Pages

SOCIAL MEDIA

Minggu, 15 November 2015

Internet, Penting Ga Siihh?

Internet, Penting Ga Siihh?

Penting ga pentingnya internet memang kembali lagi ke preferensi pribadi sih. Ada yang menganggap penting, ada juga yang menganggap ga penting. Atau bahkan ada juga yang menganggap dunia digital itu berbahaya.

Memang ga bisa disalahin juga sih. Tiap orang beda-beda pertimbangannya.

Bagi saya sendiri, internet dan dunia digital itu, penting! Pake banget!

Hahaha.

Di jaman serba digital ini, rasanya ga bisa hidup tanpa internet. Ga kebayang juga sih kalau berhari-hari di hutan tanpa sinyal. Bisa mati gaya kayaknya. Secara hidup dan cari duitnya via digital :).

Buat saya, update status, update blog, sama pentingnya kayak makan. Yaaa memang ga akan bikin mati sih, tapi kalau kurang ya bisa pingsan jugaa. Hahahaha. Bener gaaa teman-teman? *ehhh

Ssstt, saya ga boleh bohong, saya memang cari duit dari internet, memanfaatkan dunia digital, dari update status :).

Alhamdulillah sih dengan gadget seadanya, saya manfaatkan betul dunia digital ini. Berusaha mencari celah dan melihat prospek positifnya dalam mendatangkan beragam manfaat.

Hidup di era digital tak perlu membuat kita takut atau gagap. Jika pintar memanfaatkan untuk hal-hal positif, akan terasaaaa sekali kegunaannya. Mulai dari mencari data untuk penelitian, mencari info produk, mencari resep, mencari cetakan kue tradisional, hingga belanja atau jualan online.

Bagi suami saya yang musisi, internet dimanfaatkan untuk mencari referensi dan ilmu tentang musik. Mulai not balok hingga aliran musik. Mulai mencari info alat music hingga mencari tambahan-tambahan materi-materi atau animasi yang bisa diajarkan pada murid-muridnya.

Bagi saya sendiri, internet bermanfaat untuk mencari jurnal-jurnal ilmiah sebagai bahan tambahan saat mengajar. Sesekali saya gunakan untuk mencari animasi-animasi untuk membuat presentasi. Saya juga sering meminta mahasiswa untuk memanfaatkan gadget yang dibawa untuk mencari materi atau membuat presentasi. Tak jarang, saya membolehkan mahasiswa membuka gadget untuk menjawab pertanyaan ujian atau quiz terbuka. Kadang-kadang saya mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang agak sulit bagi mereka dan saya akan meminta mereka untuk membuka gadget. Meminta mereka mencari jawabannya dari proses pencarian atau browsing. Lah buat apa gadget mahal-mahal dan canggih kalau cuma buat gaya?

Mahasiswa pun akhirnya bisa memanfaatkan gadget dengan maksimal.  Mereka terpaksa dan dipaksa mencari dan membaca. Kan dengan cara aktif, materi yang sulit dan membosankan akan lebih mudah diterima dan diingat. Kalau ga begitu, mereka cuma menelan mentah-mentah materi dari saya, ga berkembang donk ;). Kalau ada aktifitasnya, materi kuliah akan lebih mudah “nempel”.

Naahh, selain mengajar, saya juga ngeblog, dan ketergantungan banget sama internet. Dunia digital dan blogger tak bisa dipisahkan. Update status, update blog adalah beberapa hal yang wajib dilakukan para blogger dan penggiat sosial media agar bisa eksis dan terus dikenal. Semakin eksis, semakin dikenal, semakin besar peluang duit akan datang.

Bener gaaaa?

Hayooo ngakuuu :)

Ga usah blogger deh, sekarang selebgram pun ikut kecipratan meraup rejeki dari aktivitas sosial media dan tingginya aktivitas digital masyarakat akhir-akhir ini. Apakah ini sesuatu yang negatif?

Asal pintar memanfaatkan untuk hal positif, hidup di era digital sekarang ini akan terasa manfaatnya, seperti kata si ibu penjual buah dalam video #IndonesiaDigitalNation ini.

Menurut kalian sendiri, apa sih pentingnya dunia digital dalam hidup ini?

Share dooonk.

Supaya bisa menginspirasi lebih banyak Masyarakat tentang pentingnya internet dan dunia digital.

Ada yang mau ikut bikin video #IndonesiaDigitalNation? Yuukkk inspirasi lebih banyak orang dengan karyamu.

Semangaattt
#IndonesiaDigitalNation

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com