Rabu, 17 April 2013

Teruslah Menulis Srikandi Blogger 2013

Terus terang, hingga tulisan ini dibuat, saya masih tak punya ide, apa yang mau ditulis ya. Hiahahaha, sama halnya ketika menuliskan resume tentang diri sendiri saat mendaftarkan diri, "hadeeeuuh, mau nulis apa".

Bagi saya, masuk nominasi 50 besar ajang pemilihan Srikandi Blogger 2013 yang diadakan KEB (kumpulan emak2 blogger, 
http://emak2blogger.web.id/) ini, sungguh luar biasa, sama bergengsinya dengan ajang pemilihan wajah Femina, pemilihan Puteri Indonesia atau bahkan Miss Universe sekalipun. 



Apalagi ketika membaca nama-nama yang masuk nominasi Srikandi Blogger 2013, bangga sekali rasanya bisa masuk bareng penulis buku terkenal, trainer, blogger beken, pemenang berbagai lomba blog, dsb. 



Nama saya Maya Mai Farnomisa, begitulah yang tertulis di KTP dan semua ijazah, mulai SD sampai Sarjana. Sejak mulai mengenal dunia online dan tulis menulis, saya kepikiran untuk membuat dan memperkenalkan sebuah nama baru yang lebih mudah diingat dan diucapkan. Karena sejak jaman sekolah, selalu ada yang salah menyebutkan nama lengkap saya dengan tepat, dan itu menjengkelkan. Saya harus bolak balik merevisi dan mengeja berkali-kali. 

Akhirnya saya memakai nama Maya Siswadi sebagai identitas di berbagai milis, blog, dan berbagai media online. Siswadi merupakan nama belakang suami.

Dan sekarang hampir semua orang dengan mudah mengenali saya “ooo Maya Siswadi, bunda 3F”, ketika kopdar di berbagai acara yang diselenggarakan milis maupun komunitas.

Sebagai penegasan, saya selalu menuliskan signature, Maya Siswadi Bunda 3F, di bagian akhir email . Sebagai identitas tambahan bahwa saya ibu dari 3 anak yang nama depannya diawali huruf F; Faldi, Ferdi, dan Falda.

Saya mulai aktif menulis dan sharing di milis kehamilan sejak 2005, sering berbagi kisah kehamilan di blog Friendster. Ketika Friendster berkurang peminatnya, saya beralih ke blogspot. Tapi di akhir 2006, saya menemukan sebuah komunitas blog dan memulai petualangan saya di Multiply, http://bunda2f.multiply.com . Sering kopdar dengan teman-teman Mpers *begitu istilah mereka*, saling bertukar cerita, blogwalking dan komen.

Saya banyak berbagi tips dan cerita kehidupan sebagai IRT yang merangkap admin, sekretaris, dan manager dalam bisnis yang dijalankan suami, dan berbagi keseruan menghadapi 3 balita tanpa bantuan ART (asisten rumah tangga). Walau rempong, tapi masih sempat berkunjung dan berbagi solusi dengan teman-teman di beberapa milis ; asiforbaby, sehat, ayahbunda, hypnobirthing, kehamilan, dsb. Bahkan saking aktifnya, saya diperbantukan sebagai moderator di milis asiforbaby hingga 2011.

Berkat aktif di milis dan multiply itu pula, saya terinspirasi untuk membuat Bisnis Baju Menyusui Studio 3F, hingga menjadi salah satu finalis wanita wirausaha Femina 2009 dan masuk dalam segmen Wanita dalam berita Lintas Siang TPI (berganti nama MNC TV) pada 2010, bisa dilihat di video "segmen Wanita"

Sekitar tahun 2009, saat anak ketiga berusia 2 tahun lebih, saya mulai mengajar kembali sebagai dosen di sebuah perguruan tinggi Islam di bilangan Kampung Melayu, hingga kini. Bersamaan dengan itu, saya juga mencoba bisnis lain, Oriflame.

Walau menjalankan beberapa pekerjaan dan bisnis sekaligus (ya ngajar, ya bisnis baju menyusui, ya Oriflame juga, ya jadi IRT tanpa ART, dan sekarang sedang jadi mahasiswa lagi :) *fiuh lap kringet), saya tetap aktif ngeblog, karena bagi saya, ngeblog merupakan sarana pelepas ketegangan dan penyaluran berbagai ide yang berseliweran di kepala, yang tidak selalu bisa saya ungkapkan secara verbal.

