Pages

SOCIAL MEDIA

Jumat, 26 Juni 2015

Membidik Objek Menarik dengan Kamera Smartphone

Mendapatkan gambar yang cantik dengan kamera smartphone? Ahahaha, becanda loe bro. Mau saingan sama kamera DSLR? Ga mungkin my friend

Etapi, jangan diketawain dulu yaa.  Jaman sekarang apa sih yang ga mungkin? Siapa bilang untuk menangkap moment atau objek cantik cuma bisa dibidik dengan menggunakan kamera DSLR? 

Di jaman serba digital ini, dengan berbagai teknologi yang terus berkembang sempurna, perkara menangkap moment indah pun tak lagi jadi monopoli kamera DSLR! Kamera Smartphone pun bisa ambil bagian! *lantas dimusuhin potograper propesional*

Pencahayaan

Saat ikut funday sharing Citizen Journalis Liputan 6 di gedung SCTV beberapa bulan lalu, Jocky yang memberikan materi mengaku, salah satu fotonya pernah dibeli instagram, padahal hanya menggunakan mobile phone.

Ahhh, ini sungguh sangat menghibuuurrr *nyengir lebar*. Langsung deh mantengin hasil foto-fotonya di instagram @dj_jocky. Agak-agak ga percaya kalau itu hasil jepretan kamera smartphone.

Sayangnya, Jocky tak terlalu banyak berbagi tips cara pengambilan gambar melalui smartphone. Tips yang saya ingat betul saat pengambilan foto ketika minim cahaya, hindari munculnya bayangan di depan objek foto. Cari sudut yang tidak memunculkan bayangan di depan objek foto.

Usahakan cahaya berasal dari belakang pengambil gambar. Jika berasal tepat dari depan, akan menghasilkan siluet- Jocky

Hasil foto dengan cahaya dari samping

Hasil foto dengan arah cahaya dari depan
Ah yaa, ada tips lagi nih yang baru saya ingat. 

Cahaya alami terbaik untuk pengambilan foto produk adalah cahaya pukul 9-12 dan 3-5 

Kayak orang berjemur yaa :). 

Pada jam tersebut cahaya cukup, tapi tak terlalu terang, sehingga akan menghasilkan foto yang cukup cahaya tapi tak terlalu silau. 

Diambil pukul 10an, indoor, dg Lenovo S920 (dok. Pribadi)
Tak usah memaksakan mengambil foto produk di malam hari jika tidak ditunjang cahaya yang memadai. Fatal akibatnya jika yang mau dikerjakan adalah foto produk untuk display atau jualan. 

Asesoris Penunjang Kamera Smartphone

Sekarang, dengan berbagai kecanggihan teknologi dan inovasi produk, bermunculanlah bermacam asesoris penunjang Smartphone. Ga puas dengan speaker yang ada di handphone, orang-orang sibuk beli head phone demi mendapatkan suara yang lebih jernih. Nah, sama juga dengan fungsi kamera di Smartphone. Kalau mau rada canggihan dan bagusan dikit hasilnya, tambahin deh asesoris penunjang.

Saya pernah bahas tentang lensa tele for smartphone yang membantu mengambil gambar jauh menjadi lebih jernih dan tajam. Objek-objek kecil semacam kupu-kupu atau kumbang di daun akan bisa tertangkap sempurna dengan bantuan lensa ini.

Selain lensa tele, ada juga lensa super wide.

Nah lhooo, apa pula ituuu?

Lensa super wide for smartphone merupakan lensa tambahan yang berguna untuk pengambilan gambar yang lebih lebar, macam panoramic view gitu. Biasanya digunakan untuk pengambilan gambar pemandangan macam pantai, gunung, dsb. Semakin lebar sudut pengambilannya, semakin luas cakupan objek yang bisa ditangkap dengan bantuan lensa ini. Asyik kaann?

Dengan bantuan wide lens mustinya bisa lebih lebar cakupannya

Soo, perkara berburu atau hunting foto untuk mendapatkan hasil yang bagus udah bukan masalah besar lagi sekarang kan? Ada banyak asesoris tambahan yang bisa digunakan untuk mendapatkan objek yang ciamik melalui kamera smartphone. Ya, Smartphone. Lumayan, kalau mau jalan2 jadi ga berat bawaannya :).

