Senin, 08 Juni 2015

Cermati Tabungan Anak yang Tepat

Sejak kecil anak-anak memang harus sudah dibiasakan mengelola keuangan dengan baik. Bagaimana mengelola uang, sehingga pada saat punya uang berlebih, tidak dihabiskan begitu saja, lalu galau dan pusing tak karuan ketika tidak punya cadangan dana sama sekali. Anak-anak perlu belajar bagaimana caranya menabung!

Saya pernah menulis tentang cara sederhana mengajarkan anak menabung, bagaimana anak-anak belajar menabung dan membiasakan mereka menabung.

Kini, saya tak lagi dipusingkan bagaimana mengajarkan mereka menabung, karena tabungan mereka sudah lebih dari cukup. Mereka sudah merasakan sendiri manfaatnya menabung. Sudah terbiasa menyisihkan uang jajan dan merasakan enaknya membeli beberapa hal yang mereka inginkan dengan uang tabungan tersebut.

Saya justru sedang dipusingkan dengan cara yang tepat dan aman dalam menyimpan uang tabungan tersebut. Yaaa, ga banyak-banyak banget siiihhh, tapi untuk ukuran anak-anak yang paling banter cuma jajan ga lebih dari 10-20rb / minggu, uang jajan yang mereka kumpulkan sekarang terhitung cukup lumayan jumlahnya.

Sudah lama saya mewacanakan untuk menawarkan anak-anak opsi membuka tabungan anak di sebuah bank. Tapi hingga saat ini belum terlaksana. Saya masih bingung, bank mana yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan saya. Sudah coba membanding-bandingkan beberapa bank dengan cara datang atau mengambil brosur ke bank yang bersangkutan, tapi berakhir dengan kebingungan dengan variasi tawaran yang ada pluuuss habisnya waktu membandingkan satu-satu produk tiap bank.

Hampir putus asa juga sih mencari produk tabungan anak yang tepat. Sampai browsing-browsing membaca beberapa artikel, tanya sana sini, tanya teman-teman di beberapa komunitas, masih belum ketemu yang cocok. Sampai akhirnya saya bertemu Cermati.com.

Tampilan halaman Tabungan di Cermati.com
Ahaaaa, ini dia nih yang saya cari-cari. Sebuah situs yang membandingkan berbagai produk perbankkan mulai kartu kreditkredit motor, hingga tabungan. Semua produk perbankan yang dibutuhkan, ada infonya.

Mau cari produk perbankan yang menawarkan fasilitas kredit tanpa agunan? Ada! Mau coba renovasi rumah dan mau cari kredit multiguna yang tepat? Yang bunganya rendah atau yang menawarkan plafon tinggi? Sok aja dipilih-pilih. Enaknyaa, disediakan simulasi juga, jadi ga perlu pusing menghitung-hitung sendiri, sudah disediakan simulasi perhitungan jika mengajukan pinjaman di bank tertentu, dengan suku bunga tertentu, dan jangka waktu tertentu.

Mudah sekali membanding-bandingkan produk-produk perbankkan yang ada di Cermati ini, sesuai yang saya butuhkan dalam mencari produk tabungan anak yang tepat.

Perbandingan Tabungan Anak di Cermati

Saya mulailah mengekplorasi tabungan anak di Cermati. Begitu klik tabungan anak, secara otomatis langsung keluar nama beberapa produk perbankkan. Langsung deh nama berbagai bank keluar dengan beberapa fiturnya.
Perbandingan tabungan anak dari beberapa bank
Beberapa bank menjanjikan memberikan anak kartu ATM sendiri dengan nama mereka tercetak di kartu tersebut. Waahh, anak-anak pasti senang ya kalau punya kartu ATM dengan nama sendiri, apalagi yang desainnya menarik, seperti design bergambar Hot Wheels atau Barbie yang ditawarkan salah satu bank.

Ada juga bank yang menawarkan perlindungan asuransi lhooo, jadi bukan cuma menawarkan bunga menarik, tapi juga coverage asuransi. Bahkan jika orang tua khawatir akan tabungan anaknya, takut dipakai atau ditarik sembarangan, bisa juga memilih bank yang menawarkan fasilitas notifikasi sms yang dikirim ke orang tua. Yaa, kadang-kadang orang tua juga merasa perlu dilibatkan kan?

Seperti kebanyakan bank, beberapa bank yang menawarkan tabungan anak ini juga menawarkan pemberian sejumlah bunga tertentu untuk sejumlah dana yang mengendap di tabungan. Ada bank yang memberikan bunga hingga 2% jika saldo rata-ratanya 10 juta (banyak amat yaa duitnya :)).

