Pages

SOCIAL MEDIA

Minggu, 09 Desember 2012

Hobi Yang Menghasilkan



Punya hobi dan menghasilkan? Kenapa tidak. Banyak orang berangkat dari hobi, lantas menghasilkan uang. Contohnya, beberapa ibu serius berbisnis kuliner berawal dari hobi membuat kue, lalu banyak yang suka dan akhirnya order.

Pada dasarnya, hobi apapun, jika serius ditekuni, bisa berujung pada rupiah. Karena ketika  menjalankan sesuatu karena hobi, apapun yang dilakukannya, akan dikerjakan dengan penuh cinta dan suka cita, bukan karena kewajiban. Hasilnya pun maksimal karena selalu ingin hasil yang baik sehingga orang yang melihat ikut jatuh cinta dan tak segan membayar dengan mahal.

Punya hobi foto-foto? Terus berlatih untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal. Posting foto-foto itu melalui blog, atau sosial media macam facebook atau twitter. Tawarkan untuk menjadi sie dokumentasi, dsb. Cepat atau lambat, akan banyak orang yang melihat dan kemudian memberikan uang hasil jerih payah membuat karya tersebut.

Punya hobi jalan-jalan? Dokumentasikan segala catatan perjalanan, mulai dari foto, pilih angle yang menarik dan tidak biasa, kendaraan yang digunakan, waktu dan jarak tempuh, alternatif kendaraan umum dan tarifnya, kuliner sepanjang perjalanan beserta harganya yang bisa dijadikan rekomendasi, tempat menginap yang disarankan beserta tarifnya. Sedetail apapun yang bisa diberikan, catat, tuliskan secara detail, bahkan termasuk adat budaya setempat juga mungkin bisa dijadikan info. Kirim catatan perjalanan itu ke media atau terbitkan bukunya, dapat duit deh.

Punya hobi utak atik blog, desain atau gambar, tawarkan jasa desain pada orang yang membutuhkan, dapat duit deh dari situ.

Punya hobi makan? Bukan tak mungkin lho hobi mencoba berbagai jenis makanan bisa menjadi sumber penghasilan. Tuliskan tempatnya, apa yang dimakan, bagaimana rasanya, berikan kritik atau saran tentang bumbu yang dipakai. Tuliskan pelayanan yang diberikan, harga yang dipatok, menu andalan lain, bandingkan dengan yang lain, tuliskan atau gambarkan kondisi ruangan, akses menuju kesana, dsb. Tawarkan tulisan tersebut ke media dan dapatkan uang sebagai food reviewer, seru kan?

Banyak sekali hobi yang bisa digali dan kemudian menghasilkan uang, yang penting lakukan sepenuh hati dan pelajari kesempatan yang bisa didapat dari hobi tersebut. Apa yang banyak dibutuhkan dan sulit didapat, bisa menjadi ide awal untuk membangun bisnis. Ada yang awalnya hobi bersepeda, lalu menangkap peluang berbisnis sepeda dan membangun komunitas bersepeda.

Selamat Mencoba, semoga berhasil
Maya Siswadi

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com