Jumat, 06 November 2015

Saat Mencari Mobil Bagaikan Mencari Jodoh

Saat Mencari Mobil Bagaikan Mencari Jodoh. Ya, setidaknya itulah yang saya rasakan ketika akan membeli mobil.

Bagi beberapa orang, memilih mobil mungkin bisa saja semudah belanja baju ke Mall, tinggal tunjuk ini itu, bayar, beres. Tapi bagi beberapa lainnya, memilih mobil tak semudah membalik telapak tangan.

Bahkan ada yang kayak saya, rumitnya kayak mau menentukan pasangan hidup. Hati-hati dan penuh pertimbangan. Hahaha.

Menurut mb Mita dari Mobil123.com, rata-rata orang membutuhkan waktu hampir 1,9 bulan untuk membeli mobil. Saya tak sendiri :). Banyak juga yang butuh waktu lama untuk membeli mobil.

Waktu yang lama ini biasanya mulai dari proses munculnya keinginan untuk membeli, lalu menyiapkan budget, menentukan spesifikasi mobil yang diinginkan, membanding-bandingkan, memilah-milah, hingga akhirnya sampai pada tahap eksekusi, membeli mobil.

Proses memilah-milah dan membanding-bandingkan ini lah yang paling lama dan paling banyak menyita waktu dan pikiran. Antara harapan dan kenyataan kadang sering tak sesuai. Maunya sih mobil yang begini dan begitu, ehhh kog ya nyatanya yang ada yang itu. Mau yang bensinnya irit, ada aksesoris mobil, jumlah kilometer rendah, harganya sekian. Ehhh, nemunya beda. Akhirnyaaa mulai proses pencarian baru lagi.

Tak heran juga jika pameran otomotif selalu banjir pengunjung. Mereka tampaknya sibuk memilah milah sekaligus membanding-bandingkan berbagai mobil yang dipamerkan dealer tanpa harus capek mendatangi showroom satu per satu. Entah berdasar bahan bakarnya, harganya, warnanya, merknya, safety belt-nya, dsb. Jika yang dibeli mobil bekas, lebih banyak lagi filter pencariannya. Mulai dari tahun pembuatan, jarak tempuh, kondisi mobil (lecet atau ga, pernah kena banjir atau ngga, ada asap ga, dsb).

Kebutuhan ini lah yang ditangkap dengan jeli oleh situs Mobil123.com.

Halaman utama Situs Mobil123.com

Demi memenuhi hasrat pencari mobil untuk memilah-milah berdasarkan berbagai macam kriteria, maka situs ini pun melengkapinya dengan berbagai fasilitas. Para pengunjung yang ingin menggunakan jasa Mobil123.com untuk mencari mobil, akan dimanjakan dengan berbagai filter pencarian. Mulai dari merk, kondisi mobil, harga, tahun pembuatan, jarak tempuh, transmisi, hingga fasilitas bandingkan.


Berbagai filter yang dapat digunakan untuk memilah-milah pencarian kendaraan 

Ohooo, saya ingat banget sekitar 10 tahun lalu cari-cari mobil bekas via online masih sederhana bangeeett. Cuma dipisahkan berdasar tahun pembuatan, lokasi pembelian, dan harga. Udah, cuma itu aja. Ga ada filter macam-macam, apalagi fitur bandingkan, weww. Itu pun udah cukup terbantu dalam mencari mobil yang cocok. Apalagi kalau filter pencarinya lebih banyak. Bisa cepet nih urusan pilah pilihnya.

Ga cuma urusan beli mobil aja, kalau kita mau jual mobil atau motor bekas juga bisa kog. Gampang banget prosesnya tinggal daftar aja via Mobil123.com, isi data, masukkan foto, beres, tinggal tunggu pembeli. Pasang iklan mobil atau motor di sini gratis kog. Pengalaman saya, jual mobil di situs jual beli mobil kayak gini tuh enak bangeett, cepet lakunya. Biasanya akan langsung bertemu pembeli yang memang membutuhkan mobil sesuai spesifikasi yang dipaparkan, istilahnya end user.  

