Pages

SOCIAL MEDIA

Rabu, 03 Februari 2016

Belajar Bahasa Mandarin Secara Menyenangkan

Belajar Bahasa Mandarin Secara Menyenangkan


Belajar bahasa Mandarin? Duuuhh, buat apa sih, lebih penting kan belajar bahasa Inggris, Prancis, atau Jepang. Mandarin? Duhh, kayaknya kurang keren.

Mungkin masih banyak yaa yang berpikir begitu. Belum banyak yang terpikir untuk belajar bahasa Mandarin secara khusus. Rasanya sih ga terlintas aja di kepala. Ngapain sih belajar Bahasa Mandarin? Kan ada bahasa Inggris, dan bahasa-bahasa lain.

Padahal nih, kalau kita kaji lebih dalam dan telusuri lebih jauh, tahu ga, bangsa atau etnis mana di dunia ini yang jumlah populasinya paling banyak?

Sudah tahu jawabannya kan?

Yap, etnis China alias Tionghoa. Eh ini bener ga penulisannya?

Coba deh lihat di negara kita, di mana-mana ada etnis ini kan? Coba jalan-jalan ke tiap kota, hampir bisa dipastikan selalu ada perkampungan China, bener? Hayooo. Belum lagi ke negara-negara lain, hampir bisa dipastikan di tiap kota di berbagai negara selalu ada etnis ini, lengkap dengan kota khususnya, China Town.

Sudah pernah jalan-jalan ke daerah Glodok atau Mangga Dua sana? Apa bahasa yang mereka pakai?

Sudah bisa dipastikan, mereka akan ngobrol dengan bahasa Mandarin antar sesamanya, ya kaann? So, kalau dipikir-pikir, bahasa kedua yang musti dipelajari setelah bahasa Inggris tuh sebenarnya adalah Bahasa Mandarin! Ya ga sih? Ini udah ga bisa dipungkiri lagi. Coba aja lihat komunitas mereka di mana-mana.

Ada banyak keuntungan lho kalau kita bisa berbicara dengan bahasa Mandarin. Pertama, bisa lebih akrab ngobrol dengan mereka. Kedua, untuk urusan bisnis akan lebih lancar, urusan nego juga biasanya lebih mudah. Ketiga, bukan ga mungkin loh mereka akan kasih diskon lumayan *ehhhh. Ini emak-emak emang otaknya cuma mikirin diskooon mulu.

Dulu Faldi sempat sekolah di sekolah umum yang mengajarkan bahasa Mandarin. Sempet ga habis pikir, kenapa bahasa itu sih yang diajarin? Ternyata sekarang saya baru menyadari ketika Bapak Ofanny Choi, Executive Vice President TV Network, Celestial Tiger Entertaintment mengatakan "Bahasa yang paling banyak digunakan penggunanya sebenarnya ya Mandarin" papar beliau sambil menjelaskan penyebaran etnis Tionghoa di seluruh dunia.


Oleh sebab itu, Celestial Tiger Entertaintment (CTE), operator saluran TV Asia terbesar, PT MNC Sky Vision (MSKY), perusahaan TV berbayar di Indonesia, meluncurkan saluran anak-anak Mandarin dari CTE, Miao Mi.

Miao Mi adalah saluran edutainment Mandarin di seluruh Asia. Saluran ini bertujuan untuk mendorong anak-anak belajar bahasa Mandarin dengan cara yang menyenangkan melalui fitur audio track dua bahasa, Mandarin dan bahasa Indonesia. Ada juga program khusus Miao Mi Classroom.

Program Miao Mi dengan fitur audio track dua bahasa yang menarik
Ada program seru setiap harinya di saluran Miao Mi ini, berikut infonya yaa

Miao Mi Classroom
Setiap hari, setiap 20 menit di saluran Miao Mi

Program ini memperkenalkan bahasa Mandari dengan cara menyenangkan dan interaktif melalui flashcard, animasi, musik video dan lagu-lagu yang mudah diingat. Kata-kata dasar Mandarin diperkenalkan setiap harinya melalui program Miao Mi Classroom ini.
Program Miao Mi Classroom

Berikut ini adalah serial anak-anak yang tayang setiap hari di Miao Mi

Rubi - Gets It Right
Senin-Jum'at, 05.00 & 14.00 WIB

Star Babies
Senin-Jum'at, 05.20 & 14.20 WIB



Bellbug Popo
Senin - Jum'at, 05.40 & 14.40 WIB

Pleasant Goat & Big Big Wolf
Senin-Jum'at, 06.05 & 15.05 WIB


Happy Friends
Senin-Jum'at, 06.25 & 15.25 WIB

Rubi - Animals and Nature
Senin-Jum'at, 06.45 & 15.45 WIB


Little Rabbit's Kung Fu Academy
Senin-Jum'at, 07.45 & 16.45 WIB


Seru kayaknya yaaa?

Ada di saluran mana saja kah tayangan ini?

Untuk Indovision, saluran Miao Mi tersedia secara eksklusif di paket Galaxy, Super Galaxy, dan Venus. Channel untuk saluran ini adalah channel 38.

Untuk Okevision, ada di paket basic channel 66.

Untuk Play Media, bisa didapatkan di channel 38.

Ayooo, siapa yang langganan TV berbayar? Stand by di saluran ini yaaa. 

Kayaknya kalau begini, belajar bahasa Mandarin pun akan menyenangkan. Tidak cuma untuk anak, buat saya yang dewasa pun ga akan terasa memusingkan. Selama ini belajar bahasa Mandarin terlihat membingungkan buat saya karena udah pusing duluan melihat tulisan kanjinya. Tapi pas lihat teaser yang ditampilkan pada acara peluncuran saluran Miao Mi ini, ternyata ga terlihat rumit kog. 

Pada tiap kata ada bahasa kanji yang diikuti pelafalannya, ini akan memudahkan anak-anak untuk belajar dan melafalkan bahasa Mandarin secara lebih tepat. Apalagi panduan ini juga diikuti dengan audio dan gambar-gambar visual, makin sempurna lah belajarnya. Anak-anak tahu bagaimana mengucapkannya dengan mendengar, tahu bagaimana penulisan katanya dalam huruf kanji, dan tahu mana benda yang dimaksud dengan melihat gambar dan visualisasinya.

Ah, kalau gini kog ya saya juga jadi mau belajar yaa :). Tampaknya akan seru belajar bersama anak-anak.

3 komentar :

  1. Gampang bngt skrng ngajarin anak bahasa mandarin yak mak

    BalasHapus
  2. Sejak dulu aku pingin banget nih belajar bahasa mandarin. Soalnya jadi dapat murah kalo belanja di beberapa tempat..hehehe

    BalasHapus
  3. Pingin belajar bahasa mandarin, tapi kok otak lemotku ini gak nutut, ya?

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com