Pages

SOCIAL MEDIA

Kamis, 20 Oktober 2011

Kapan Falda mulai sekolah formal?

Saya sudah pernah menuliskan jurnal khusus tentang ini sebelumnya di jurnal sudah siapkah anak sekolah, masuk sekolah umur berapa ya? , dan di beberapa jurnal saya dulu juga pernah menuliskan tentang beda masuk Faldi & Ferdi.

Tapi, untuk menjawab pertanyaan Tika *javaleste* di jurnal saya Kog ga sekolah? Home schooling ya?, tampaknya saya harus menuliskan jurnal tersendiri, ini pertanyaan Tika
"rencana masuk sekolah umur berapa? pakai TK apa langsung SD? trus kakak2nya dulu apa mengalami unschooling jg spt Falda? umur brapa kakak2nya dulu sekolah? dan apa beda perembangan antara anak 1 dan ke 2 ketika masuk solah?"

Faldi, dulunya unschooling juga, ga masuk PG/KB, langsung TK, umurnya 4th 3 bln waktu masuk TK. Beda dengan adik-adiknya, Faldi masuk sekolah dari TK A karena memang minat belajarnya cukup tinggi, sangat aktif, ga bisa diam, maunya gerak terus. Alhamdulillah sepanjang sekolah dari TK sampai SD kelas 4 sekarang ini Faldi hampir ga pernah bolos sekolah, biar lagi sakit sekalipun pasti maunya masuk, hampir ga pernah mogok sekolah. Walau di SD jarang belajar kalo pas ujian, prestasinya lumayan.

Ferdi, dulunya unschooling sampai usia 5th 9 bln, baru masuk TK B, padahal temen seusianya yg lebih muda, udah masuk SD, xixixixi. Berbeda dengan Faldi yang memang doyan sekolah, kalo Ferdi, memang sejak umur 4th masih terlihat ogah-ogahan ketika ditawarkan sekolah, makanya ga kami masukkan sekolah, daripada udah masuk tapi nantinya jadi bolak balik mogok ke sekolah. Tampaknya Ferdi masih menikmati aktifitas bermain bebas di rumah dan belum mau menjalani rutinitas seperti yang dilihatnya dari sang kakak yang bangun pagi, menyiapkan perlengkapan sekolah, mandi sendiri, sarapan, berangkat sekolah, dsb.

Akhirnya ketika umur Ferdi 5 tahun lebih menjelang 6 tahun, baru mau ketika ditanyakan mau sekolah atau ngga, udah siap mentalnya untuk sekolah dan menjalani rutinitas, menghadapi berbagai hal di sekolah, menghadapi guru, menghadapi teman, belajar bergaul, dsb.

Walau masuk TK udah telat untuk anak seusianya (Ferdi jadi yang paling tinggi di sekolah), tapi dia ga minder, adaptasinya juga cepet, ga tertinggal dibanding teman-temannya yang udah masuk TK A duluan, bisa terkejar, karena memang belajarnya santai.

Waktu baru masuk SD, Ferdi terlihat lebih siap dibanding waktu Faldi masuk SD dulu, belajarnya juga terlihat lebih siap, kalau ada PR langsung dikerjakan pulangnya. Kalau ujian belajar sendiri tanpa disuruh (emaknya paling males nyuruh belajar).

Entahlah, perbedaan itu karena emang mereka beda kepribadian, (baca Faldi vs Ferdi) , Faldi lebih slebor sementara Ferdi lebih rigid dan bertanggung jawab, jadi ya gitu.

Berdasarkan pengalaman kakaknya, Ferdi yang langsung masuk TK B dan dengan mudah bisa mengikuti dan lancar ketika di SD, aku terdorong juga untuk melakukan hal yang sama untuk Falda, walaupun sebenarnya Falda udah bolak balik minta sekolah tiap liat TK yang banyak permainan dan besar playground-nya *curiga bukannya mau sekolah, jangan-jangan cuma pengen main, belum tentu siap dengan rutinitas hariannya*

Rencananya, Falda akan langsung masuk TK B, saat usianya 5th 4 bln, tetep TK dulu, supaya kenal dg suasana belajar di TK, minimal nantinya Falda jadi bisa membedakan belajar di TK & SD, adaptasi dululah, biar ga langsung belajar di SD.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com