Pages

SOCIAL MEDIA

Minggu, 26 Juli 2015

Hati-hati Mengemudi di Tol Cipali

Mungkin semua sudah tahu yaa, beberapa minggu menjelang lebaran, salah satu tol yang baru selesai pengerjaannya, dibuka untuk umum. Tol yang kemudian jadi favorit banyak pemudik yang biasa melalui jalur pantai utara. Tol Cipali, tol yang menghubungkan Cikopo - Palimanan.

Walau beberapa orang mengkhawatirkan kondisi tol baru yang terkesan terburu-buru disiapkan ini. Apalagi banyak pemberitaan menyebutkan kecelakaan yang banyak terjadi di tol ini.

Tapi, menurut menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimulyono, tidak ada yang salah dengan tol Cipali. Jalur ini secara geografis ga ada masalah. Berbeda dengan tol Cileunyi yang memang kontur tanahnya naik turun.

Masalah utama sebenarnya ada pada perilaku pengemudinya. Banyak pengemudi yang mengabaikan pentingnya beristirahat, sehingga kelelahan, mengantuk. Pada akhirnya jadi membahayakan dirinya dan pengendara lain.


Pada acara sosialisasi situs Ayo Mudik dan kesiapan jalur mudik yang diadakan kementerian PUPR bekerja sama dengan Republika online pada pertengahan Juli lalu, pak Basuki memberikan tips mengemudi yang aman di tol Cipali.

1. Pastikan kondisi kendaraan prima, rem tidak blonk, kondisi kendaraan terawat baik, pastikan semua berfungsi baik

2. Sering-sering beristirahat. Manfaatkan rest area yang disediakan tiap 25 KM. Kondisi tol yang luruus, cenderung membuat pengemudi menjadi mengantuk. Itu sebabnya pak Basuki menyarankan untuk beristirahat di tiap rest area. Ke depannya, Pak Basuki akan membangun rest area lebih banyak lagi, disertai penambahan beberapa fasilitas dan rambu-rambu jalan yang masih kurang.

3. Perhatikan kecepatan kendaraan. Kondisi tol yang mulus, lurus, dan bebas hambatan akan cenderung menggoda pengemudi untuk memacu kendaraan sekencang-kencangnya. Bahkan ada yang sampai memacu kendaraan hingga 200km/jam (pengalaman adik ipar). Woooww, ngeri yaaa.

Hal ini yang umumnya menjadi penyebab kecelakaan. Pengemudi yang memacu kendaraan hingga tinggi akan sulit mengendalikan ketika mengantuk atau kehilangan kontrol. Berhubung adanya di tol, maka resiko tersambar kendaraan lain tentu sangat besar. Dan kecelakaan yang terjadi umumnya akan fatal karena kendaraan dalam kecepatan tinggi.

Kadang-kadang pengemudi banyak yang tidak bisa menyesuaikan kemampuan mobilnya dengan daya pacunya. Ada kendaraan yang tidak bisa dipacu kencang karena tidak akan stabil, tapi dipaksa melaju kencang, akibatnya mobil oleng dan akan mudah lepas kendali.

Soo, lihat-lihat kekuatan kendaraannya yaa.

Itulah beberapa tips dari pak menteri yang saya ingat. Semoga semua bisa mengikutinya yaa.

Marii drive safety, drive safely. Jangan sampai ketinggalan travel bag yaa ;).


Hahaha, Alhamdulillah dapat rejeki nomplok ;).

Yuhuuu, ready to go?

Sudahkah teman-teman merasakan tol cipali? Apa yang dirasakan? Share yaaa.

13 komentar :

  1. Iya tuh beritanya bikin ngeri, tapi adik iparku cewek nyetir sendiri dari Bogor ke Semarang lewat cipali. Lebih cepat katanya, emang sih harus aware keamanan mengemudi. Asal tubuh fit dan nggak cape ,trus konsen juga, insyaa Allah aman.

    Mana tuh foto travel bagn-nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, posting dari hp gagal mulu masukin foto travel bag

      Hapus
  2. Tahun ini angka kecelakaan lalulintas menurun.. semoga tahun depan semakin menurun lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tahun ini angka kecelakaan menurun cukup signifikan, Semoga semakin baik yaa

      Hapus
  3. iya mbak, mestinya memang sempatkan istirahat di rest area yg sudah disediakan yaa :)
    istilahnya biar lambat, asal selamat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus sering-sering istirahat biar ga terlalu Capek. Ga papa lambat tapi selamat :)

      Hapus
  4. panjang dan bebas hamatan tapi harus tetap waspada ya. Mbak Maya maaf lahir batin ya. Maaf aku baru bisa bw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru disitu rawannya, banyak yang mengaku jadi gampang ngantuk & ngebosenin. Bahaya kan

      Hapus
  5. Kecelakaan di Tol Cipali sampai saat ini karena Human Error ya. Tipsnya sangat perlu diketahui oleh para driver tuh ;-)

    BalasHapus
  6. Belum nyicip lewat cipali. Iya bener kalau jalanan lurus2 malah rawan ngantuk, pengemudo harus ditemenin ngobrol atau ya itu, istirahat sejenak di rest area..

    BalasHapus
  7. Liat di berita, tol cipali bnyak kecelakaan yaa.. Moga para pengemudi kedepannya lbh hati2. Aamiin

    BalasHapus
  8. *save tipsnya* siapa tau nanti lewat cipali :D

    BalasHapus
  9. Saya ucapkan terima kasih informasinya, semoga informasi yang Anda berikan bisa menjadi infomrasi yang bermanfaat dunia dan akhirat

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com