Kamis, 09 Februari 2012

Menaklukkan Anak Super Aktif

Punya anak-anak yang super aktif (bedakan dengan hiperaktif ya) itu memang luar biasa deh. Selain kitanya yang kudu panjang sabar, panjang pengertian, kita juga dibuat kreatif, selalu dibuat mikir, bagaimana cara agar si anak super aktif ini lebih banyak melakukan hal-hal positif.

Yang perlu diingat sih, anak-anak super aktif ini adalah anak-anak yang memang dari "sana"nya kelebihan energi. Saking kelebihan, mereka ga bisa diam, bawaannya selalu mau bergerak, pengen tahuan, tanya ini itu, dsb. Kalo mereka diam malah stress. Mereka baru akan diam kalau sudah tidur, itupun tidurnya juga ga bisa diam, xixixi.

Gimana duoonkk triknyaaa :
Kasih kesibukaaannn
apaan siihh?
1. Olahraga kalo memang suka olahraga,
Nih yaaa, kalo Faldi memang suka main bola, jadi difasilitasi deh, pulang sekolah atau ngaji, boleh main bola, dibeliin bola & sepatunya juga. Ini bisa membantu menyalurkan kelebihan energinya ke hal-hal positif sekaligus menyalurkan kelebihan energinya dengan kegiatan yang membutuhkan banyak energi

2. Ketrampilan kalau suka dengan berbagai jenis ketrampilan, misalnya bikin prakarya, buat anak-anak aktif tapi tidak terlalu suka dengan kegiatan yang melibatkan fisik
Nah, kalo Ferdi yang ga terlalu suka olahraga tapi ga bisa diam juga senangnya dikasih kegiatan bikin prakarya. Menggambar, mewarnai, bikin origami, main puzzle, lego2an, dsb

3. Delegasikan beberapa tugas/kerjaan yang dia suka dan bisa mereka kerjakan
Anak-anak seperti ini biasanya senang kalau bisa melakukan sesuatu yang sekiranya dia senang dan bisa dilakukannya. Nah biasanya Faldi, Ferdi, maupun Falda, paling sukaaa kalau dikasih tugas kerjaan yang emang dia mau dan bisa, asal diajak atau diminta dengan cara yang asyik.

"Bantu bunda yuuukkk, ada yg mau? bunda mau bikin nasi goreng"
"horeeeee"
"aku yg dadar telor yaaa"
"aku yg ambil nasi"
"aku yg potong2"
"aku yg ambil piring"

atau

"Ishhh rumahnya ga keren niy, rapiin sama-sama yuuukkkk, malu kalo diliat orang"
"aku yg nyapuu"
"aku yg beresin kertas2"
"aku yg ngepeeeeel"

Naahhhh enak kaaann?
Ga ada asistem rumah tangga?
Ga khawatir duooonkk, kan ada banyak asisten ^____^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com