Senin, 03 Desember 2012

Tambah Wawasan di Blogger Bicara Fashion

Blogger Bicara Fashion. Begitulah tema acara Minggu siang itu, 2 Desember 2012 di FX Sudirman, Lantai 3. Diusung oleh BLOGdetik sebagai penggagas acara, bekerja sama dengan Jakarta Fashion Market dan didukung oleh Batik Indonesia.com, Tees.co.id, Wardah cosmetik, UseeTV, KEB (Kumpulan emak-emak blogger), dan Bonchon.

Awalnya bingung juga, kenapa tema acara "Blogger Bicara Fashion"? Apakah para blogger yang akan bicara tentang fashion? Ternyata yang muncul sebagai nara sumber adalah Diyan Arto, fashion designer batik muda asal Solo, Lathifah Rhipat yang seorang "shopaholics", dan Aria Rajasa, pebisnis muda pemilik bisnis online Gantibaju.com dan Tees.co.id.

Rupanya, para blogger yang hadir di acara ini diajak berdiskusi tentang fashion. Sharing banyak diberikan oleh Diyan Arto, mulai dari bagaimana jungkir baliknya Diyan dalam memulai usaha, rumitnya proses pewarnaan dalam membatik, cara Diyan dalam mendesain dan menerjemahkan gagasannya kepada penjahit, trik melayani customer, hingga misi membuat batik makin dicintai, terutama oleh kalangan muda.

"Membuat batik tulis itu tidak mudah lho, tidak bisa sekali jadi hanya dalam sehari. Bahkan kalau musim hujan begini, proses pewarnaanya bisa makan waktu lebih dari 3 bulan. Batik yang banyak warna seperti ini, bisa melalui beberapa kali proses pewarnaan, apalagi kalau motifnya kecil-kecil, tambah lama. Saya pernah didamprat customer gara-gara sudah 3 bulan batik tulis pesanannya belom selesai, padahal saya sudah bilang di awal bahwa proses akan lebih lama jika musim hujan"

Sharing dari Lathifah Rhipat, belanja sesuai yang disuka. Rekor belanja fashion tertinggi yang pernah dibelinya adalah Rp 40juta. Ck..ckk, sebuah angka fantastis. 

 Aria Rajasa, pemilik bisnis Gantibaju.com dan Tees.co.id ini bercerita bagaimana ia yang tak bisa desain, tak punya distro, tapi ingin memulai bisnis. Dari"ketidakbisaan" itulah muncul ide untuk "melemparkan tugas" mendesain kepada publik.

"Tiap bulan diadakan lomba desain di Gantibaju.com, yang memilih publik. Pemenang adalah yang mendapatkan vote terbanyak, kemudian desain para pemenang diproduksi dan dijual" sebut Aria. 

"Ya pemenangnya dapat uang, pembelinya senang, Aria dapat uang, untung dia" sahut Karel, host acara Talkshow. Penonton langsung tergelak mendengar kelakar Karel.

Bingung bagaimana memberdayakan ratusan desain-desain peserta yang tidak menang setiap bulan, Aria membuat lagi sebuah bisnis baru Tees.co.id dengan ciri khas tiap desain bisa langsung diproduksi. Pembeli yang memilih dan mendesain sendiri kaos yang dinginkannya. Aria khusus membeli alat yang bisa memproduksi secara satuan. Dari kedua bisnisnya ini, Aria sudah bisa meraup untung hingga ratusan juta.

Tambah wawasan. Itulah yang saya dapatkan siang itu. Bagaimana proses membatik, mendesain, dan memulai bisnis dari Diyan, hingga bagaimana mengembangkan bisnis ala Aria Rajasa.

Setelah Talkshow, muncul 3 emak-emak blogger, mak Fiki, Mak Olly, dan mak Wiwik yang bernyanyi bersama membawakan beberapa lagu. Disusul acara fashion show oleh 9 blogger (@nagacentil, @ondrywidyatmoko, @thiasoediro, @ekaotto, @lindaleenk, @ayankmira, @juleahardy, @donidarmwn) yang berlenggak lenggok ala pragawan dan pragawati membawakan Batik karya Diyan Arto.

Acara ditutup dengan pembagian doorprize. Alhamdulillah, hari itu pulang dengan senang, selain tambah wawasan, dapat goodiebag, dapat snack berisi roti lapis cream dengan figure wajah anak-anak dan 1 slice rainbow cake, plus minuman kotak, daaaannn terakhir beruntung dapat Job Review dari BLOGdetik menggantikan seorang blogger yang telah dipanggil berkali-kali tapi tidak hadir.

8 komentar:

  1. Pantesan harga batik itu mahal, karena prosesnya yang manual ya Mak...
    Kalo bicara soal fashion, aku angkat tangan deh, hehehehhehe nggak ngerti, taunya tinggal make aja

    BalasHapus
  2. acaranya keren mak :D

    blog nya juga keren.. hehe

    BalasHapus
  3. makasih yaaa mak hana, masa blog aku dibilang keren, xixixi

    BalasHapus
  4. iyaaa, maaaak begitulah knapa batik tulis harganya bisa mahal, karena melalui proses yg panjang

    BalasHapus
  5. kapan bisa ikut acara-acara begini ya? masih rempong sama bayi..
    salam kenal, mak :)

    BalasHapus
  6. bayinya brapa bulan maakk? diajak ikut aja, seru koooggg

    BalasHapus
  7. waaa dapet job review ya?? kereeeen mba!! salam kenal :)

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com