Jumat, 02 Desember 2011

Kasihan mereka

Siang itu saat anak2 dan ayahnya sholat Jum'at di masjid, aku mencari tukang sayur, mo masak belum ada apa-apa. Aku tahu banget kalo dah siang gini tukang sayur udah jarang yang lewat, adapun biasanya mangkal di suatu tempat sambil beberes karena mo pulang. Akhirnya bertemulah dengan seorang tukang sayur langganan.

Aku lihat-lihatlah sebagian dagangan si bapak. Beberapa jenis sayuran ada yang sudah layu karena sudah siang. Bertanya-tanya dan melihat ini itu. Aku jarang menawar, paling-paling cuma tanya "harganya pas tuh paakk? ga kurang lagiii?", dan biasanya si bapak tanpa ditawar macam-macam akan memberikan harga diskon

Sampailah mataku tertumbuk pada beberapa macam sayur-sayuran yang sudah rapi ditata di dalam sebuah keranjang.
"Itu apa pak?"
"Oo, ya itu sayur2 mba"
"Ya tahu pak, maksudku itu ditempatin disitu lagi dipisah2in gitu ya?"
"Iya mba, kalo jadi tukang sayur itu musti telaten seperti ini, misahin mana yg bagus, mana yg udah busuk/layu dan ga bisa disimpan lagi."
"Buat dijual besok lagi kan pak?"
"Iya mba begitulah. Sekarang tuh susah mba dagang sayur, ga kayak dulu. Kalo dulu sabtu minggu saya masih rame dikerubutin ibu-ibu, dagangan pasti banyak yang abis
"Sekarang banyak yang nyisa ya pak"
Aku merhatiin dagangan bapak itu yang masih banyak di gerobaknya. Inget banget dulu kalo ketemu bapak tukang sayur ini kalo siang-siang pasti dagangannya udah tinggal dikit.

"Iya mba, sekarang, sejak ada pasar modern, g**nt, c*****ur, lo**e m**t, dsb, orang-orang milih belanja di tempat yang nyaman gitu kan. Ntar mereka belanja sekali banyak trus nyetok di kulkas. Jadinya tukang sayur kek saya gini hari-harinya dah ga kebagian lagi. Paling-paling mereka nyari saya kalo ada yg kurang-kurang bumbunya, kek lengkuas, daun salam, daun jeruk, asem jawa, dsb."


Kasihan ya. Hiks.

Akhirnya siang itu aku belilah bbp dagangannya yg udah pasti ga laku kalo dijual besok lagi karena udah kelewat lama, seperti pepaya yang hampir busuk, pisang yang dah kematangan, kulit lumpia yang dah 3 hari belum laku, toge yang masih banyak. Walau sebenarnya ga aku perlu-perluin banget. Mudah2an jadi rejeki.

Mudah2an besok2 rejekinya banyak lagi ya pak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com