Pages

SOCIAL MEDIA

Senin, 30 November 2015

Cara Cepat Menyetrika Pakaian

Menyetrika Bertumpuk (dok. Pribadi bunda3f)

Cara Cepat Menyetrika Pakaian

Menyetrika pakaian adalah salah satu dari sekian pekerjaan rumah tangga yang merupakan bagian dari rutinitas pekerjaan harian yang mau tak mau menjadi wajib dilakukan bagi sebagian orang tertentu.

Loh kog bagi sebagian orang?

Yap, karena ada sebagian orang lainnya menganggap menyetrika pakaian setelah kering dijemur itu hukumnya tidak wajib!

Hah?

Ya, buat saya misalnya, menyetrika pakaian itu adalah pekerjaan kesekian yang akan saya skip dan dikerjakan hanya jika saya mau saja. Itu pun hanya menyetrika pakaian tertentu. Hanya pakaian sekolah anak-anak, kemeja, atau pakaian formil yang terlihat kusut saat akan dipakai. Hahahaha.

Saya tidak setiap hari mengajar, tidak setiap hari juga berkegiatan di luar mengikuti acara blogger, gathering, dsb. Kalau pun harus ke luar, saya biasanya akan memilih pakaian yang tidak mudah kusut dan cukup dilipat saja.

Suami pun bukan orang yang bekerja di kantor yang harus selalu memakai kemeja. Jadi tak ada alasan khusus bagi kami untuk pakai kemeja yang harus tampak rapi disetrika setiap hari :).

Nah nah sebagai orang yang luar biasa malas, tentu lah saya mencari cara agar bisa segera terbebas dari pekerjaan super menyebalkan ini. Hahahah.

Bener kan menyebalkan? Beberapa orang menganggap bahwa menyetrika adalah pekerjaan yang paling ingin dihindari. Berlama-lama di depan tumpukan baju dengan setrika panas itu sungguh ga nyaman. Capek dan pegal berdiri plus bermandikan sauna. Kalau pun ndelosor di lantai seperti yang biasa saya lakukan, tetap ga nyaman karena akhirnya bermandikan peluh juga *fiuh.

Sekali waktu, saya terburu waktu harus menyetrika beberapa pakaian sekaligus, tapi waktu yang saya punyai saat itu sangat lah terbatas.

Akhirnya, demi menghemat waktu, saya tumpuk lah beberapa baju secara rapi berdasarkan urutan yang mana saja yang mau saya dahulukan. Misalnya seperti foto ini, saya dahulukan jilbab sekolah Falda karena lebih kecil dan mudah disetrika.

Tumpuk berdasar urutan besar kecil atau prioritas ( foto dok. Pribadi)

Biasanya pakaian-pakaian yang lebih lebar dan besar selalu saya letakkan di bagian bawah. Semakin kecil, semakin ke atas.

Keuntungan menyetrika dengan cara bertumpuk seperti ini, pakaian lain yang berada di bawahnya, akan secara tak langsung ikut tersentuh saat menggerakkan setrika maju mundur hingga melebihi area pakaian yang sedang disetrika.

Apalagi saat sedang meletakkan setrika ketika akan membalik baju, bisa diletakkan di atas tumpukan pakaian. Cara ini akan membuat pakaian yang menjadi tumpuan lebih rapi saat setrika diangkat.

Jadi lebih hemat waktu kan? Sambil menunggu waktu membalik, setrika merapikan area pakaian di bawahnya :). Praktis kan?

Dengan cara ini, saya bisa menyetrika 10 potong pakaian dengan waktu tak lebih dari 15 menit :).

Selamat Mencoba!

Maya Siswadi

18 komentar :

  1. Aku pemalas nyetrika. Jadinya yang penting-penting aja yang diduluin, kayak baju seragam anak-anak. Kalo baju suami dan baju sendiri paling yg buat pergi-pergi aja. Sayang waktunya sih, hehehe
    Cara di atas boleh juga nih, mau aku praktekin nanti. Makasih tips nya ya mak.. :)

    BalasHapus
  2. wah, cara yang patut dicoba nih, secara saya termasuk orang yang malas banget menyetrika :) :)

    BalasHapus
  3. eh, bener juga yah, apalagi jilbab kotak paris biasa. bisa beberapa itu mah yah :D
    trima kasih idenyaa ^^

    BalasHapus
  4. Nyetrika baju emang pekerjaan rumah tangga yang paling malesin karena panaass dan lama tapi aku tipikal orang yg ga bisa kalo pake baju ngga setrikaan, haha. Alhasil kalo setrika kaos ya cepet banget set...set...set... udh yg penting keliatan ngga kusut. Kalo bahan yg mudah kusut baru deh dihayati nyetrikanya.

    BalasHapus
  5. sama, aku jg tekniknya gini, sprei, anduk, daster, baju yg gede" dirapiin bagian bawah.
    pantesan, disana byk yg ogah nyetrika sedangkan di sini sy hobi yetrika, ternyata, perbedaannya adalah suhu. sy senang nyetrika krn disini seringnya dingin, pelit matahari :D jd nyetrika itu = menghangatkan badan ;)

    BalasHapus
  6. Sama. Istri cuman nyetrika pakaian dinas sama seragam sekolah anak saja. selainnya, dilipat aja rapi. hehe..

    BalasHapus
  7. langsung praktek....semenjak di tinggal mbak yang tugasnya nyetrika, saya jadi kudu nyediain waktu nyetrika hehehe

    salam kenal mbak...

    BalasHapus
  8. seringnya saya meletakkan sprei atau kain yang lebar, sudah selesai tuh, tinggal melipat. Hehee, tips paling efisien banget ya.

    BalasHapus
  9. blh jg nh tipsnya mba maya, segera praktekin ahh :)

    BalasHapus
  10. Top tipsnya mba Maya, saya coba dulu ya. Terimakasih

    BalasHapus
  11. Panas Seterikaan Dan pemilihan pakaian perlu di sesuaikan gak? Misalnya tumpukan Baju Bahan khusus sehingga gak perlu panas panas.

    BalasHapus
  12. Waaah bermanfaat sekali artikelnya,apalagi untuk aq yang masih syka lecek kalo gosok pakaian plus pinggang yang sudah tidak bersahabat dibusia sekarang,mamaciiih tips nya bund

    BalasHapus
  13. Wah tipsnya bisa banget untuk dicoba nich Mba. Apalagi utk yang males bgt gosok seperti aku

    BalasHapus
  14. eeeh boleh juga ini tipsnya. Jadi ditumpuk aja bajunya ya supaya cepet rapi. Btw aku jarang banget setrika kecuali baju yang mudah kusut. Tiap beli baju emang cari bahan yang ga perlu disetrika. Hehehe

    BalasHapus
  15. Hihihi....cukup hemat waktu ya bun menyetrika dengan cara ini, tapi emang dasar saya juga super pemalas kalo soal menyetrika, makanya saya juga jarang menyetrika baju2 yang hanya untuk di rumah.

    BalasHapus
  16. Ok tipsnya mbak, ternyata ada juga yg ngelakuin nyetrika numpuk kyk gitu. Jd lbh efisien ya..

    BalasHapus
  17. Ini blm pernah aku coba lho mba...lgsg deh aku coba sekarang juga

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com