Pages

SOCIAL MEDIA

Minggu, 30 Agustus 2015

Permainan anak-anak yang mulai langka

Beberapa waktu lalu, saya dan suami tiba-tiba terkenang-kenang permainan masa kecil kami. Walau berada di era masa kecil yang berbeda, hampir berbeda 1 dekade, tapi beberapa permainan kami hampir sama.

"Anak-anak sekarang apa masih ada ya yang bisa main lompat tali?"
"Iya ya, kayaknya udah jarang liat"
"Dulu aku jago lhoo lompat tali"
"Ehhh aku juga lho"
"Lah, main lompat tali juga?"
"Kadang suka iseng aja gangguin anak perempuan"

Haisshhhhh

Memang sih sudah jarang yaaa lihat anak perempuan main lompat tali. Di daerah teman-teman bagaimana? masih ada kah yang bermain lompat tali?

Bahkan kalau diingat-ingat, hanya segelintir saja permainan tradisional yang masih dimainkan.
.
Untungnya sih anak-anak masih main congklak. Saya sempat lupa cara memainkannya hahaha. Untungnya sih suami punya ingatan kuat soal yang satu ini. Suami lah yang mengajarkan permainan ini pada anak-anak. Anak-anak pun sering mengajak teman-temannya main bersama.

Beberapa permainan anak-anak lain pun sudah mulai banyak yang tidak dimainkan macam gobak sodor, patil lele (bener ga nih sebutannya?). Padahal permainan tradisional mengajarkan anak-anak cara bekerja sama yang baik dengan team, mengajarkan cara menjaga kekompakan, mengajarkan cara mencapai satu tujuan secara bersama-sama. Kemampuan bersosialisasi benar-benar diasah dengan permainan-permainan tradisional. Beda sekali dengan permainan masa kini yang cenderung individualis.

Karena itu pulalah, bermunculan beberapa komunitas yang bermaksud melestarikan permainan-permainan tradisional. Salah satunya komunitas Hong di Bandung. Bahkan, komunitas ini berhasil mendokumentasikan sekitar 250 permainan tradisional daerah Sunda dan sekitar 250an permainan tradisional daerah lain. Komunitas Hong berhasil menghadirkan surga permainan tradisional bagi anak-anak. Membuat anak-anak bahagia dikenalkan pada permainan yang belum pernah mereka kenal. Kayaknya kalau ajak anak-anak ke sini beramai-ramai dengan teman-temannya bakal seru kali yaa.

1 komentar :

  1. Permainan masa kecil yang selalu kumainkan adalah gobak sodor, congklak, sama bongkar pasang :D

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com