Pages

SOCIAL MEDIA

Sabtu, 26 Maret 2016

Aplikasi Ruangguru, Solusi Kesulitan Belajar

Aplikasi Ruangguru, Solusi Kesulitan Belajar

Soal susah bukan masalah bersama Ruangguru
Soal susah bukan masalah bersama Ruangguru

Semakin hari, teknologi terus berkembang. Dunia digital yang dulu hanya keniscayaan, kini menjadi hal yang lumrah. Apa yang dulu tampak mewah, sekarang menjadi konsumsi sehari-hari. Semua orang semakin mudah mengakses apa pun.

Hal itu pula yang tampaknya membuat ruangguru.com hadir untuk membantu siapapun yang merasa kesulitan untuk mencari guru les atau guru ketrampilan. Mau cari guru mengaji atau guru piano juga bisa. Suami saya sempat mendaftar menjadi guru bass :).

Filosofinya, pendidikan semestinya bukan lagi barang mewah, semua orang harusnya bisa mengakses pendidikan kapan pun, di mana pun.

Jika dulu, mengikuti les perlu waktu khusus, kini tidak lagi. Jika dulu perlu mendatangkan guru les, sekarang tidak lagi. Kadang agak sulit menemukan antara waktu siswa, guru plus lokasinya. Siswanya kosong di jam tertentu, eh guru terdekat tidak bisa. Giliran gurunya bisa, eh siswanya ga bisa. Ribet kan?

Aplikasi Ruangguru hadir untuk mengisi kebutuhan ini. Tak lagi harus sengaja datang ke tempat les. Sakit atau cuaca buruk, tak lagi jadi kendala. Tak lagi perlu menyediakan waktu khusus mendatangkan guru di waktu-waktu tertentu. Sebuah solusi yang tadinya tampak mustahil.

Pernah ngalamin ga sih, tiba-tiba disodori pertanyaan atau soal yang bikin rambut keriting? Soal Matematika misalnya. Operasi perhitungan bertingkat? Menghitung bangun ruang? Faktor Persekutuan Terbesar? Faktorisasi Prima? Lihatnya aja udah mulas duluan.

Duh, apalah emaknya ini yang udah puluhan tahun lalu melalui masa SD. Ditanya soal njelimet malah pilih tidur *ehh. Kalau udah stres diintimidasi, jalan terakhir menyerahkan pada bos besar. "Tanya ayah aja deh, bunda ga ngerti". Padahal mah males mikir. Hahaha.

Ketika menghadiri acara bloggers gathering bersama ruangguru.com dan Kumpulan emak-emak blogger (KEB) di Resto Omah Sendok pada 23 Maret 2016 lalu, saya dibuat takjub dengan kreasi mereka.


Peserta gathering mencoba aplikasi ruang guru
Peserta gathering mencoba aplikasi Ruangguru

Ruangguru.com membuat aplikasi yang sangat solutif. Aplikasi Ruangguru, yang bisa diunduh melalui link http://ruangguru.com/app/ atau langsung unduh di Google Play Store.

Aplikasi yang dihasilkan ini bisa membantu siswa yang sedang mengalami kesulitan belajar. Jika sewaktu-waktu tak paham cara menyelesaikan sebuah soal sulit, bisa lho tanya-tanya melalui aplikasi ini. Ada banyak guru yang bisa diakses kapan pun, di mana pun. Belajar apapun, dari siapa pun.

Tak hanya sekedar bertanya lalu langsung mendapat jawaban. Itu kan kurang mendidik. Tapi mendapat arahan dan bimbingan cara mengerjakan soal tersebut.

Untuk bertanya, siswa bisa mengupload foto soal yang ingin ditanyakan. Nanti akan ada guru, bisa siapapun, yang akan membantu memberikan bimbingan secara real time. Mirip chatting. Seru kan? Serasa punya kamus pintar pribadi yang siap ditanya kapan pun, di mana pun.

Bagaimana cara menggunakannya? Simak tutorial ruang guru berikut ini yaa


Tutorial aplikasi Ruangguru (BETA)
Tutorial app Ruangguru (BETA) - sumber fanpage Ruang Guru

Oh ya, siswa juga bisa belajar melalui bank soal yang ada. Bisa mencoba tes.ruangguru.com untuk belajar melalui latihan ulangan, soal-soal UN, soal masuk perguruan tinggi, soal mid tes, dsb.

Sayangnya aplikasi ini masih dalam pengembangan. Walau sudah bisa diutak atik dan gratis selama masa percobaan sampai April 2016, tetep mepet nih buat Ferdi yang sudah akan menghadapi UN di bulan April ini. Andai aplikasi ini hadir lebih cepat. Hahahaha.

Ternyata, kesulitan melahirkan inovasi yaa. Mungkin dulu susah kalau mau belajar, akhirnya lahir aplikasi untuk memudahkan dan membantu siswa belajar. Terima kasih untuk Iman Usman, CEO dan Co-founder RuangGuru.com, dan teamnya yang sampai terpikir untuk membuat aplikasi yang memudahkan untuk emak-emak malas mikir macam saya.

Kumpulan emak-emak blogger (KEB) berfoto bersama
Kumpulan emak-emak blogger (KEB) foto bersama - sumber blog ruangguru.com

4 komentar :

  1. Sekarang pelajaran anak kelas 4-6 sudah susah jadi aplikasi ini dangat membantu kita, ya mak

    BalasHapus
  2. lebih simple ya mbak, saat ingin mencari jawaban dari soal-soal yang ada bisa langsung pakai aplikasi.

    BalasHapus
  3. Info nya bermanfaat banget. Thx u

    BalasHapus
  4. Halo Bunda, terima kasih sudah menulis Ruangguru.com dalam artikel ini, semoga tujuan kami dapat tersalurkan dengan baik demi ke kemajuan pendidikan bangsa.
    Terima kasih.

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com