Cumaaa, walau diiklankan secara online, transaksi tetap dilakukan langsung, bertemu dengan pihak pembeli atau penjual. Jadii, bagi yang belum pernah bertransaksi, tetap harus waspada yaaa, kadang ada saja pembeli atau penjual yang nakal. Usahakan tidak bertemu sendiri dengan pembeli atau penjual. Hati-hati jika ada permintaan uang muka, jangan langsung menyerahkan mobil!

Bagi penjual, pastikan transaksi selesai baru lepas mobil. Untuk pembeli, pastikan teliti sebelum membeli, jika perlu, ajak teman yang paham untuk membantu mengecek kondisi kendaraan, apakah sesuai dengan yang disebutkan. Tanyakan sebanyak-banyaknya, cek semua kondisi mesin. Jangan sampai menyesal ketika uang sudah berpindah tangan :)

Itulah yang tertangkap oleh saya saat mengikuti Blogger gathering di Tartine Restaurant, FX Senayan, 4 November 2015 lalu, kami dikenalkan pada berbagai filter yang ada di Mobil123.com.

Tak hanya tambah wawasan tentang situs pencarian mobil, saya juga jadi dapat tambahan ilmu dengan dihadirkannya Shinta Ries yang memberikan tips mengemudi dengan aman.

1. Hindari pemakaian bahu jalan. Jalur ini hanya untuk kondisi darurat, misalnya jika terjadi kecelakaan, ambulance, mobil derek.

2. Hindari pemakaian telpon selular selama mengemudi, entah menerima telpon, apalagi menjawab sms atau WA. Bahaya!

3. Gunakan sabuk pengaman. Naahh ini wajib yaa. Udah pada tahu kan ulasannya?

Tak hanya ilmu safety driving, ilmu SEO juga diajarkan lhooo. Rizky dari Mobil123.com ikut berbagi ilmu SEO untuk para blogger yang hadir.

Saya tak ingat persis semuanya, tapi intinya : konten yang bagus dan berkualitas merupakan faktor utama yang membuat sebuah halaman situs bisa bercokol di halaman 1 mbah Google :). Kalau mau lebih keren, coba deh rencanain konten yang mau ditulis dengan keyword research. Carilah keyword yang banyak dicari orang dengan menggunakan Keyword Planner misalnya. Dengan merencanakan keyword seperti ini, kemudian menulis dengan bagus didukung foto bahkan video, akan membuat halaman kita banyak dicari dan nongol di halaman 1 mesin pencari.

9 komentar:

  1. sekarang lebih mudah ya mbak pilih mobil,bisa online g perlu panas2n ^^

    BalasHapus
  2. Mencari mobil memang harus benar2 teliti ya mba...

    BalasHapus
  3. Cari mobil harus mengetahui jelas spesifikasinya, biar gak kuciwa....mobil123 cukup membantu ya :)

    BalasHapus
  4. kalau mau cari mobil, ajak orang yg paham :{

    BalasHapus
  5. sama mbak, sewaktu mencari dan hendak membeli mobil kemarin sampai berdoa, jika ini rejeki ya mohon didekatkan namun jika belum waktunya jauhkanlah..heheee. Alhamdulillah kami dimudahkan,

    BalasHapus
  6. beneer mbak, nyari mobil sama nyari pasangan tuh sama-sama susyah yaak :v *curcol

    BalasHapus
  7. susah ya mak ?, blm pernah soalnya, etapi makasih yak udh brbagi pengalaman, jd paling nggak eikeh ada bayangan lah yak

    BalasHapus
  8. Membeli mobil memang nggak seperti membeli pisang goreng ya. Banyak yg harus diptertimbangkan :)

    BalasHapus
  9. yang point nomor 2 itu masih banyak yang suka melakukannya mbak (menerima tlp/membalas sms saat berkendara), gemas banget lihat orang yang seperti itu :(

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com