Pages

SOCIAL MEDIA

Sabtu, 26 September 2015

Punya Kartu Nama, Perlu ga siiihh?

Punya Kartu Nama, Perlu ga siiihh? Kalau ditanya perlu nggaknya punya kartu nama, kembali lagi ke diri sendiri. Merasa perlu ga punya kartu nama?

Kalau merasa perlu, ya udah pasti donk akan merasa perlu juga punya kartu nama. Maksain banget untuk bikin.

Tapi kalau ngga, mau dipaksa juga, ga bakal mau bikin. Merasa ga ada pentingnya punya :).

Yaa, itu kan kembali lagi ke selera dan pilihan pribadi yaa.

Saya pribadi, sejak mulai bertemu beberapa orang yang berhubungan dengan blogger, jadi merasa banget perlunya punya kartu nama. Jadi, begitu sadar kartu nama akan habis, langsung buru-buru cetak lagi.

Ga pede rasanya kalau di dompet ga ada stok kartu nama. Ga afdol juga kalau pas berkenalan dengan relasi baru ga kasih kartu nama. Sayang aja rasanya. Lumayan kan, kesempatan buat branding, hahaha *kepedean.

Kartu nama buat apa sih?



Kartu nama, penting banget buat branding dan bertukar info pribadi dalam rangka memperluas jaringan pertemanan sekaligus jaringan kerja.

Bohong banget deh kalau bisa mengingat dengan baik info pribadi dari beberapa orang yang baru dikenal.

Ga mungkin bisa ingat semua!!

Saya apalagi! Pelupa kelas berat. Udah berkali-kali tanya nama aja masih lupa. Kadang sampai malu mau nanya lagi :( hahaha. Baru bisa inget sedikit-sedikit info tentang seseorang ketika dihubungkan dengan branding yang dilekatkan pada orang tersebut. Misalnya saya akan ingat A yang penulis buku. B si food stylish. C yang psikolog. Atau D pemilik toko online E

Naahh branding diri ini kan biasanya ditulis di kartu nama. Gunanya memang untuk mengingatkan memori pada seseorang yang telah kita kenal sebelumnya.

Dengan adanya kartu nama, akan memudahkan ketika membutuhkan bantuan, jasa, atau barang dari seseorang.

Kadang-kadang mendadak kita butuh sesuatu, lalu berusaha keras mencari data, siapa yang bisa dimintai tolong soal itu. Nah, kalau punya banyak daftar kartu nama kan jadi lebih mudah. Tinggal buka saja koleksi kartu nama yang ada untuk menentukan relasi mana yang sedang dibutuhkan.

Itu pula yang terjadi ketika sekali waktu saya mendapat kesempatan diundang ke radio. Saat siaran selesai, saya lanjut ngobrol dan kenalan dengan seorang psikolog yang menjadi narasumber utama. Karena waktu terbatas, saya ga bisa berlama-lama berbincang-bincang dengan beliau. Akhirnyaaa, dengan pedenya, saya keluarkan deh kartu nama yang baru saya cetak di praktisprint.com.

"Freelance writer?"
"Iya" jawab saya sambil senyum
"Wah, boleh nih kalau saya butuh bantuan"
"Aaaihh dengan senang hati"
"Nanti saya add WAnya yaa. Sayang kartu nama saya habis"

Nah tuh, bukti nyata betapa berharganya selembar kartu nama. Dengan kartu nama itu, secara ga langsung akan membuka peluang untuk makin dikenal sebagai apa yang kita mau.

Alhamdulillah beberapa peluang kemudian tercipta berkat hobi baru, bagi-bagi kartu nama. Hahahaha ;)

Dulu mah boro-boro, paling takut berbagi info pribadi. Hahahaha. Etapi ga semua orang juga sih saya bagikan, pilih-pilih juga :).

Intinya mah peluang kan kudu diciptakan, ya ga sih? Jaman sekarang memang harus rajin menjemput bola. Kudu pintar-pintar melihat peluang dan menangkap kesempatan *ehhhh. Xixixi

Suami pun akhirnyaaa jadi ikut-ikutan.

"Aku mau bikin lagi ah. Mau branding baru. Berapa lama jadinya?"
"Ga sampai 3 hari udah sampai kog"
"Wah cepet, ya udah, bikinin deh"

Eaaaaaa. Penting kan punya kartu nama?

16 komentar :

  1. Dengan adanya kartu nama semakin memudahkan personal branding ya... ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap, penting buat personal branding

      Hapus
  2. Dulu punya kartu nama penerbitan, masih segepok tuh. sekarang belum kepikiran sih bikin atas nama blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku udah bikin baru lagi yg khusus blogger dan terasa sekali manfaatnya ketika bertemu agency atau marcomm sebuah brand :)

      Hapus
  3. sampai sekarang saya masih punya kartu nama hehe :D kartu nama menurutku sangat penting
    salam kenal
    sutopo blogger jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. benerr penting banget pak. salam kenal juga

      Hapus
  4. penting deh kalau sekarang punya kartu nama

    BalasHapus
  5. Penting. Apalagi kalau sering hadir di acara blogger. Kan, suka dimintain kartu nama untuk doorprize, tuh. Heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, buat doorprize yaa. Lebih penting buat agencynya sih, supaya besok2 dikasih job lebih gede *ehhh

      Hapus
  6. Pingin bikin, klo iburumah tangga tar ditulis profesinya apa mak, ato blogger aja ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung maaakk, mau dikenal sebagai blogger apa sebagai ibu rumah tangga? ;)

      Hapus
  7. Iya, penting juga. Aku jadi pengen bikin deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikiiiinnnn, kalau ketemu orang jadi gampang, tinggal sodorin kartu nama aja :)

      Hapus
  8. udah lama saya gak punya kartu nama :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buaaattt, terasa perlunya kalau ketemu orang baru

      Hapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com