Pages

SOCIAL MEDIA

Minggu, 09 Desember 2012

Bersosialisasi dan Mendapat Banyak Ilmu



Sejak dulu banyak sekali wadah yang bisa digunakan untuk bersosialisasi. Mulai dari teman sekolah, ekstra kurikuler, kursus, tetangga, kumpulan teman RW, kecamatan, arisan, pengajian, dsb. 

Akhir-akhir ini, semakin banyak wadah bersosialisasi dengan makin maraknya dunia online. Berawal dari beberapa orang yang mempunyai visi dan misi yang sama, lalu membentuk sebuah grup, hingga membentuk sebuah komunitas. Biasanya terbentuk melalui pertemuan dan komunikasi melalui dunia online, entah melalui mailing list (milis), forum, twitter, facebook group, fanspage, dsb. Dari intensnya komunikasi online akan memunculkan keinginan untuk bertemu dan mengenal langsung masing-masing anggota secara nyata dengan mengadakan acara-acara tertentu seperti workshop, seminar, talkshow, kursus, gathering, dsb.

Banyak manfaat bisa didapat dengan bergabung dalam sebuah komunitas. Tersalurkannya keinginan untuk bersosialisasi, bertemu dan mengenal banyak orang, plus mendapatkan ilmu dan berbagai info sekaligus. Misalnya bergabung dalam komunitas menulis, bisa mendapatkan ilmu tentang cara menulis yang baik, latihan menulis melalui blog atau lomba-lomba yang diadakan antar komunitas, bisa mendapatkan info cara menyalurkan tulisan, bagaimana menerbitkan tulisan, atau cara mendapatkan uang melalui tulisan, dsb. 

Ketika bergabung dengan komunitas kuliner atau memasak, bisa mendapatkan berbagai macam resep dan trik memasak, trik membuat kue, trik memasarkan yang jitu, mengemas yang cantik, mendapat info tempat kursus atau membeli bahan makanan yang murah, dsb.

Bergabung dengan komunitas menyusui di twitter atau facebook yang mewadahi ibu, bapak atau orang tua yang ingin berbagi atau mencari ilmu bagaimana memberikan ASI yang tepat, bagaimana menghadapi masalah dalam menyusui, bagaimana mengatur penyimpanan ASI, dsb.

Selain komunitas yang sudah disebutkan, masih banyak komunitas lain seperti komunitas bersepeda, fotografi, travelling, backpacker, dsb. Apapun itu, begitu banyak komunitas tersebar, tinggal memutuskan, komunitas mana yang paling tepat, sesuai kebutuhan. Bersosialisasi tak lagi identik dengan bergosip dan hura-hura. Tapi berbagi dan mendapatkan banyak ilmu. Sharing is Caring. 

Maya Siswadi         

2 komentar :

  1. haha iya, saya ini tergolong orang yang banyak dapat ilmu dari komunitas semacam ini, salam kenal Bunda 3F

    BalasHapus
  2. salam kenal juga yulia, makasih ya atas kunjungannya

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com