Pages

SOCIAL MEDIA

Rabu, 21 Desember 2011

Bikinin sambel donk buuundd!

"bund, baladonya abis" lapor kakak Faldi
"lah bagus kan, bunda malah seneng kalo abis"
"iya, tapi sambelnya doank yang abis, telornya masih ada, kita makan malemnya pake apa?"
"ya udah, makan aja telornya"
"aaahhh ga enak donk bund, yang enak kan sambelnya, Ferdi aja yg ga doyan pedes sampe nggadoin sambelnya, tadi Faldi berebutan nggadoin sambel deh ama Falda & Ferdi"
"iya bund, sambel balado bunda ternyata ga pedes, enak ya" sahut Ferdi
"bikinin lagi donk bund sambelnya"
"aiihh kakak, ini udah malem, bunda baruuuu aja pulang, besok aja yah?"
"yaaahh sekarang aja deh bund"
"udahlah kalian makan aja apa yg ada, toh udah tinggal dikit juga sambelnya"

Sebenarnya di kulkas masih ada sambel balado yg aku sisihkan untuk simpanan lauk hari berikutnya. Sengaja aku tahan agar mereka belajar menghabiskan apa yg ada.

"bund, kalo mo bikin sambel itu, apa aja sih bumbunya?" tanya Faldi tiba-tiba
"maksudnya kak?"
"iya, sambelnya berapa biji, trus pake apa aja"
"ooo, cabenya biasanya 10-20 biji kak"
"cabenya dipotong kecil2 ya bund"
"iya, potong kecil2 biar gampang blendernya"
"trus pake apa lagi bund"
"pake tomat 1 atau 1/2, trus bawang merah 7, & bawang putih 3"

Faldi langsung ngacir ke dapur

"faldi mo ngapain?"
"mo bikin sambel"
"hadeeuu, ini kan udah malam, besok aja deh"
"Faldi pengen makan pake sambel bund, ga enak kalo ga ada sambelnya, udah bunda tenang aja, Faldi yang siapin sambelnya, ntar bunda tinggal gorengnya ya"
*ck..ck..ck.. anak gw*

"jangan lupa tomatnya ditaruh paling bawah ya, biar blendernya gampang, jadi ga usah pakai air"

Faldi tampak sibuk mengkoordinir adik2nya, mereka masing-masing sibuk mo ambil bagian, Falda & Ferdi sibuk ambil tomat, bawang, & cabe, kemudian mencucinya, kemudian sibuk membersihkan ujung batang cabe, Faldi yg memotong kecil-kecil.

Bundanya?
Duduk tenang deket TV sambil online dunk ahhhh *nyengir*

"bund, abis tomat apalagi bund"
"maksudnya"
"iya, setelah tomat trus di atasnya apalagi"
"oooo, abis tomat terserah aja mo ditaruh cabe duluan atau bawang duluan, sama aja, yg penting tomat harus duluan, paling bawah, blendernya bisa muter dg gampang tanpa tambahan air"

Faldi kembali ke dapur dan sibuk kembali bersama adik-adiknya

"bund, udah nih, tinggal digoreng"

Aku segera ke dapur dan mulai menyiapkan penggorengan. Ternyata Faldi dan adik-adiknya masih belum selesai blender. Ya kebetulan, sekalian memanaskan minyak.

Begitu minyak panas, blenderan sambel dimasukkan, srang sreng srang seng dibantuin Faldi, Ferdi, Falda, akhirnya jadi juga balado malam itu.

"kak, ini yg dipake sedikit aja ya, sisanya kita simpen buat besok"
"iya bund, yang penting ada sambel buat makan malam ini"
"dah jadi nih sambelnya"
"horeeeeeeeeeeeeeee, asyiiiiiiiiiikkkkkkkkkk"

1 komentar :

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com