Hunting ke mana?

Kadang kalau mau hunting foto ga perlu jauh-jauh sih, di dalam kota aja asal waktu dan sarananya tepat bisa aja kog. Bidik aja tema humanis. Misal membidik orang yang sedang duduk bengong, sedih, main gaple, dsb:).

Nah, untuk berburu berbagai objek foto yang menarik kadang butuh transportasi. Mustahil rasanya pergi kesana kemari tanpa kendaraan. Kalau mau cepet ya naik motor. Tapi kalau mau tetep pakai mobil biar ga kepanasan dan kehujanan untuk hunting objek dalam kota, paling enak ya pakai mobil yang irit bahan bakar, jadi kalau ketemu macet-macet pun ga akan rugi bandar.

Irit bbm itu penting saudara-saudara!! Penting. Supaya ga sakit hati liat argo bbm yang cepat turun! Hahaha. Kalau duit lagi pas-pasan, dengan bensin seadanya masih bisa ke mana-mana dengan low cost green car.
Toyota Agra, Low cost green car (dok. Toyota)
Untungnya sih sekarang sudah ada Toyota Agya. Body mungilnya itu menunjang untuk menyelinap di keramaian ibu kota. Pluuusss dengan teknologi hemat bahan bakarnya, ga khawatir bakal sering-sering isi bbm, hahaha *emak perhitungan*.

Soo, mau hunting ke dalam atau luar kota?

Tergantung preferensi sih. Kalau suka foto-foto bertema landscape, mungkin lebih enak berburu objek foto hingga ke luar kota yaa? Cari daerah berbukit, pantai, sawah, dsb.

Latihan

Oh yaa, cara paling tepat untuk menguasai teknik foto sebenarnya cuma latihan!!

Yak, latihan. Semakin banyak berlatih, semakin mahir seseorang dalam menguasai berbagai teknik, tahu tips dan trik pengambilan gambar berdasar kesulitan-kesulitan yang dihadapi, base on experience!

Asah kepekaan menangkap objek dengan banyak berlatih. Ambil dan test berbagai sudut pengambilan berdasar arah cahaya dan hasil foto yang diinginkan.

Sebuah foto yang bagus biasanya tak hanya diambil dari satu kali pengambilan gambar saja. Coba perhatikan para fotografer ketika mau photo shoot para model, bisa sampai puluhan kali shoot, cuma dari 1 objek saja. Bener ga?

Bandingkan foto atas dan bawah. Foto yg diambil dg angle berbeda dengan smartphone (dok. Pribadi)

Walau belum mahir, tapi saya berusaha berlatih mengambil foto dari berbagai sudut, angle. Katanya sih, foto yang bagus itu tergantung angle.


Bandingkan foto atas dan bawah. Angle yang beda menghasilkan foto yang beda (dok. Pribadi)

Ini yang sedang saya latih, memilih-milih angle yang tepat plus memperhatikan arah sumber cahaya. Masih jauh dari canggih. Tapi practices makes perfect right?

Foto diambil pukul 3 sore dg Lenovo S920, indoor (dok. Pribadi)


@Maya Siswadi - Juni 2015

10 komentar :

  1. sekarang banyak smartphone yang kameranya canggih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, sekarang smartphone dilengkapi kamera2 cangggih yaa

      Hapus
  2. praktis ya mak pake kamera smartphone, hasilnya juga ga kalah oke kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaapp, pakai kamera smartphone kalau bisa mengakalinya, tetap bisa menghasilkan foto yang ciamik :)

      Hapus
  3. Right! Tipsnya bergunaaaa banget!

    BalasHapus
  4. makasih tipsnya mak, bermanfaat banget

    BalasHapus
  5. Berarti foto yang bagus itu tergantung angle dan pencahayaan ya mba..
    saya jadi tau jam terbaik untuk foto produk
    makasih untuk sharingnya mba :)

    BalasHapus
  6. Nenteng kamera dslr kalau ga bisa pake nya juga percuma ya. Lagipula kamera smartphone...sekarang banyak yang canggih2...

    BalasHapus
  7. eh, ketauan ikutan sunpride blogging competition ya, hahaha....
    Dedy@Dentist Chef

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, udah lama bangeeett inii dedy

      Hapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com