyelesaikan konflik-konflik rumah tangga. Ilmu yang bermanfaat ketika saya menikah, punya anak, hingga kini anak-anak mulai beranjak remaja.

Acara Tiup Lilin Ulang Tahun ke 28 Tabloid Nova
Acara Tiup Lilin Ulang Tahun ke 28 Tabloid Nova, #28Novaversary

Acara tiup lilin berlangsung meriah, pejabat Tabloid Nova pun hadir di sini, termasuk Pemimpin Redaksinya, Iis R. Soelaeman. Setelah lilin di tiup, kue pun dipotong-potong dan dibagikan kepada semua peserta yang hadir. Duh, enak banget deh kami semua para peserta kebagian kue ulang tahun.

Setelah mencicipi kue ultah, kami pun langsung disuguhi acara utama, mendengarkan tips blogging dari Annisa Steviani. Blogger yang juga wanita pekerja ini berbagi tips bagaimana menghasilkan uang melalui blog dan cara membagi waktu antara menulis blog dan mengerjakan tugas kantor.


Annisa Steviani memerikan materi dan tips Blogging
Annisa Steviani memberikan materi dan tips Blogging

Menurut Annisa, ada 4 sumber penghasilan bagi blogger :

1. Adnetwork
Penghasilan dari sumber yang satu ini bisa berasal dari Google Adsense jika blogger mendaftar atau bisa juga dari agency lain yang menawarkan Pay Per Click (PPC).
Annisa sendiri tidak mendaftarkan blognya untuk sumber penghasilan yang ini karena menurutnya hasilnya tak terlalu signifikan plus butuh waktu cukup lama.

2. Placement Article 
Penghasilan blog yang satu ini adalah dengan menerima penawaran penempatan artikel yang biasanya sudah disiapkan brand. Hanya saja, perlu dipilih-pilih artikel seperti apa yang cocok dengan karakter blog, jangan sampai berbeda jauh.

3. Lomba Blog
Sumber yang satu ini menurut Annisa selain menjadi salah satu sumber penghasilan bagi beberapa blogger, juga menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas diri. Dengan mengikuti lomba blog, kita jadi tertantang untuk menjadi lebih baik dan terus berusaha lebih baik. Jika berhasil menjadi pemenang pun posisi tawar pun biasanya akan menjadi lebih baik.

4. Paid Review
Dapat dikatakan bahwa inilah sumber penghasilan terbesar seorang blogger. Bahkan Annisa terang-terangan mengaku kalau ia lebih menyukai sumber penghasilan yang satu ini. Bisa lebih besar lho dari gaji kantornya.

Lantas darimana sih para blogger bisa mendapatkan sumber-sumber penghasilan tersebut? Yuuk, simak yaa

1. Agency
Ada beberapa agency blogger yang mengkhususkan diri sebagai perantara antara brand dan blogger. Melalui mereka lah biasanya paid review di dapatkan.

2. PR Brand
Kadang-kadang tidak selalu agency yang bertindak sebagai penghubung blogger, bisa saja PR dari sebuah brand yang langsung mencari blogger yang dibutuhkannya.

3. Influencer Marketing Platform
Melalui platform yang satu ini, blogger juga bisa mendapatkan peluang untuk mendapatkan penghasilan dari blog.

Wah, lumayan yaa, asal jeli, bisa dapat penghasilan banyak dari blog. 

Tapi, menurut Annisa, untuk bisa sampai ke tahap mendapat penghasilan yang lumayan besar dari blog, ada beberapa hal lho yang perlu dilakukan dan ga boleh dilupakan oleh para blogger, apa saja itu? Yuk simak tips blogging dari Annisa berikut ini.

1. Buatlah Konten yang Bermanfaat
Ini nih kunci dan kekuatan utama blog. Buat lah tulisan yang membuat artikel kita dicari bahkan dibagikan oleh banyak orang. Buat lah tulisan yang bermanfaat buat banyak orang sehingga mereka dengan sukarela membagikan tulisan pada orang lain. Wuihh, kalau sudah sampai pada tahap banyak dibagikan itu rasanya membahagiakan yaa.

2. Buatlah Konten yang Berpotensi untuk Menjadi Viral
Haahh? 

Hihihi, maksudnya, buat deh tulisan yang bisa menjadi semacam trending topik gitu deh, jadi hits dan dibagikan oleh banyak orang, jadi pusat perhatian. Annisa biasa membaca-baca Buzzfeed. Seringkali ide dan ispirasi datang setelah ia membaca situs tersebut. Inspirasi untuk membuat tulisan yang bisa menjadi viral.