Simulasi tabungan di Cermati.com
Menariknya, jika mau diubah nilai nominal saldo rata-rata tabungan, berubah juga daftar bank yang menyediakan produk tersebut. Jika kita menuliskan sejumlah saldo rata-rata tertentu, ketika klik info lanjut, akan keluar simulasi perhitungan bunga dari bank yang bersangkutan, berapa saldo minimal yang diharapkan, berapa suku bunga yang diberikan saat itu, dan beberapa keterangan lain yang dibutuhkan.

Oh iya, jika menginginkan tabungan anak yang tanpa minimal saldo juga ada kog, bahkan ada juga bank yang menawarkan tabungan anak tanpa biaya administrasi. Yaaa, walaupun jangan berharap banyak mendapatkan bunga yang besar. Yaaa, sebanding laahh, berharap tidak mendapat potongan biaya administrasi bulanan, timbal baliknya bunga yang ditawarkan juga keciiill, kalau tidak bisa dikatakan 0% ;). Hitung-hitung hanya menitipkan uang saja di bank yaaa :).

Saya jadi keasyikan sendiri mengutak atik berbagai produk di Cermati ini. Bukan cuma membandingkan, ternyata bisa juga mengajukan pembukaan rekening atau pengajuan kredit langsung melalui Cermati. Tinggal log in, pilih bank yang dituju, ajukan aplikasi. Mudah kan? Ga perlu lagi capek-capek datang ke bank yang bersangkutan.

Aman ga bertransaksi di Cermati?

Oke, kita kenalan yuuukk dengan Cermati. Tak kenal maka tak sayang kan?

Apa dan Bagaimana Cermati?

Berikut adalah deskripsi singkat yang saya kutip di situs Cermati


CERMATI adalah perusahaan start-up yang bergerak di bidang teknologi finansial. Didirikan para teknologis Silicon Valley dengan tim yang sudah berpengalaman di perusahaan teknologi global terkemuka seperti Google, LinkedIn, Microsoft dan Oracle. Tim Cermati memiliki pengalaman total lebih dari 12 tahun dalam mengerjakan aplikasi dan situs web yang digunakan lebih dari ratusan juta user di seluruh dunia. 
Soo, ga perlu diragukan lagi yaa, tim Cermati adalah tim handal yang berasal dari orang-orang yang sudah berpengalaman. Kalau masih ragu-ragu dan ingin bertanya lebih lanjut, hubungi saja customer servicenya cs@cermati.com.

Jangan lupa follow facebook Cermati di https://www.facebook.com/cermati dan juga twitternya https://twitter.com/cermati_IDuntuk mendapatkan info dan promo-promo produk perbankan terbaru dan  fitur-fitur apa saja yang sudah ada dan akan ada di Cermati. Pantau terus yaa supaya ga ketinggalan informasi. Lumayan kan kalau dapat informasi pembukaan tabungan anak tanpa saldo minimum, xixixi *emak-emak perhitungan*

Naahh, udah jelas dengan Cermati, sekarang saatnya memilih tabungan anak mana yang tepat. hahaha. Saya pilih yang mana yaaa? Semuanya menarik euuyyy. 

Kalau teman-teman memilih tabungan anak, apa saja yang dijadikan dasar pemilihan keputusan? Apa saja yang dijadikan pertimbangan? Share dooonk. 

11 komentar:

  1. Wah asyik nih cermati, bikin makin melek finansial

    BalasHapus
  2. Pengin yang bentuknya deposito, mak. Karena tanpa biaya administrasi juga, hanya memang kok saldonya minimal 10 jt yak. wekeke

    BalasHapus
  3. Iya memilih tabungan tuh termasuk hal yg buruh kecermatan.
    Baru tau nih ttg cermati.com.
    .

    BalasHapus
  4. Hal - hal kayak gini sepele tapi penting ya. Jadi kudu pinter dan cermat milih tabungan. Bermanfaat!

    BalasHapus
  5. Wah, praktis ya, Mbak. Aku dulu waktu awal mau bikin tabungan buat anak-anak mesti keliling dari bank ke bank, ngobrol sama CS-nya. Kalo ada apps ini mah enak banget ^^

    BalasHapus
  6. Banyak sekali manfaatnya :)

    BalasHapus
  7. ENak ya praktis...aku baru donlot...mau tak coba-coba jugaaa ahh

    BalasHapus
  8. terima kasih sharingny ambak maya, anak-anak juga sudah mulai belajar menabung nih di Bank

    BalasHapus
  9. Starup yang bagus, untuk Mak-mak belajar mencemati produk finansial di Indonesia.

    BalasHapus
  10. Salam kenal mak, sudah difollow ya. Ditunggu folback di http://elly-hasilmasakanku.blogspot.com

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com