Sejak tidak bisa aktif lagi di Multiply, saya kembali aktif ngeblog di http://bunda3f.blogspot.com


Saya mungkin bukan lagi blogger aktif seperti dulu di era tahun 2006-2009. Tapi semangat menulis dan berbagi masih terus ada. Seringkali ketika saya sedang melakukan aktifitas tertentu, muncul keinginan untuk menulis dan membagikannya kepada semua orang melalui blog. Kadang memang tak langsung bisa saya tulis, tapi paling tidak ide itu sudah saya catat untuk suatu saat akan saya tulis ketika waktunya longgar.


Bagi saya, menulis di blog atau dimanapun di dunia maya, membagikan semangat dan buah pemikiran adalah sebuah kebahagiaan tersendiri yang sulit diukur dengan uang. Priceless. Ada sebuah kelegaan bahkan kebahagiaan, ketika apa yang saya tulis bisa bermanfaat bagi banyak orang.


Seringkali saya membagi begitu saja berbagai ilmu yang saya punya kepada semua orang, tanpa memusingkan apakah apa yang saya bagikan itu nantinya akan di copy paste, tanpa memusingkan apakah tulisan saya itu nantinya dirangkum orang dan dijadikan buku, tanpa memusingkan apakah tulisan saya itu nantinya akan dimanfaatkan orang untuk dijadikan uang, juga tanpa memusingkan tulisan saya itu nantinya bisa dijadikan uang. 


Bukan sekali dua kali beberapa teman milis menyolek saya "mbaa, tulisannya bagus-bagus, sharingnya bermanfaat banget, coba dijadiin buku" atau "may, coba tulisan dan sharing-sharingmu itu dikumpulin trus dijadiin buku, ntar gw orang pertama yang beli". Sudah tak terhitung sebenarnya yang meminta ijin berbagi tulisan dan sharing saya di milis kepada beberapa temannya, bahkan ada beberapa yang meminta ijin untuk dijadikan bagian dari artikel di sebuah majalah, tulisan di sebuah buku, dsb. Tak ada imbalan uang ataupun materi dari apa yang saya tulis dan bagikan itu. 


Mungkin bisa dibilang saya ini blogger bodoh dan naif yang baru tahu bahwa menjadi blogger ternyata bisa sangat menghasilkan dan menjanjikan. Saya baru tahu justru saat mulai berkecimpung dan banyak mengikuti berbagai kegiatan KEB di facebook group, baik online, maupun offline. 



saya termasuk sering dan hobby ikut kegiatan-kegiatan KEB yang menyenangkan


Melalui sharing teman-teman di KEB, jadi terbuka pikiran saya, waa, ternyata seorang blogger bisa sangat menghasilkan ya melalui tulisan-tulisannya *langsung ngiler. Hiahahaha, kemana aja saya selama ini :)

Tak ingin sendiri merasakan kebahagiaan mengaktualisasikan diri melalui blog, saya sering mengajak mahasiswa/mahasiswi saya untuk juga merasakan kebahagiaan itu. Saya ingin mengajak mereka secara lebih cerdas memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk sesuatu yang lebih berdaya guna, bukan hanya untuk bersenang-senang lalu menghabiskan uang. 


Banyak diantara mereka yang bahkan cara mendaftar blog saja tidak tahu bagaimana. Tapi saya sengaja mendorong mereka untuk menulis melalui blog, bahkan kadang menugaskan mereka untuk menyerahkan tugas melalui blog :)


Nah, kira-kira, kalau saya terpilih jadi Srikandi Blogger 2013, saya mau ngapain yaa?


Hm, tak banyak ide yang terlintas dalam pikiran saya, yang ada hanyalah 

menulis, menulis, dan menulis.