Huaaa, kudu belajar nih cara bikin tulisan seperti ini. Eittss, tentu dengan cara yang baik yaa, jangan dengan cara yang sengaja cuma mau mancing-mancing kehebohan aja.

3. Pelajari SEO
Secara ga langsung Annisa bilang "jadi blogger ga boleh gaptek", hahaha. Ga cuma belajar menulis yang baik, blogger juga perlu belajar dan mempelajari bagaimana teknik-teknik SEO, bagaimana membuat tulisan yang dapat menempati halaman 1 di mesin pencari. 

Kenapa ini penting? Ya udah pasti donk yaa, tulisan yang berada di halaman 1 sudah pasti dapat kesempatan paling besar untuk dibaca, ya kan? Brand pun akan senang kalau tulisannya berada di halaman 1 kan?

4. Belajar Membuat Foto dan Video yang Menarik
Visual itu penting! Orang pertama kali tertarik melihat sesuatu secara visual dulu, ya ga sih. Kalau sudah tertarik sama foto atau videonya, kemungkinan besar akan tertarik baca tulisannnya, begitu juga sebaliknya.

5. Jangan Blogging Hanya untuk Dapat Uang
Kenapa? Karena kalau kita blogging cuma karena mau dapat duit, maka ketika duitnya ga kunjung datang, lama-lama motivasi ngeblognya akan turun. Nah tuh, bisa demotivasi yaa. Padahal mah kalau udah suka, mau ada duit atau ga pun tetep aja nulis, tetep aja ngeblog. 

6. Ikut Komunitas Blogging dan Aktif
Menurut Annisa, tips yang satu ini salah satu yang menjadi jalan dan pintu rejeki bagi blogger untuk mendapat peluang Paid Review. Jadi kalau mau dikenal, ikut lah komunitas blogging dan aktif lah di komunitas tersebut.

7. Jalin Hubungan Baik dengan Klien
Nah, kalau sudah pernah mendapatkan paid review, jaga yaa hubungan baik itu, jangan dicuekin deh atau jelek-jelekin mereka di media sosial. Bahaya. Hahaha.

8. Jangan Jadikan Blogging Sebagai Sampingan
Kayaknya ini kunci utama dari semuanya :). Menurut Annisa, ga bisa tuh ngeblog dijadiin atau dianggap sampingan kalau memang mau hasilnya serius. Blogging harus dianggap utama kalau mau hasilnya maksimal. Bahkan bagi Annisa yang pekerja kantoran pun, blogging tetap jadi kerjaan utama loh. 

Nah lho? Kog bisa?

Yaa, bisaa, begini nih jawaban Annisa saat ditanya cara membagi waktu dan menemukan ide tulisan di blog

1. Sediakan Waktu
Sediakan waktu yaa, jangan menyisakan. Kalau nyari sisa waktu, percaya lah, ga akan pernah ada sisa. Hahahaha. Bener yaa. Kalau nyari sisa-sisa waktu kayaknya ga pernah ada, lha pasti ada aja deh kerjaan yang harus diselesaikan. Beda kalau kita sengaja meluangkan waktu, pasti akan disempet-sempetin deh walau waktunya mepet.

Misalnya nih, Annisa akan menyediakan waktunya di pagi hari sebelum jam kantor untuk ngeblog, datang lebih pagi dan memanfaatkan waktu untuk ngeblog. Kalau pagi ga sempat, Annisa akan ngeblog saat di rumah, setelah anaknya tidur di malam hari.

2. Buat Jadwal Ngeblog
Ini berkaitan erat dengan tips membagi waktu. Sebaiknya sih kita punya jadwal rutin ngeblog, jadi bisa sengaja menyediakan waktu di setiap jadwal yang sudah di susun itu.

3. Buat Bank Ide
Annisa mengaku hampir ga pernah kehabisan ide ngeblog. Kenapa? Karena selalu mencatat tiap kali ada ide. Kalau bisa sih bawa deh notebook kecil ke mana-mana dan buru-buru catat begitu teringat sebuah ide tentang sebuah tulisan di blog.

Duuuhh, banyak yaa ilmunyaa. 

Ga cuma tips blogging lho yang disajikan dalam acara NGOPI bareng Nova ini, tapi juga ilmu bagaimana mempercantik visual blog. 

Nova menghadirkan Rommy Palar, salah satu fotografer andalannya untuk memberikan tips menghasilkan foto yang cantik.

