Pages

SOCIAL MEDIA

Jumat, 27 Maret 2015

Menangkap Objek Jauh Lebih Tajam dengan Smartphone

Menangkap objek jauh lebih tajam dengan smartphone, apa mungkin?

Salah satu kelemahan kamera smartphone adalah sulit menangkap objek yang jauh secara tajam. Apalagi objek-objek mini macam kupu-kupu, kumbang, dsb. 

Jika dipotong atau crop, hasil kamera smartphone umumnya akan blur atau pecah. Akhirnya kualitas gambar tidak cukup bagus saat diperbesar. Ini karena kamera smartphone hanya menggunakan digital zoom yang hanya memperbesar pixel *cmiiw*. Berbeda dengan kamera digital yang mempunyai kemampuan zoom secara optimal dalam bentuk optical zoom.

Rupanya, kelemahan smartphone tersebut melahirkan sebuah asesoris tambahan baru yang berguna untuk mengurangi kelemahan itu.

Hal ini secara tak sengaja saya ketahui saat ikut Komunitas belajar fotografi. Tiap hari ada saja hasil jepretan foto yang dipajang dengan menyebutkan jenis kamera yang digunakan, berapa bukaannya, ISO-nya, dsb. Istilah-istilah fotografi yang belum sepenuhnya saya kuasai.

Selama bergabung, saya cuma berani menjadi pengamat, ga berani "unjuk gigi". Hasil foto mereka umumnya ciamik. Maklum, diambil menggunakan kamera digital atau kamera DSRL gitu. Aapalaahhh saya yang cuma pakai kamera smartphone? :)

Sampai suatu ketika muncul postingan keren yang lahir dari smartphone. Aiihhh ada juga yang pakai smartphone. Lihat hasil-hasil fotonya keren layaknya kamdig :). Tajam dan detail. Begitu baca keterangan foto, ternyata beberapa di antaranya menggunakan lensa tele zoom for smartphone. 

Apa pula itu lensa tele zoom for smarphone? Saya pun bertanya supaya mendapat info lebih jelas. Ternyata lensa tersebut merupakan salah satu asesoris tambahan di smartphone untuk membuat objek foto menjadi makin fokus dan tajam layaknya hasil foto kamera digital. Kita bisa mengatur sendiri optical zoom yang diinginkan *cmiiw.

Waahh brasa kudet banget sampai ga tahu ada asesoris yang bisa membantu kinerja smartphone ini. Akhirnya browsing dan ternyata sudah banyak penjualnya secara online.



Di salah satu toko online saya temukan keterangan ini

Kamera Smartphone pada saat ini hanya dapat menangkap gambar sejauh tangkapan mata manusia. Teknologi yang digunakan pada Smartphone menangkap gambar jauh menjadi dekat adalah dengan fungsi digital zoom, yakni memperbesar pixel yang ada sehingga gambar tampak lebih dekat. Namun cara ini dipastikan merusak kualitas gambar karena foto akan terlihat lebih buram (blur) dan pixel terlihat lebih jelas. 

Teknologi yang perlu dikembangkan agar fungsi zoom menjadi optimal adalah dengan teknologi Optical Zoom, yakni sistem zooming yang digunakan pada kamera digital. Namun dengan ukuran Smartphone yang semakin tipis dan ringan, teknologi ini menjadi sulit dikembangkan. 

Maka, diciptakanlah Lensa Tele Zoom tambahan yang menjadikan hasil foto zoom menjadi sempurna. Hasil foto tidak pecah, buram, dan ketajaman piksel tetap terjaga.

Rupanya sudah ada lensa tele zoom khusus smartphone, yang hampir sama fungsinya seperti lensa tele zoom pada kamera digital.


Harga asesoris tambahan ini tidak terlalu mahal. Kisarannya antara 70.000 - 200.000 rupiah. Ada yang dilengkapi klip, penjepit, atau tambahan tripod.

Bicara hasil foto, objek yang jauh pun tetap terlihat tajam, tidak pecah atau blur. Fungsinya persis sama, untuk menangkap objek jauh menjadi lebih dekat dengan hasil gambar yang tetap jernih dan tajam. Jadi kita ga perlu deh capek-capek berjalan mendekati objek utama untuk mendapatkan gambar yang bagus. Dari jarak jauh pun kita bisa mendapatkan hasil yang oke :). Cocok banget kalau kita mau menangkap objek jauh macam gunung, pantai, ombak.

Buat blogger yang sering reportase kegiatan, lensa tele smartphone ini bisa berguna untuk menangkap objek utama saat berada di panggung misalnya. Atau mau mengambil gambar secara candid? Oke banget kalau pakai lensa tele ini ;).


Bahkan lensa tele ini juga bisa membuat efek "bokeh" *cmiiw*, foto akan terlihat fokus pada objek utama dan latar belakangnya menjadi blur.

Kalau sudah begini, rasanya plesiran pun cukup menenteng smartphone plus si tele zoom ini. Praktis, ga perlu repot dan berat menenteng kamera DSRL *cmiiw.

12 komentar :

  1. wah baru tahu ada telle buat smarphone , berapa an mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Macam3 harganya, kisaran 100ribuan

      Hapus
  2. sepertinya menarik mbak buat dibawa pas jalan2 santai
    ada rekomendasi penjual yang resmi/ terpercaya plus harganya?

    BalasHapus
  3. wah, alatnya lumayan terjangkau ya..
    boleh juga nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, harganya ga terlalu mahal mak

      Hapus
  4. Pengeeennnnnn! Bisikin dunk harga dan penjualnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca detailnya, di atas udah disebut mak :)

      Hapus
  5. Aduuuh keren nih, pengen cobaaa. Makasiih Mba Maya infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-samaa awan. Ga rugi kog nyobain. Haeganya ga mahal ini. Mahalan power bank malah yaa :)

      Hapus
  6. Tapi bagi yg terbiasa pakai kamera, kok ya aku ga puas mba pake ini :D... Smartphone buatku pilihan trakhir bgt utk dipake foto..kalo kamera ketinggalan misalnya :D

    BalasHapus
  7. sekarang kualitas kamera smartphone juga udah banyak yang bangus. Ditambah lagi dngan peralatan tambahan kayak gitu. Makin bagus deh fotonya

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com