Teruslah menulis, agar bisa kamu baca kembali, agar anak cucu, keluarga, sanak saudara, handai taulan bisa mengenal dan mengenangmu melalui tulisan, agar apa yang kamu tulis bisa bermanfat bagi orang banyak. Tebarlah manfaat melalui tulisan :)


Maya Siswadi

catatan :
IRT = ibu rumah tangga
ART = asisten rumah tangga, sebutan lain pembantu rumah tangga
KEB = kumpulan emak-emak blogger

24 komentar:

  1. Selamat pagi mak Maya Siswadi, bunda baca postingannya, walaupun tentang SB2013, tapi biodatanya itu lho, bikin iri aja. Sekarang lagi kuliah lagi? Woow, hebat euy. Bunda yr akan berusaha sesering mungkin ke rumah online maya ini, Insya Allah, biar ketularan semangat menulisnya dan mudah2an ketularan jiwa bisnisnya tuh. Bunda dukung banget untuk masuk 10 besar SB2013. Salam semangat dari Pamulang. Tangsel-nya dimana ya? Bunda di Ciputat. Siapa tau bisa berangkat bareng tgl. 28 April, hehe..ngarep.com

    BalasHapus
  2. Selamat pagi mak Maya Siswadi, bunda baca postingannya, walaupun tentang SB2013, tapi biodatanya itu lho, bikin iri aja. Sekarang lagi kuliah lagi? Woow, hebat euy. Bunda yr akan berusaha sesering mungkin ke rumah online maya ini, Insya Allah, biar ketularan semangat menulisnya dan mudah2an ketularan jiwa bisnisnya tuh. Bunda dukung banget untuk masuk 10 besar SB2013. Salam semangat dari Pamulang. Tangsel-nya dimana ya? Bunda di Ciputat. Siapa tau bisa berangkat bareng tgl. 28 April, hehe..ngarep.com

    BalasHapus
  3. mudah2an bunda masih ingat saya, waktu itu udah pernah ketemu di acara aqua kan? rumah kita emang deket kog,sama2 ciputat. btw tgl 28 April ada apa bunda? *lupa

    BalasHapus
  4. Keren mak maay, prestasinya..iya, dirimu melekat bgt deh bunda 3F..udah merknys..sakses ys mak, smga makin menginspirasii...

    BalasHapus
  5. Wahh... kegiatannya seabrek yah.. Semangat terus Mak.. Hidup para calon SB2013...

    BalasHapus
  6. hadeeeuuuh Dedew, ga ada apa2nya kali dibanding dirimu yg udah menghasilkan banyak buku *ngiri. Sukses juga untukmu yaaaa

    BalasHapus
  7. hai matris, salam kenal, makasih yaa udah mampir n kasih dukungan, semangaatt

    BalasHapus
  8. Haaiii Maakk..
    deuuh kegiatan yang seabreg tapi tetep menyempatkan Onlen ya ..

    Tetep semangattt..!! Bunda 3F..

    BalasHapus
  9. Sayang aku belum pernah Kopdar ihik ihik

    sukses ya mak

    BalasHapus
  10. waaah, prestasinya keren, mak. sukses selalu yah. semoga masuk 10 besar :D

    BalasHapus
  11. hai mak haniii, keliatannya kan seabreg *padahal mah seabreg2, hahaha
    ya kudu sih menyempatkan onlen keknya

    semangat maaakk

    BalasHapus
  12. mak hana, ayoooo kapan kita kopdar? #ehh seru lhooo maaakk

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Mak Maya, tinggal di Tangerang mana? Aku di Cileduk. Kali aja bisa kopdar. *malah OOT*

    BalasHapus
  15. Subhanallah, Mbak Maya sekarang kuliah lagi? Sukses yah, Mbak. Buat Anaz, semua emak2 yang mendaftar pada event ini adalah para Srikandi blogger sejati

    BalasHapus
  16. kereeennn mak< terus menulis yaaa...

    BalasHapus
  17. mak Ilaaa, makasih ya udah berkunjung

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. naaahh, bener kan mak Haya, kita deketan, aku di ciputat

    BalasHapus
  20. Anaaaaz, iyaaa, aku sekarang kuliah lagi, upgrade ilmu :)

    BalasHapus
  21. haii mak meti, makasih yaaa udah berkunjuung

    BalasHapus
  22. Mba Maya, aku juga py Blog loh.....

    BalasHapus
  23. Aku add blognya Mba Maya ya, tks

    BalasHapus
  24. hai anitaaa, makasih yaaa udah add blog saya, keren deh sekarang udah punya blog, ntar aku mampir yaaa, maaf baru komen, baru sempet ngecek2

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com