Menurut Rommy, untuk membuat foto Food dan Produk yang bagus dan menarik, ada 4 hal yang perlu diperhatikan :

1. Komposisi
Perhatikan deh komposisi yang pas saat memotret, apakah komposisinya sudah tepat, apakah terlalu miring atau terlalu kepinggir. 

2. Angle
Perhatikan sudut pengambilan fotonya. Jangan cuma terpaku pada satu sudut pengambilan aja lhoo. Ambil foto dari berbagai sudut akan lebih menarik. Coba-coba dan cari mana sudut yang paling menarik. Bisa dari bawah, atas, samping kiri atau kanan.

3. Pencahayaan
Penting banget nih mengatur pencahayaan. Usahakan deh tidak menggunakan flash jika menggunakan smartphone, karena cahaya yang dihasilkan menjadi kurang natural. 
Cahaya matahari adalah sumber pencahayaan yang terbaik, usahakan foto di waktu yang pas, antara pukul 7-10 pagi atau sore antara pukul 3-5 sore, saat matahari tidak terlalu terik atau sebaliknya.

4. Garnish dan Property
Menurut Rommy, untuk menghasilkan foto produk atau makanan yang menarik, perlu diperhatikan hiasan dan perlengkapan pendukung untuk membuat foto tersebut menjadi menarik.

Oh ya, Rommy tak cuma memberikan tips saja, tapi juga kesempatan untuk workshop singkat. Langsung praktek memotret makanan. Langsung diarahkan plus dikasih masukan di tempat. Masing-masing peserta yang mau maju dan belajar memotret diberi arahan cara memilih angle dan menentukan posisi kamera yang tepat. 

Wuaahhh saya seneng banget dapat ilmu dan praktek langsung. Saya dapat tips langsung, agar foto tak cembung, fokus digital zoomnya yang dibuat dekat dengan objek foto, bukan kameranya. Tips ini tampaknya berlaku bagi saya yang menggunakan kamera pocket, hehehe. 

Mungkin berlaku juga bagi kamera digital lain yaa? Supaya lebih fokus ke objek dan latarnya menjadi lebih samar? Tampaknya begitu. Setelah saya praktekkan, ternyata benar lho. Beda hasilnya kalau kamera saya dekatkan ke objek foto dengan kamera yang di zoom. Duuhh, nambah ilmu banget nih. Jadi pengen belajar lebih banyak.

Para peserta #NGOPINOVA sibuk foto-foto objek makanan
Para peserta #NGOPINOVA sibuk foto-foto objek makanan
Agar mendapatkan foto Fashion dan Beauty yang keren, Rommy berbagi tips yang sedikit berbeda

1. Komposisi dan Angle
Perhatikan deh posisi model saat difoto. Sebaiknya model sejajar dengan fotografer.
Perhatikan juga komposisi warna antara latar foto dan baju yang dikenakan sang model, sebaiknya jangan sampai bertabrakan. Gunakan warna-warna kontras akan lebih baik untuk membuat sang model menonjol.

2.Pencahayaan/Lighting
Lagi-lagi bicara pencahayaan. Tentang hal ini, hampir sama dengan tips untuk foto makanan dan produk. Gunakan cahaya natural matahari.

3. Lokasi
Kalau mau fotonya makin menarik, cari deh lokasi foto yang sesuai tema. Tapi tetap ya, perhatikan komposisi warnanya, usahakan jangan bertabrakan antara latar dan objek foto, tetap usahakan sang model yang lebih menonjol.

Buat yang hobi jalan-jalan dan mau membuat travel photography, Rommy kasih tips berikut

1. Niat/Tekad
Agak lucu juga sih waktu saya baca tips yang pertama ini. Kog pakai niat dan tekad. Ternyata menurutnya, kalau mau membuat foto perjalanan yang menarik, ya memang harus niat untuk mengambil foto yang bagus, misalnya harus naik-naik gunung atau pohon demi mendapatkan view terbaik.

2. Perkaya Wawasan
Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dulu tentang tempat yang dituju. Jika masih kurang, bertanya pada penduduk setempat

3. Peralatan
Namanya mau jalan-jalan ya harus tahu perlengkapan yang mau dibawa. Kalau bisa sih gunakan saja kamera mirrorless yang ringan ketimbang membawa-bawa kamera dslr yang lumayan berat. Mungkin ga perlu terlalu repot bawa-bawa macam-macam property. Kalau mau foto bawah air, ya bawa peralatan yang tepat.

4. Maksimalkan Waktu Travelling
Jangan sia-sia kan kesempatan yang ada, ambil foto sebanyak-banyaknya dari berbagai sudut. Intinya sih jangan malas foto mumpung ada kesempatan. Moment apapun jangan dilewatkan.

