Pages

SOCIAL MEDIA

Sabtu, 29 Agustus 2015

Kemana Mencari Review tentang Snack?

Hidup di jaman serba digital ini membuat hampir semua orang mempercayakan informasi yang diperolehnya melalui internet. Orang tak lagi terlalu percaya kalimat-kalimat bombastis iklan. Tak lagi yakin penjelasan sales. Tak lagi yakin kesaksian artis.

Banyak orang lebih percaya kesaksian temannya atau kesaksian orang yang ia kenal dekat. 

Saya sendiri, baru bisa percaya sebuah OS atau produk, setelah saya browsing dulu. Baca informasi detail pluuusss testimoni dan review dari orang yang sudah merasakan atau mengalami sendiri.

Yaaa, istilah kerennya user experience. User experience mempunyai kekuatan cukup tinggi untuk mempengaruhi keputusan membeli. Seseorang bisa jadi akan membeli atau bahkan mungkin memutuskan untuk tidak jadi membeli sebuah produk ketika membaca pengalaman yang dialami orang lain. Bener gaaaakk???

Naahh kekuatan testimoni atau review berdasar user experience inilah yang tampaknya dijadikan dasar kuat dan pendorong utama oleh Lifull-produk Id untuk membangun sebuah situs yang mengkhususkan diri pada snack.
Salah satu produk untuk direview di Lifull (dok. pribadi)
Haaaahhh? Snack??

Yaaap, anda tidak salah baca!!

Memang yang direview di web Lifull-produk ini adalah snack. Makanan atau minuman ringan.

Lumayan buat nemenin nonton TV (dok pribadi)
Lifull-produk tampaknya sadar betul, kekuatan review atau testimoni berdasar user experience itu sangat powerfull untuk mempengaruhi keputusan seseorang dalam membeli :).

Sooo, kalau ada produsen snack yang akan meluncurkan produk barunya, tak ada salahnya untuk melempar produknya melalui Lifull-produk untuk dicoba oleh user yang merupakan member Lifull. Ini bisa jadi riset pasar sederhana, untuk menguji efek produk baru dalam mempengaruhi selera pasar.

salah satu produk review (dok. pribadi)

Bukan tidak mungkin, jika user-user ini mencoba produk yang bisa mereka dapatkan melalui Lifull, mereka akan suka, lalu secara tak langsung akan menciptakan efek viral.

salah satu snack yang direview (dok. pribadi)
Para user bercerita dengan antusias ke teman-temannya, mengajak mereka untuk mencoba juga. Umumnya orang ingin temannya ikut merasakan sensasi yang dirasakannya, ingin temannya ikut mencoba juga agar turut merasakan sensasinya, lalu bersama-sama bisa membincangkan produk tersebut. Mereka pun akan mendorong temannya untuk membeli atau mencoba produk tersebut.

Kalau dalam ilmu Psikologi ada istilah konformitas sosial dimana kecenderungan seseorang untuk berperilaku sama dengan kelompoknya agar nyambung dengan pembicaraan dan tidak dikucilkan. Yaaa semacam kecenderungan mengikuti hal-hal kekinian lah kalau istilah "masa kini".

Hadeuuuhh, berat yaaa bahasan saya. Hahahaha.

Yaa, saya membahas ini dari sisi keuntungan bagi produsen yaaa.

Lantas apa keuntungan konsumen?

Sssttt, konsumen bisa lhoo merasakan macam-macam snack, bahkan snack baru yang belum ada di pasaran, yang ada di daftar Lifull dan memberikan reviewnya. Selain dapat kesempatan merasakan produknya, konsumen juga bisa berkesempatan mendapatkan berbagai hadiah yang diberikan oleh Lifull.

Berbagai product yang bisa diperoleh dari lifull untuk direview (dok.pribadi)
Lifull nih baik banget lhoo, saya dapat sejumlah snack yang bisa saya coba-coba. Asyik yaa. Berkat referensi dari Indonesian Foodblogger juga saya jadi tahu web untuk mereview snack bernama Lifull. Kalau ngga, kayaknya saya ga akan pernah tahu bisa dapat hadiah-hadiah keren dari Lifull.

Mau dapat snack juga dari Lifull-produk? Coba aja ubek-ubek webnya. Trus daftar deh. Kali-kali beruntung, bisa dapat kiriman Kit-kat, Oishii, dsb.

Noted
Semua foto merupakan dokumentasi pribadi, harap ijin jika ingin menggunakan kembali

10 komentar :

  1. saya udah kunjungin situsnya beberapa hari lalu mbak
    baca komen2nya lucu2 di sana :)

    BalasHapus
  2. wah asyik banget ya ternyata ada review tentang snack

    BalasHapus
  3. Asyiiik. makasih informasinya, Mbak

    BalasHapus
  4. Jadi laper mba kalo bayangin snack 😊

    BalasHapus
  5. Waaaa..snack gratis...maaauuuu....
    #makirits :p

    BalasHapus
  6. asyik ih dapet tester dari liful.. saya kok udah lama banget join tapi gak pernah dapet sekalipun ya..hiks. malah saya seringnya dapet dari yukcoba.in. mampir mak ke sini lihat review2 produk saya..hoho http://www.smarttien.com/search/label/review%20produk

    BalasHapus
  7. mba Maya, aku udah nyoba review juga klik yang hadiah gratis itu, kok belum dikirimi ya, hehehe
    kasih tau caranya dong.

    BalasHapus
  8. Asyik, mau juga dong snack2nya...

    BalasHapus
  9. Sudah pernah baca-baca review makanan di sana. Komen di tiap produknya kadang oot ya
    Sayang aja sih

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com