5. Objek Foto
Foto lah objek-objek yang menarik, bisa berupa gedung, bangunan atau benda menarik di sekitar lokasi. Manusia pun bisa menjadi objek menarik, tak harus pemandangan. Memotret aktifitas masyarakat di sekitar lokasi pun bisa menjadi objek yang menarik.

Beberapa Foto Travel yang tak terpaku pada pemandangan
Beberapa Foto Travel yang tak terpaku pada pemandangan

Banyak banget kan ilmu yang dibagikan? Acara 3 jam lebih pun jadi tak terasa membosankan. Bahkan rasanya masih mau nambah lagi, hihihi.

Tak cuma sarat ilmu, #NGOPINOVA ternyata juga sarat hadiah, berbagai hadiah dihambur-hamburkan di acara ini. mulai quiz, tanya jawab, live twit, sampai doorprize. 

Pemberian hadiah Doorprize #NGOPINOVA
Pemberian hadiah Doorprize #NGOPINOVA

Peserta yang beruntung membawa pulang banyak hadiah. Bahkan ada yang mendapat hadiah live twit dan quiz. Saya sih belum kebagian, tapi tetap senang karena pulang membawa ilmu yang banyak buat memperkaya konten food blog saya, advencious

Eh, saya pulang juga bawa banyak hadiah dink, goodie bag berlimpah dari Softex Daun Sirih, kartu anggota Nova plus pouch Cantik. Ga nyesel ikut acara Nova, hahaha.


26 komentar :

  1. lengkap banget infonya mba

    BalasHapus
  2. Thanks 4 sharing.
    Salam buat Bu Iis R Soelaeman ...

    BalasHapus
  3. kompliiit bgt, makasih byk ilmunya mak.. fiuuh kesentil nih akan sisa wkt, menyisihkan wkt sdh nyaris habis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia, seringnya kita cuma nyari sisa waktu dan merasa ga pernah ada. Ternyata bukan sekedar sisa, tapi harus sengaja menyediakan waktu :)

      Hapus
  4. Ilmunya banyak banget, terima kasih Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, buat tambah-tambahan bacaan saya juga

      Hapus
  5. Makasih ya Mbak sharing ilmunya, dai dulu pengin juga bikin tulisan viral :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo bikin wan. Saya lagi belajar-belajar nih

      Hapus
  6. TFS, ini blog ketiga yg saya singgahin, dari blogger2 yg datang ke acara ini, biar kontennya sama tetep asyik aja bacanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kontennya sama tapi cara pembahasannya beda ya :), jadi ya tetep asyik aja dibacanya

      Hapus
  7. wah ilnmu yang banyak diserap ya, komplit artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sengaja ditulis komplit biar jadi pengingat juga untuk bacaan kalau sewaktu-waktu lupa

      Hapus
  8. Materinya bagus selayaknya segera dipraktekkan oleh blogger agar tidak lupa.
    Terima kasih reportasenya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pakdhe, lagi nyoba praktekin satu-satu

      Hapus
  9. wah..,kapan ya bisa kayak Mak, ikutan ngumpul bareng dan dapat ilmu. tapi bagus reportasenya nih, jadi bisa nambah ilmu walau tidak ikutn acaranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berasa ikutan belajar juga ya mba. Smoga bermanfaat yaa

      Hapus
  10. wah, ternyata kita barengan ikut NOVA ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap, mb Eni yg bawa pulang banyak hadiah kan ya ;)

      Hapus
  11. Waaa, infonya keren bangeeet, detail.
    Makasih mbaa, praktek dikit-dikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaaa, saya juga praktek dikit-dikit nih. Pelan-pelan prakteknya :)

      Hapus
  12. wah, ilmu yang diberikan banyak banget... Saya blm bisa bikin video yg baik nih (halah, foto aja msh sembarangan)

    BalasHapus
  13. Seru banget ini yah mba maya, sayang udah kehabisan seat aku :D ada ilmu fotografinya jg yaa, enak ^^

    BalasHapus
  14. banyak tips-tipsnya yang bisa diambil dan ditreapkan nih

    BalasHapus
  15. 5. Jangan Blogging Hanya untuk Dapat Uang
    Kenapa? Karena kalau kita blogging cuma karena mau dapat duit, maka ketika duitnya ga kunjung datang, lama-lama motivasi ngeblognya akan turun. Nah tuh, bisa demotivasi yaa. Padahal mah kalau udah suka, mau ada duit atau ga pun tetep aja nulis, tetep aja ngeblog.

    Suka sama bagian tersebut :)

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com